Sukses

4 Cara Biar Untung Pakai Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan kartu kredit sudah menjadi kebutuhan banyak orang, mengingat ada banyak fitur menarik yang ditawarkan produk keuangan yang satu ini.

Bukan hanya itu saja, kartu kredit juga bisa membuat beragam transaksi keuangan menjadi lebih mudah dan praktis.

Meski begitu, tak sedikit juga orang yang mengalami masalah akibat penggunaan kartu kredit ini. Penting untuk selalu menggunakan kartu kredit dengan cermat, sehingga berbagai risiko yang merugikan bisa dihindari.

Hal ini bukan hanya terkait dengan cara menggunakannya saja, namun termasuk pola pikir Anda sebagai pengguna kartu kredit itu sendiri.

Jika sejak awal memahami manfaat dan risiko penggunaan kartu kredit ini dengan baik. Maka berbagai masalah dalam penggunaan kartu kredit ini tentu bisa dihindari dengan baik sejak awal. Selain itu, risiko memiliki utang kartu kredit tentu tidak perlu Anda rasakan, bukan?

Jadi, pakai kartu kredit itu ada caranya biar untung, lo! Agar bisa untung, begini cara pakai kartu kredit yang benar, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Selalu Ingat bahwa Pemakaian Kartu Kredit itu Menimbulkan Tagihan 

Menggunakan kartu kredit memang begitu praktis dan mudah, sebagaimana layaknya ketika Anda bertransaksi menggunakan kartu ATM saja.

Namun, pastikan selalu ingat bahwa kartu itu kredit bukan kartu debit yang di dalamnya ada sejumlah uang milik sendiri dan bebas digunakan buat beli apa saja.

Seluruh transaksi yang Anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit akan berakhir dengan sejumlah tagihan dan ini juga berisiko menjadi utang di kemudian hari. Semakin besar pembelanjaan Anda, makin besar pula tagihan yang akan Anda terima.

Jika tidak melunasinya tepat waktu, maka tagihan ini akan berubah menjadi sejumlah utang, ditambah lagi dengan beban bunga yang dikenakan. Pahami hal ini dengan baik sejak awal, bahkan sejak pertama kalinya memiliki kartu kredit.

Penting untuk selalu menggunakan kartu kredit dengan bijak, di mana Anda hanya menggunakannya dengan tujuan dan perencanaan yang jelas. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah mengelola penggunaan kartu kredit, termasuk melakukan pembayaran tagihan yang muncul akibat penggunaan tersebut.

2 dari 3 halaman

2. Jangan Sampai ‘Over Limit’, Gunakan Limit dengan Bijak

Memiliki limit kredit yang besar memang menyenangkan, sebab Anda akan sangat leluasa untuk melakukan berbagai transaksi. Namun semakin besar limit kredit ini, maka akan semakin besar juga jumlah utang yang bisa ditimbulkan dari kartu kredit Anda.

Pastikan Anda memahami hal ini dengan baik dan selalu mengunakan limit kredit dengan cara yang paling bijak. Jangan berpatokan pada jumlah limit Anda ketika bertransaksi, namun perhitungkan dan pertimbangkan yang tepat sebelum melakukan transaksi dengan kartu kredit.

Selain itu, pastikan juga tidak bertransaksi melewati limit kredit Anda, sebab hal ini akan menimbulkan sejumlah biaya. Idealnya, maksimal limit yang terpakai di kartu kredit adalah 70-75 persen dari total limit. 

3. Gunakan Kartu Kredit bila Ada Promo

Kartu kredit menawarkan banyak keuntungan serta beragam promo yang sangat menarik, seperti: cash back, cicilan 0 persen, poin reward, diskon, dan lainnya. Sebagai pengguna, Anda bisa menikmati semua ini.

Namun sangat penting untuk selalu mencari informasi yang akurat terlebih dahulu terkait beragam penawaran menarik ini. Sebab bisa saja hal ini disertai dengan sejumlah syarat tertentu. 

Manfaatkan beragam penawaran menarik dari kartu kredit, sehingga Anda bisa berhemat. Tapi pastikan Anda hanya mengikuti promo dan penawaran yang benar-benar menguntungkan dari barang yang dibutuhkan, supaya mendapatkan manfaat maksimal dari penawaran itu. 

3 dari 3 halaman

4. Jangan Mangkir, Disiplinlah Bayar Tagihan secara Penuh dan Tepat Waktu

Membayar tagihan dengan disiplin juga menjadi hal penting lainnya bagi pengguna kartu kredit. Perhatikan tanggal jatuh tempo dan pastikan Anda melakukan pembayaran sebelum tanggal tersebut.

Hal ini penting, terutama jika Anda menggunakan layanan pembayaran (transfer) dari bank yang berbeda. Pembayaran tagihan kartu kredit yang terlambat dan melewati tanggal jatuh tempo akan dikenakan denda.  

Selain itu, biasakan juga membayarkan tagihan Anda secara penuh (lunas). Pastikan Anda membayar seluruh tagihan secara rutin setiap bulannya, agar Anda tidak perlu membayarkan sejumlah bunga atas tagihan tersebut di bulan berikutnya.

Melakukan pembayaran beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo adalah keputusan yang tepat dan bisa menghindarkan Anda dari masalah denda keterlambatan juga biaya bunga.

Manfaatkan Kartu Kredit dengan Baik dan Benar

Menggunakan kartu kredit dengan cerdas selalu menjadi poin penting yang bisa menghindarkan Anda dari masalah keuangan.

Manfaatkan keuntungan dari kartu kredit Anda dan pahamilah risiko yang bisa timbul dari penggunannya, sehingga Anda bisa merasakan manfaat dan keuntungannya secara maksimal.

Loading
Artikel Selanjutnya
Demi Masa Depan Si Kecil, Deteksi Kelainan Genetik ini
Artikel Selanjutnya
Tips Sukses, Buang Jauh-jauh Pikiran Ini