Sukses

Ingin Punya Kartu Kredit Baru, Simak Dulu Tips Ini

Mau buka kartu kredit? Perhatikan tips ini sebelum memutuskanya

Liputan6.com, Jakarta Meski identik dengan berhutang, kartu kredit tak selamanya berdampak buruk jika Anda tetap hati-hati dan waspada dalam penggunaannya.

Hal ini dengan memperhatikan apa yang baik dan tidak baik untuk dilakukan. Selain itu, mendengarkan pengalaman teman dalam menggunakan kartu kredit, hingga melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengajukan penggunaan kartu kredit yang ada di luar sana.

Melansir dari CNBC, Minggu (8/4/2018) berikut tips bagi Anda sebelum memutuskan menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan sehari-hari.

1. Riset, Riset, dan Riset

Salah satu situs keuang Bankrate menyebutkan pentingnya untuk tahu latar belakang pemilihan kartu kredit yang Anda pilih nantinya. Tak perlu tahu secara detil, hal ini akan membantumu memiliki gambaran besar terkait kartu kredit yang Anda ambil.

"Misal, jika Anda ingin pergi ke sebuah toko belanja atau membeli bensin, dapatkah kartu ini digunakan ke tempat-tempat yang biasa Anda kunjungi tersebut? Atau bisakah maskapai penerbangan langganan Anda menerima kartu kredit Anda?

Tak hanya itu, Analis CreditCards.com, Matt Schulz menyarankan carilah suku bunga yang rendah dari kartu kredit yang Anda pilih. "Anda bisa mendapatkan suku bunga tahunan yang rendah jika Anda memiliki kartu kredit yang baik," ungkapnya.

2. Simak Keuntungan yang diraih

Caritahu apa yang akan Anda peroleh jika memilih kartu kredit tersebut, karena beberapa kartu ini memiliki bonus yang berbeda-beda. Poin ini bisa seperti penggunaan hotel, travel dan sebagainya.

"Obervasi, perbandingan, merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Namun, tetap perlu berhati-hati karena biasanya bonus mensyaratkan pembelajaan minimal pada jumlah nominal tertentu," ujar Grace Cheng dan Pedro la selaku Founder dari penasihat kartu kredit, GET.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Lain

3. Pertimbangkan Waktu Anda

Jika Anda sudah memilik kartu kredit sebelumnya dan berencana untuk memiliki kartu kredit baru, sebaiknya lebih mempertimbangkan pentingnya atau kebutuhan dari penggunaan kartu tersebut.

Jika ingin membeli sesuatu yang sifatnya besar seperti mobil dan rumah, mungkin lebih baik Anda menahan keinginan mempunyai kartu kredit baru.

"Jika Anda ingin memiliki kartu kredit baru, penerbit mungkin akan melihat dari banyak sisi dan membuatnya sulit untuk dikeluarkan. Namun, jika Anda memiliki sejarah yang baik, penerbit akan mempermudah langkah tersebut," menurut Bankrate.

4. Hati-Hati Menutup Kartu Lama

Creditcards.com mengungkapkan bahwa kartu kredit lama dapat membantu meningkatkan catatan keuangan Anda. Jadi ketika memiliki kartu kredit baru tidak seharusnya Anda menutup kartu yang lama.

"Nilai kredit Anda didasarkan pada tingkat pemanfaatan Anda. Ini merupakan rasio seberapa banyak yang telah Anda keluarkan untuk kartu kredit versus batas waktu pada kartu tersebut," tutur dia.

"Membatalkan akun lama dipastikan akan mengurangi jumlah total kredit Anda yang tersedia,dan mengubah rasio tersebut. Setiap saldo akan menggunakan persentase yang lebih tinggi dari kredit Anda, yang dapat berakhir dengan menyakiti skor Anda," tambah dia.

Jika dipandang ada pertimbangan khusus untuk menutup akun lama tersebut, maka hal ini tentu diperbolehkan dengan asumsi konsekuensi yang ada.

"Jika kartu lama Anda memiliki biaya tahunan dan Anda yakin tidak akan menggunakanya lagi, Anda dapat mempertimbangkan untuk mematikannya," tandas Schultz.

Tonton Video Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.