Sukses

Sri Mulyani: Perempuan Miliki Kecerdasan dalam Berinvestasi

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, perempuan memiliki kecakapan yang lebih dalam hal berinvestasi. Hal ini ditunjukan dari hasil penerbitan surat berharga pemerintah yang didominasi oleh perempuan.

"Perempuan juga dikenal memiliki kecerdasan di dalam berinvestasi. Hal ini terlihat bahwa dalam instrumen ritel di Indonesia yang diterbitkan oleh pemerintah," kata dia dalam Seminar Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah, secara virtual, Rabu (21/4).

Berdasarkan catatannya investor perempuan yang berpartipasi mencapai 55,8 persen para obligasi ritel seri ORI017. Jumlah partispasi investor perempuan ini meningkat saat penerbitan ORI018 yaitu mencapai 57,82 persen dan 58,25 persen pada sukuk ritel seri SR014.

"Ini menggambarkan bahwa literasi dan kapasitas perempuan untuk berpikir cerdas bagaimana mengamankan dana untuk keluarganya dan menginvestasikan di bidang hal-hal yang produktif sangat-sangat potensial dan sangat nyata," ungkapnya.

Menurut studi McKinsey pada 2018, peran perempuan yang sama dalam perekonomian bisa meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai USD135 miliar pada 2025. Sri Mulyani menambahkan, potensi ini merupakan suatu yang luar biasa.

Kontribusi nyata perempuan dalam perekonomian juga terlihat dari jumlah pekerjanya yang mencapai 97 persen pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ini merupakan angka yang besar karena kontribusi UMKM pada perekonomian mencapai 61 persen.

"Di bidang investasi kontribusinya (perempuan) bahkan mencapai 60 persen dan mereka juga sudah memiliki daya kompetisi ekspor dengan memberikan pangsa hingga 14,4 persen," jelas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Sri Mulyani Bacakan Surat Kartini: Bantulah Kami agar Usaha Kami Berguna bagi Bangsa

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membacakan Surat Kartini dalam acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia. Gelaran dini diadakan oleh Liputan6.com secara live streaming untuk memperingati Hari Kartini ini yang jatuh pada 21 April 2021.

Dalam Anugerah Perempuan Hebat Indonesia Sri Mulyani membacakan Surat Kartini kepada N.v.Z. yang aslinya dimuat dalam Kolonial Weekblad (Mingguan Kolonial) tertanggal 25 Desember 1902.

Berikut cuplikan isi surat Kartini yang dibacakan oleh Sri Mulyani tersebut:

Harapan kami, tolonglah, bantulah kami agar usaha kami berguna bagi bangsa kami dan terutama bagi kaum perempuan bangsa itu. Beban berat yang diletakkan di atas bahunya oleh adat lama turun temurun," begitu Sri Mulyani membuka surat Kartini.

Pembacaan narasi Surat Kartini ini untuk mengenang kepedulian Kartini terhadap nasib kaumnya. Tergambar salah satunya melalui surat-surat yang dilayangkan untuk para sahabat di Eropa pada awal abad 20.

Buah pemikiran itulah yang juga menjadikan Kartini sebagai pejuang emansipasi wanita Indonesia.

Reporter: Ruly Riantrisnanto

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: