Sukses

Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta Kartu kredit salah satu alat pembayaran yang kini marak dipergunakan masyarakat. Alat pembayaran ini bisa menjadi solusi menyeimbangkan keuangan. Namun sebaliknya bisa menyulitkan jika justru membuat Anda terjerumus dalam utang.

Dari sisi positif, kartu kredit sebenarnya bisa menjadi alat efektif. Meski membawa komponen suku bunga, tetapi imbalan dan fasilitas yang ditawarkan dapat membantu Anda menghemat secara signifikan, jika digunakan dengan cerdas.

Berikut adalah tips untuk membantu Anda memaksimalkan kartu kredit Anda, seperti melansir dari entrepreneur, Selasa (29/10/2019).

1. Poin hadiah

Perusahaan kartu kredit kerap menawarkan hadiah dalam bentuk poin, cashback, dan voucher untuk pembelian yang berbeda.

Dengan pengumpulan poin sedikit demi sedikit Anda sudah melakukan penghematan kecil dan bisa saja lama-lama menjadi banyak.

Beberapa kartu kredit premium dilengkapi dengan voucher atau hak istimewa lainnya. Seperti akses ke lounge bandara.

Catat setiap hadiah yang ditawarkan kartu Anda dan tebus hadiah tersebut sesekali untuk mendapatakan hasil maksimal dari kartu kredit Anda.

2 dari 3 halaman

2. Bayar tagihan tepat waktu dan penuh

Meskipun ini sudah jelas menjadi kewajiban setipa pemegang kartu kredit, tidak mambayar tagihan atau telat membayar juga akan menghambat skor kredit Anda.

Praktek ini sering merugikan Anda seiring waktu karena perusahaan juga mengenakan suku bunga yang besar pada jumlah yang belum dibayar. Hal tersebut juga akan menjadi masalah ketika Anda perlu mengajukan pinjaman di kemudian hari.

3. Catat 

Setiap kartu kredit dilengkapi dengan biaya bergabung atau biaya tahunan tergantung pada jenis kartu kredit yang Anda miliki. Walaupun banyak perusahaan yang mewarkan kartu kredit gratis, tetap saja tidak ada yang gratis.

Kartu-kartu tersebut biasanya berada di bawah label "gratis," hal itu hanyauntuk biaya bergabung dan tahunan pada saat mendaftar. Selebihnya Anda tetap harus membayar.

Pastikan Anda membacanya secara detail sebelum mendaftarkan kartu kredit. Itu juga untuk memastikan biaya yang harus Anda tanggung.

Reporter: Chrismonica

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: