Sukses

Hidup Tertekan karena Masalah Keuangan? Coba Lakukan ini

Liputan6.com, Jakarta - Gaya hidup memang seringkali menjadi topik utama yang diperbincangkan. Lingkungan masyarakat sangat memengaruhi Anda dalam menentukan gaya hidup

Bagaimana tidak? Jika salah satu orang membeli suatu barang, lalu barang tersebut Anda rasa bagus dan juga memuaskan, pasti akan terpengaruh untuk ingin memilikinnya. 

Banyak orang yang selalu ingin tampil kekinian dan dianggap modis di lingkungan masyarakat sekitarnya. Padahal, pemasukan dirinya dari bekerja hanya cukup untuk membeli barang seperlunya saja.

Tekanan sosial membuat Anda tidak dapat melihat mana barang yang dibutuhkan dan mana yang diinginkan. Olek karena itu, jika Anda merasa hidup seolah tertekan karena kondisi keuangan, coba lakukan ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Jujur akan Kemampuan Keuangan Diri

Hal yang paling baik adalah jujur terhadap diri sendiri. Anda adalah pemilik masa depan di mana sebagai penentu dan juga penggerak dalam hidup diri sendiri. 

Dalam menjalankan hidup Anda hendaknya tidak terlalu mementingkan pemikiran orang lain. Maksudnya, jangan terlalu menelan mentah-mentah akan apa saja yang telah orang lain katakan. 

Namun, jangan juga menjadi orang yang egois dan tidak mendengarkan nasihat orang lan. Masukan-masukan atau motivasi serta kritikan yang berasal dari orang lain sebenarnya adalah apa yang ada dalam diri namun Anda tidak dapat merasakan sendiri. 

Sebab apa yang Anda lakukan justru orang lain yang melihat dan merasakan. Dalam hal ini, yang terbaik adalah menerima kritik dan juga motivasi dari orang lain. Namun untuk menjalankannya Anda dapat mengolah dan memilah mana saja kiritik yang sesuai dan tidak, guna memperbaiki diri Anda.

2 dari 3 halaman

2. Jangan Sepelekan, Atur Keuangan Sebaik Mungkin

Kebutuhan memang tidak selalu sama setiap harinya. Sifat manusia selalu ingin banyak hal, sehingga membuatnya menjadi ketergantungan dan butuh akan hal yang awalnya diinginkan tersebut. 

Jadi, sebaiknya dalam berbelanja atau memenuhi kebutuhan hidup, hendaklah Anda membuat skala prioritas. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui apa saja yang diperlukan dalam segi poin yang paling utama hingga benda yang tidak terlalu dibutuhkan. 

Mengatur keuangan sebaik mungkin dan belilah benda yang sesuai dengan bujet pribadi Anda. Dengan demikian, hidup Anda pasti akan tenang dan enjoy dalam menjalani hari-hari.

3. Ketahui Apa yang Dibutuhkan, Bukan yang Diinginkan

Terdapat pepatah yang menyebutkan jika Anda harus membeli apa-apa yang menjadi kebutuhan Anda, bukan keinginan. Seringkali orang-orang tidak mampu membedakan mana kebutuhan dan mana yang disebut keinginan. 

Untuk itu, sebelum membeli barang Anda harus memikirkan apakah ini sangat berguna buat hidup Anda atau hanya sebagai media untuk menambah kemewahan pada diri Anda. 

Jika Anda membeli apakah tidak akan berpengaruh dengan keuangan yang akan dipakai untuk hari-hari berikutnya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut hendaklah harus dipikirkan sebelum membeli sesuatu.

3 dari 3 halaman

4. Selalulah Berpikir Positif

Hal keempat yang harus Anda tanamkan adalah selalu berpikir positif. Terkadang, perasaan yang muncul adalah buah dari pemikiran Anda sendiri. 

Jauhi sikap mudah tersinggung yang menyebabkan Anda mudah marah dan kurang percaya diri. Selalu berpikir positif pada semua hal akan membuat Anda menjadi seseorang yang kaya di dunia ini. 

Sebenarnya, orang yang kaya adalah bukan orang yang kesana kemari mengendarai mobil, berpakaian dengan pakaian yang mewah, serta dengan berhias emas di kedua tangannya. 

Namun, orang yang dikatakan kaya adalah orang yang merasa cukup dan selalu tenang hidupnya tanpa berpikir hal negatif. Orang kaya adalah yang dapat menghargai diri sendiri dan bangga dengan apa saja hal baik yang telah dilakukannya.

5. Berteman dengan Orang yang Mendukung

Poin terakhir yaitu berteman dengan orang yang mendukung. Anda harus mampu membedakan mana teman yang benar-benar tulus bersahabat dengan Anda, baik dalam keadaan suka maupun duka. 

Banyak sekali teman yang hanya hadir saat Anda susah kemudian lupa ketika Anda dalam posisi titik terendah. Untuk itu, kenali diri sendiri dan bertemanlah dengan orang yang dapat membawa energi positif terhadap Anda. 

Tidak perlu menyukai teman dan juga membenci seseorang terlalu lebih. Untuk itu, bertemanlah dengan sewajarnya dan bercanda secukupnya. Saling mengingatkan adalah sikap yang paling baik.

Dengan mendapatkan teman yang baik pasti hidup Anda tidak akan menjadi hidup orang lain yang ditutup tutupi. Melainkan menjadi hidup Anda sendiri yang membuat Anda senang, tenang, dan menikmatinya.

Hidup Harus Bisa Anda Nikmati

Penjelasan di atas adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam mengatasi tekanan saat kondisi keuangan atau financial terpuruk. Maka dari itu, gunakan dan atur uang Anda sebaik mungkin dan beli barang- barang yang Anda butuhkan. 

Jangan mudah tergiur dengan barang mewah. Serta berteman dengan orang yang positif dan sederhana membuat Anda nyaman dalam menjalankan hidup Anda. Nikmati setiap detik kehidupan Anda.

Loading
Artikel Selanjutnya
Harbolnas Kembali Digelar, Simak Dulu Tips Belanja Online Ini
Artikel Selanjutnya
Tips Keuangan buat Generasi Milenial