Sukses

10 Jurus Atur Duit buat Kamu yang Lagi Cari Kerja

Liputan6.com, Jakarta Ketika belum dapat pekerjaan, saat mengeluarkan uang selalu jadi masalah serius. Begitu pula ketika lagi proses menemukan pekerjaan idaman. Bukan hanya makan-minum, tetapi transportasi, biaya surat-surat, dan lainnya juga memerlukan biaya. Apakah hal tersebut yang selama ini bikin kamu khawatir? Bahkan sampai uang habis?

Untuk mendapatkan pekerjaan idaman hanya satu kuncinya, yaitu fokus. Jangan pecah fokusmu untuk hal-hal yang tidak ada hubungannya. Dari situlah pekerjaan terbaikmu berasal. Apa pun itu.

Lantas, bagaimana cara mengatur keuangan ketika masih dalam proses menemukan pekerjaan impian? Berikut 10 cara mengelola keuangan, dikutip dari Swara Tunaiku!

1. Ikuti Proyek di Masa Akhir Kuliah

Selagi menunggu waktu wisuda atau saat berada pada masa pengerjaan tugas akhir, sebaiknya manfaatkan kesempatan untuk ikut proyek dari dosen.

Pertama, harus niatkan semuanya untuk belajar dan mempersiapkan diri sebelum terjun di dunia kerja. Pendapatan dari proyek tersebut bisa kamu gunakan untuk memenuhi hidup selama mencari kerja kelak.

2 dari 6 halaman

2. Apa pun Pekerjaannya, Lakoni

Tips selanjutnya adalah sebisa mungkin hindari gengsi. Kalau bisa, musnahkan hingga ke akar-akarnya. Sebab, dunia tidak memerlukan calon karyawan yang terlalu tinggi gengsinya.

Kalau sudah punya reputasi dan skill-mu diakui banyak kalangan sih oke. Namun, sebelum itu, manfaatkan pekerjaan yang ada. Misalnya dengan bekerja freelance atau jadi dropshipper.

3. Punya Barang-barang yang Tak Terpakai? Jual Saja

Tidak seperti 10 atau 20 tahun lalu. Penjualan masa kini tidak harus mencari pelanggan langsung dari jalan ke jalan. Saat ini, kamu bisa memanfaatkan tempat jualan di marketplace. Toh, sekarang sudah menjamur.

Banyak yang sudah terbukti penghasilannya justru melebihi para pegawai negeri. Kamu bisa memulainya dengan jualan barang tak terpakai.

3 dari 6 halaman

4. Jangan Gengsi saat Orang Tua Memberi Bantuan

Saat orang tua memberi bantuan, artinya mereka peduli. Baik dalam bentuk tenaga, pikiran, maupun uang. Bukan berarti kamu tidak mandiri. Justru mereka tengah menyiapkan mentalmu agar bisa bertahan saat sudah memiliki pekerjaan nantinya. Hindari gengsi, maka jalan hidupmu akan jauh lebih mudah daripada sebelumnya.

5. Perhatikan Pengeluaran Sekecil Apa pun

Dalam menjalani keseharian, selalu saja ada hal-hal yang terlewatkan. Misalnya biaya pengeluaran untuk memenuhi hobi merokok atau ngopi.

Kesannya sepele. Namun, kalau dilakukan terus-menerus, bisa banyak. Kalau lagi tidak punya pekerjaan, uang receh pun terasa sangat besar bagi kita.

4 dari 6 halaman

6. Tekan Biaya Pengeluaran

Daripada menekan diri sendiri, bukankah lebih mudah menekan pengeluaran sehari-hari? Saat lagi ke luar, misal untuk hangout atau sekadar jalan-jalan di taman, harap bawa bekal sendiri. Soalnya kalau tidak, nanti ujung-ujungnya beli makanan dan minuman di pinggir jalan. Sayang uang, kan?

7. Pisah antara Keinginan dan Kebutuhan

Dua hal ini terkesan sama, tapi perbedaannya serupa langit dan bumi. Keinginan adalah hal-hal yang kamu mau tanpa perlu pikir panjang. Begitu keluar dari pikiran, maunya langsung dipenuhi. Itu keinginan.

Kalau kebutuhan adalah hal-hal yang bisa menjamin kehidupan sehari-harimu. Misalnya makan, minum, berpakaian, atau beli jam agar bisa atur waktu.

5 dari 6 halaman

8. Keinginan dalam Bentuk Apa pun Sebaiknya Ditunda

Selagi bukan kebutuhan dan tidak terlalu mendesak, kan bisa kamu tunda. Nanti bisa kamu tunaikan setelah memiliki uang.

Dengan menunda keinginan, diri kita jadi lebih semangat ketika mencari pekerjaan. Begitu pula saat mulai mengumpulkan pendapatan, biarpun kecil.

9. Cari Diskon saat Belanja

Saat ini banyak sekali promo atau diskon bertebaran. Terutama yang ada di marketplace. Misalnya saat ada acara ulang tahun, hari besar nasional, dan momen lainnya.

Namun, harap untuk belanja sesuai kebutuhan, ya. Jangan dulu jadikan sebagai hobi ketika kantong lagi kritis.

6 dari 6 halaman

10. Makan Dulu Sebelum Hangout

Teman untuk diskusi memang penting. Namun, sebelum itu, pastikan untuk mengisi perutmu di rumah dulu sebelum berangkat. Jadi, saat ketemuan, kamu bisa makan atau minum seadanya. Tidak seperti orang yang kelaparan. Sebab saat kamu lapar, semua makanan terasa enak. Biarpun mahal, bisa diterabas kapan saja.

Kelihatannya mudah, kan? Namun, faktanya perlu usaha yang kuat agar bisa bertahan dalam keadaan ideal selagi mencari pekerjaan. Serius.

Setiap usaha apa pun yang kamu lakukan sekarang, yakinlah, bahwa kelak pasti berbuah manis. Teruslah berbuat sesuatu, sebab sepeda hanya bisa berjalan ketika roda terus berputar.

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Peluang Bisnis yang Bisa Dicoba Anak SMA
Artikel Selanjutnya
7 Tips Belanja Cerdas ala Capricorn