Sukses

KAI Tambah Rangkaian KA Mutiara Timur pada Mudik Lebaran 2019

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember menambah kapasitas rangkaian kereta api (KA) Mutiara Timur rute Banyuwangi-Surabaya atau sebaliknya untuk masa angkutan Lebaran 2019 selama 22 hari mulai 26 Mei hingga 16 Juni 2019.

"Perjalanan KA Mutiara Timur akan ditambah satu kereta kelas eksekutif dengan kapasitas 50 tempat duduk untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama masa arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah,” ujar Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daop 9 Luqman Arif di Jember, Jawa Timur, seperti ditulis Minggu (19/5/2019), yang dikutip dari laman Antara.

Ia menuturkan, jumlah rangkaian KA Mutiara Timur terdiri dari empat kereta kelas eksekutif dan tiga kereta ekonomi premium sehingga pada masa angkutan Lebaran nanti rangkaian kereta keleas eksekutif bertambah menjadi lima kereta.

"Tidak ada penambahan kapasitas rangkaian kereta lainnya di wilayah Daop 9 Jember karena kami akan memaksimalkan rangkaian kereta yang sudah ada untuk arus mudik dan balik Lebaran 2019,” tutur dia.

Ia menuturkan, PT KAI Daop 9 Jember menyiapkan sebanyak sembilan lokomotif yang terdiri dari dua lokomotif tipe cc 203 dan tujuh lokomotif cc 201 selama masa angkutan Lebaran 2019.

“Untuk kereta disipakan sebanyak 60 kereta yang terdiri dari 11 kereta kelas eksekutif, tujuh kereta kelas bisnis dan 42 kereta kelas ekonomi, serta sembilan kereta pembangkit,” ujar dia.

Ia berharap, perjalanan masyarakat yang menggunakan moda transportasi kereta api selama masa angkutan Lebaran 2019 dapat berjalan lancar dan tidak terganggu karena PT KAI sudah berusaha maksimal untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang.

"Untuk menyambut momentum Hari Raya Idul Fitri 1440 H, kami mulai mempersiapkan sarana, prasarana dan SDM untuk mendukung pelayanan dan pelaksanaan angkutan Lebaran 2019,” tutur dia.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

PT KAI Daop 9 Jember setiap hari mengoperasikan delapan kereta api baik jarak menengah dan jarak jauh serta empat perjalanan lokal, sehingga sebanyak 8.522 tiket yang disiapkan untuk masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi kereta api di wilayah daop setempat.

Kereta yang beroperasi di wilayah KAI Daop Jember yakni KA Mutiara Timur siang dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara Timur malam dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Sri Tanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan, KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Tawang Alun relasi Banyuwangi-Malang.

Kemudian KA Logawa relasi Jember-Purwokerto, KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon, dan KA Wijayakusuma relasi Banyuwangi-Cilacap. Sedangkan KA lokal tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA lokal pandan wangi relasi Jember-Banyuwangi PP.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
KAI Tak Naikkan Tarif Kereta Subsidi Saat Natal dan Tahun Baru
Artikel Selanjutnya
Jadwal Keberangkatan Kereta Berubah per 1 Desember, Cek Rinciannya