Sukses

Perhatikan Ini Bila Ingin Liburan Bawa Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta Selain bertujuan untuk meringankan beban pikiran dari rutinitas, berlibur memiliki berbagai manfaat lain yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah pengalaman baru yang mungkin tidak akan terlupakan. 

Dengan mengunjungi lokasi wisata yang belum pernah dikunjungi, kesempatan untuk mengenal wilayah baru dan menjelajah destinasi wisata pun bisa didapatkan. Kesempatan mendapatkan wawasan baru pun menjadi sangat mungkin terjadi.

Keinginan buat mendapat pengalaman baru itulah yang mendorong masyarakat berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata yang belum pernah dikunjungi. Tak hanya terbatas di dalam negeri saja, liburan ke luar negeri pun kini sudah jadi hal yang lumrah.

Semakin mudahnya prosedur liburan di luar negeri, membuat kegiatan tersebut hampir tak pernah sepi peminat. Apabila Anda adalah salah satu dari orang-orang yang berencana mengunjungi negeri orang sebagai destinasi liburan, tentu terdapat lebih banyak hal yang harus dipersiapkan daripada saat liburan di dalam negeri.

Mulai dari asuransi perjalanan, travel cheque, alat pembayaran, hingga barang bawaan pun harus dipersiapkan dengan cermat agar tidak ada kendala saat tiba waktu berlibur. Ketika liburan di luar negeri, hal yang amat penting untuk diperhatikan yaitu cara bertransaksi.

Apabila Anda berencana menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran, 5 hal penting berikut wajib Anda perhatikan sebelum berangkat berlibur ke tempat yang cukup jauh, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Beritahu Rencana Liburan pada Provider Kartu Kredit

Jika Anda pergi ke luar negeri dan menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran, besar kemungkinan transaksi tersebut akan ditolak pihak bank. Alasannya, terdapat asumsi bahwa Anda melakukan transaksi yang mencurigakan.

Agar Anda terhindar dari kendala dalam bertransaksi selama liburan di luar negeri, maka menyampaikan rencana liburan Anda pada pihak penyedia layanan kartu kredit menjadi hal utama yang harus dilakukan.

Dengan demikian, Anda tidak lagi perlu khawatir dengan transaksi yang akan Anda lakukan selama liburan nanti.

2 dari 3 halaman

2. Mintalah Kenaikan Limit Kartu Kredit

Meninjau kurs mata uang dari negara yang menjadi destinasi wisata Anda merupakan hal penting, karena berkaitan dengan penggunaan kartu kredit selama berada di sana. Pada umumnya, dibandingkan dengan beberapa negara di benua Amerika dan Eropa, nilai rupiah tergolong lemah. 

Lemahnya nilai rupiah jika dibandingkan dengan mata uang lain berpengaruh pada limit kartu kredit Anda. Di Indonesia, limit dari kartu kredit yang tergolong tinggi bisa saja menjadi sangat rendah di negara lain. 

Bahkan, transaksi yang Anda lakukan berisiko untuk ditolak. Untuk itu, pastikan Anda telah meningkatkan limit dari kartu kredit sebelum bertolak ke negara tujuan agar risiko mengalami kendala lebih tidak mungkin Anda alami.

3. Cari Tahu dan Manfaatkan Promo Kartu Kredit

Selain memberikan kemudahan dalam bertransaksi ketika berada di luar negeri, penyedia kartu kredit juga seringkali memberikan penawaran menarik untuk memenuhi kebutuhan akomodasi Anda.

Tentunya, berbeda bank penyedia kartu kredit berbeda pula penawarannya. Keuntungan untuk pengguna credit card yang umum ditawarkan yaitu air miles dan gratis akses airport lounge

Selain akomodasi, Anda juga bisa mendapatkan penawaran menarik lain seperti nilai tukar yang lebih rendah serta cashback saat berbelanja. Dengan memanfaatkan penawaran tersebut, Anda pun bisa menekan angka pengeluaran, sehingga sisa dana bisa dialokasikan untuk hal lainnya.

3 dari 3 halaman

4. Ketahui dan Pahami Kebijakan Biaya Ekstra

Mengandalkan kartu kredit sebagai alat transaksi saat liburan ke luar negeri memang sangat praktis. Namun, bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit bisa membuat Anda cemas memikirkan tagihan yang harus dilunasi nantinya. 

Hal yang penting diketahui mengenai transaksi dengan kartu kredit adalah adanya biaya tambahan yang mungkin dibebankan kepada Anda. Besaran tambahan biaya tersebut bervariasi, mulai 1 persen hingga 3 persen dari jumlah total transaksi Anda.

Tambahan biaya tersebut juga berlaku jika Anda melakukan penarikan tunai di ATM. Agar pengeluaran Anda tetap terkontrol selama liburan di luar negeri, cermatlah dalam menggunakan kartu kredit. Caranya, buat perhitungan kasar setiap Anda berencana beli sesuatu, sehingga terhindar dari total tagihan yang membengkak. 

5. Simpan Nomor Call Center dan Nomor Kartu Kredit 

Menyiapkan rencana untuk berjaga-jaga terhadap situasi yang tak diinginkan merupakan salah satu poin yang wajib Anda lakukan sebelum berlibur ke luar negeri. Sebagai tindakan preventif ketika kehilangan kartu kredit, ada baiknya Anda mencatat nomor kartu tersebut berikut call center dari bank penyedianya. 

Catatan tersebut akan menjadi sangat menolong jika musibah menimpa Anda, seperti saat menjadi korban pencopetan atau kehilangan bagasi. Agar tetap aman, simpan catatan tersebut pada tempat yang aman. 

Kartu Kredit Siap, Liburan Lancar

Sebagai alat transaksi yang Anda andalkan selama berada di negeri orang, pastikan bahwa kartu kredit Anda telah disesuaikan dengan kebutuhan. Manfaatkan pula promo yang ditawarkan oleh provider kartu kredit Anda, untuk mendapatkan liburan yang lebih murah.

Selain itu, mempersiapkan solusi jika terjadi masalah dengan kartu kredit juga menjadi keharusan saat merencanakan liburan. Jadi, pastikan kartu kredit telah beres dan siap pakai sebelum memulai liburan, agar kegiatan wisata Anda dapat terlaksana dengan lancar.

Loading
Artikel Selanjutnya
Trik Berhemat yang Unik tapi Manjur, Mau Coba?
Artikel Selanjutnya
Jangan Hanya Dipakai Saja, Begini Cara Mudah Merawat Mobil Kesayangan