Sukses

Cucu Eka Tjipta Widjaja Menangkan Sengketa Akuisisi Perusahaan Kertas Brasil

Perusahaan induk milik Batista bersaudara, J&T Investimentos SA, sebelumnya setuju untuk menjual asep flagship Eldorado kepada Paper Excellence pada September 2017.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan Paper Excellence BV yang dikelola cucu taipan Indonesia Eka Tjipta Widjaja, yaitu Jackson Widjaja, memenangkan kasus arbitrase terhadap grup Brasil J&F Investimentos SA. Kemenangan ini sekaligus untuk menyelesaikan pembelian pabrik kertas Eldorado Brasil Celulose SA.

Dikutip dari Nasdaq, Jumat (5/2/2021), perselisihan tentang Eldorado dimulai pada September 2018. Ketika itu miliarder bersaudara Joesley dan Wesley Batista yang merupakan pemilik Eldorado, membatalkan penjualan kepada Paper Excellence.

Perusahaan induk milik Batista bersaudara, J&T Investimentos SA, sebelumnya setuju untuk menjual asep flagship Eldorado kepada Paper Excellence pada September 2017 senilai 15 miliar reis atau sekira USD 2,8 miliar. Perusahaan juga setuju menerima harga penuh dalam setahun.

J&F berargumen bahwa Paper Excellence tidak mematuhi persyaratan untuk menutup kesepakatan. Paper Excellence kemudian menggugat, dan pengadilan mengeluarkan keputusan untuk arbitrase.

Paper Excellence yang dikendalikan oleh Jackson Widjaja, menuding J&F membuat rintangan untuk menghindari penyelesaian kesepakatan karena harga pulp naik setelah kesepakatan ditandatangani.

Mengutip keterangan Paper Excellence, putusan pengadilan memungkinkan perusahaan untuk melanjutkan akuisisi penuh atas Eldorado.

Akuisisi ini akan diselesaikan berdasarkan ketentuan perjanjian antara Paper Excellence dan J&F Investimentos yang ditandatangani pada 2017. Paper Excellence saat ini memiliki 49,41 persen saham Eldorado.

 

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Posisi

Melalui penyelesaian akuisisi ini, Paper Excellence akan secara strategis memperkuat posisi internasionalnya di pasar pulp dan kertas Amerika Serikat. Selain itu juga meningkatkan kemampuannya melayani pelanggan di seluruh dunia.

Eldorado dengan kantor pusat di Três Lagoas, Mato Grosso do Sul, merupakan salah satu produsen pulp terbesar di dunia.

"Kami menyambut karyawan Eldorado dan semua pemangku kepentingannya di Paper Excellence. Kami adalah organisasi yang kuat dan berpengalaman yang berdedikasi penuh untuk memaksimalkan potensi di pasar pulp dan kertas," ungkap Managing Director Paper Excellence di Brasil, Claudio Cotrim.

Paper Excellence Group beroperasi dalam pembuatan pulp dan kertas. Sejak berdiri pada 2007, grup perusahaan telah berkembang pesat melalui akuisisi strategi secara global.

Kehadiran Eldorado Celulose membuat Paper Excellence akan memiliki sekitar 7.000 karyawan di seluruh dunia dan kapasitas produksi tahunan sebesar 5,3 juta ton pulp dan kertas. Perusahaan ini berbasis di Belanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.