Sukses

Pelamar CPNS 2019 Diimbau Segera Submit Formasi Pilihan

Liputan6.com, Jakarta Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyarankan kepada seluruh pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 untuk segera menyelesaikan proses pendaftaran dengan men-submit formasi pilihan di portal sscn.bkn.go.id.

Plt Kabiro Humas BKN Paryono mengkhawatirkan, situs tersebut jadi terganggu akibat adanya penumpukan pelamar pada masa akhir pendaftaran di 24 November.

"BKN sudah mengimbau jika sudah mantap dengan pilihan segera submit. Jangan menunggu di akhir-akhir waktu, khawatirnya terjadi penumpukan pendaftar dan lambat dalam mengakses sscn.bkn.go.id," seru Paryono, Selasa (19/11/2019).

Berdasarkan data yang dihimpun BKN pada Selasa sore pukul 15.43 WIB, jumlah pelamar CPNS 2019 pada portal sscn.bkn.go.id sudah menyentuh angka lebih dari 3,4 juta orang.

Sebanyak 3.432.741 orang sudah membuat akun. Sementara 1.452.607 diantaranya telah mengisi formulir, dan 688.589 sudah submit formasi pilihannya.

Terkait proses verifikasi, sebanyak 169.685 pelamar yang telah submit sudah terverifikasi Memenuhi Syarat (MS), sedangkan 64.639 orang terverifikasi Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan 454.265 pelamar belum diverifikasi.

Menurut Paryono, jumlah pelamar yang telah submit formasi pilihannya tersebut memang masih belum terlalu banyak, lantaran ada 7 instansi yang belum serahkan formasi final CPNS 2019.

"Mungkin (pelamar) belum yakin dengan pilihannya atau masih menunggu instansi yang buka pendaftaran (masih ada 7 instansi yang belum)," tukas dia.

 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7 Instansi Ini Belum Serahkan Formasi CPNS 2019

Sudah seminggu lebih pembukaan seleksi CPNS 2019, ternyata masih ada instansi yang belum mengeluarkan jatah formasi mereka. 

"Masih ada 4 instansi yg belum selesai input formasi dan 3 yang belum selesai validasi," jelas Plt. Kabiro Humas BKN Paryono kepada Liputan6.com, Selasa (19/11/2019).

Berdasarkan informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), tiga kementerian tersebut adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM).

Sekadar informasi, formasi untuk Kemendikbud biasanya selalu tinggi. Tahun lalu, puluhan ribu orang mendaftar CPNS di Kemendikbud padahal formasinya hanya 637 saja.

Tahun ini rencananya kementerian yang dipimpin Nadiem Makarim itu akan membuka 2.196 lowongan CPNS, termasuk untuk Dikti.

 

3 dari 3 halaman

Kemenristek

Sementara, Kemenristek juga menjadi satu dari lima instansi terpopuler di CPNS 2018. dan 60 ribu orang bersaing di kementerian tersebut. Tahun ini, Kemenristek akan membuka 11 lowongan.

Ada pula dua pemerintah daerah yang belum membuka formasi, yakni Pemkab Karangasem (Bali), Pemkab Kapuas (Kalimantan Tengah), dan Pemkot Bontang (Kalimantan Timur).

Terakhir, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga belum membuka formasi. Tahun ini Sekretariat Jenderal BPK membuka 348 lowongan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini