Sukses

Penuhi Janji, Miliarder Jeff Bezos Sumbang Hampir USD 800 Juta buat Perubahan Iklim

Jeff Bezos sumbang USD 791 juta kepada 16 organisasi yang bekerja untuk memerangi perubahan iklim.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder Jeff Bezos mengumumkan melalui postingan Instagram, jika telah memberikan USD 791 juta kepada 16 organisasi yang bekerja untuk memerangi perubahan iklim.

Melansir dari Forbes, Selasa (17/11/2020), donasi tersebut merupakan hadiah pertama yang diberikan sebagai bagian dari Bezos Earth Fund miliknya. Ini sebuah janji yang dibuat pada bulan Februari lalu untuk memberikan USD 10 miliar guna memerangi perubahan iklim.

“Saya telah menghabiskan beberapa bulan terakhir belajar dari sekelompok orang pandai yang telah berjuang seumur hidup untuk melawan perubahan iklim dan dampaknya terhadap komunitas di seluruh dunia. Hari ini, dengan senang hati saya mengumumkan penerima Bezos Earth Fund pertama, 16 organisasi yang mengerjakan solusi inovatif, ambisius, dan menyentuh hati. . . . Kita semua bisa melindungi masa depan Bumi dengan mengambil tindakan berani sekarang,” ujar Bezos dalam postingan Instagram.

Hadiah terbesar termasuk USD 100 juta untuk World Wildlife Fund, yang menyatakan bahwa mereka akan menyebarkan hadiah tersebut untuk fokus pada tiga solusi berbasis alam untuk perubahan iklim.

Yaitu melindungi dan memulihkan hutan bakau di Kolombia, Fiji, Madagaskar dan Meksiko, meningkatkan budidaya rumput laut yang berkelanjutan di Atlantik Utara, dan memulihkan serta melindungi hutan dan ekosistem lainnya di Amazon, Afrika, dan Amerika Tengah.

Jeff Bezos juga memberikan USD 100 juta kepada Environmental Defense Fund, yang mengatakan akan menggunakan uang tersebut untuk menyelesaikan dan meluncurkan MethaneSAT.

Ini adalah satelit yang akan menemukan dan mengukur sumber polusi metana di seluruh dunia, sambil memberikan akses publik ke data yang memastikan akuntabilitas dan mendorong pengurangan besar-besaran polusi ini.

Dana itu juga akan digunakan untuk meneliti dan membangun kepercayaan dalam kredit karbon, yang dibeli oleh perusahaan yang ingin mengimbangi jejak karbon mereka.

“Kredit” ini kemudian digunakan untuk proyek lingkungan, seperti menanam pohon di hutan atau menerapkan pengolah kotoran ternak di tempat pemberian pakan.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bezos Earth Fund dan Amazon

Amazon belum membeli kredit karbon, meskipun bekerja dengan American Forest Foundation, Vermont Land Trust dan The Nature Conservancy  dalam sebuah proyek yang akan membuka pasar kredit karbon untuk pemilik hutan keluarga kecil.

Pada 2019, Amazon mengungkapkan total jejak karbonnya 51,17 juta metrik ton. Menurut Kalkulator Kesetaraan Gas Rumah Kaca di situs Badan Perlindungan Lingkungan, itu sama dengan 13 pembangkit listrik tenaga batu bara yang beroperasi selama satu tahun, atau 11 juta mobil yang dikendarai selama satu tahun.

ClimateWorks Foundation menerima USD 50 juta dari Bezos Earth Fund, mengatakan akan menggunakan hibah tersebut untuk mendorong aksi iklim di sektor transportasi dan industri, yang digabungkan menghasilkan setengah dari emisi gas rumah kaca global.

Ini relevan dengan Amazon, yang menggunakan kendaraan pengiriman untuk memindahkan produk ke dan dari gudang dan ke rumah pelanggan dan titik pengambilan Amazon.

Bezos juga memberikan USD 100 juta kepada Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam, USD 100 juta untuk The Nature Conservancy, USD 43 juta untuk The Hive Fund for Climate and Gender Justice, dan USD 15 juta kepada Union of Concerned Scientists.

Sebelum mengumumkan Bezos Earth Fund pada September 2019, Amazon mengumumkan The Climate Pledge, sebuah komitmen untuk memiliki jejak karbon nol bersih di seluruh bisnisnya pada tahun 2040, satu dekade lebih awal dari yang dijanjikan dalam Paris Accord.

 

3 dari 3 halaman

Penerima Bezos Earth Fund

Bezos, orang terkaya di dunia, saat ini kekayaannya diperkirakan USD 183 miliar, menurut perkiraan Forbes. Ia telah menjual saham Amazon senilai USD 10 miliar pada tahun 2020.

Berikut adalah daftar lengkap penerima Bezos Earth Fund:

  1. Dana Ekuitas Iklim dan Energi Bersih: USD 43 juta
  2. ClimateWorks Foundation: USD 50 juta
  3. Dream Corps Green For All: USD 10 juta
  4. Eden Reforestation Projects: USD 5 juta
  5. Yayasan Energi: USD 30 juta
  6. Dana Pertahanan Lingkungan: USD 100 juta
  7. The Hive Fund for Climate and Gender Justice: USD 43 juta
  8. Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam: USD 100 juta
  9. The Nature Conservancy: USD 100 juta
  10. NDN Collective: USD 12 juta
  11. Rocky Mountain Institute: USD 10 juta
  12. Institut Salk untuk Studi Biologi: USD 30 juta
  13. Proyek Solusi: USD 43 juta
  14. Persatuan Ilmuwan Peduli: USD 15 juta
  15. Institut Sumber Daya Dunia: USD 100 juta
  16. Dana Margasatwa Dunia: USD 100 juta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.