Sukses

Jalan-Jalan Pakai Kartu Kredit Lebih Untung, Ini Buktinya

Liputan6.com, Jakarta - Selain menjadi kebutuhan, travelling ke luar negeri telah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian orang. Namun, biaya yang dibutuhkan tidak sedikit.

Guna menghemat biaya, para traveller tak lupa memanfaatkan promo yang diberikan kartu kredit. Meskipun promonya tidak besar, setidaknya dapat mengurangi pengeluaran selama liburan.

Kehadiran kartu kredit memudahkan para traveller dalam menyusun anggaran pengeluaran selama liburan. Hal ini sangat menguntungkan karena dapat memperhitungkan jumlah pengeluaran yang diperlukan.

Ada banyak keuntungan yang ditawarkan kartu kredit saat travelling. Masih ragu seberapa menguntungkannya? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut bukti untungnya punya kartu kredit saat travelling.

1. Promo Tiket Pesawat Terbang

Kartu kredit memberikan banyak promo penerbangan menarik bagi konsumen. Salah satunya promo tiket pesawat, baik untuk penerbangan domestik maupun penerbangan internasional.

Promo yang diberikan kartu kredit bermacam-macam, seperti potongan tunai dengan memasukkan kode voucher dan cashback. Kode promo ini dapat dimasukkan pada halaman saat checkout.

Cek harga tiket pesawat secara rutin untuk mendapatkan info harga tiket terbaru. Atau bisa juga dengan memasukkan e-mail ke halaman pencarian Google. Apabila ada perubahan harga, maskapai penerbangan otomatis akan mengirimkan notifikasi ke e-mail Anda.

2 dari 5 halaman

2. Promo Menginap di Hotel Mewah Tapi Murah

Siapapun pasti ingin menginap di hotel mewah dengan harga yang terjangkau. Kartu kredit memberikan berbagai penawaran menarik bagi traveller yang ingin menikmati sensasi liburan berkelas, namun dengan bujet yang ramah di kantong.

Promo yang diberikan biasanya berupa potongan diskon hingga 25 persen atau cashback senilai Rp 200 ribu dengan minimum transaksi yang ditetapkan.

Promo diberikan berbatas waktu dan kuota. Untuk itu, rutinlah mengecek promo yang diberikan oleh penerbit kartu kredit yang Anda gunakan melalui aplikasi atau situs resminya.

3. Potongan Harga Makan di Restoran

Pengguna kartu kredit juga berkesempatan mendapatkan potongan makan di restoran kelas atas di dalam negeri maupun di luar negeri, namun dengan syarat minimum transaksi. Potongan diberikan dalam bentuk diskon hingga 30 persen atau cashback.

Meskipun menggiurkan, Anda tetap harus memperhatikan batasan maksimum cashback yang diberikan. Beberapa penerbit kartu kredit bisa saja hanya memberi cashback maksimal sebesar Rp 100 ribu kepada konsumen dengan minimum pembelian.

3 dari 5 halaman

4. Cashback Belanja dan Hiburan

Liburan tanpa menjajal pusat perbelanjaan dan hiburan di kota atau negara yang dituju rasanya kurang lengkap. Untuk menikmati keduanya, tentu dibutuhkan biaya tambahan.

Jangan khawatir, kartu kredit memberikan solusi bagi Anda yang ingin berbelanja dan menikmati hiburan dengan biaya yang terjangkau. Selain cashback, promo yang diberikan biasanya berbentuk buy 1 get 1 free. Sebaiknya ajak teman atau keluarga Anda setiap kali ingin berlibur agar pengeluaran lebih hemat.

4 dari 5 halaman

Tips Menggunakan Kartu Kredit agar Liburan Tetap Hemat

1. Pilih Kartu Kredit yang Memberi Banyak Bonus

Kebanyakan penerbit kartu kredit memberikan bonus menarik bagi para nasabah. Namun, bonus tersebut berbeda-beda antar bank penerbit kartu kredit. Pilih perusahaan yang dikenal memberikan banyak bonus kepada nasabah.

Sebelum menjatuhkan pilihan, sebaiknya bandingkan berbagai keuntungan yang diberikan agar tidak sampai salah pilih dan menimbulkan penyesalan setelah kartu kredit terbit.

2. Periksa Limit Kartu Kredit Sebelum Berangkat

Sebelum menggunakan kartu kredit untuk travelling, sebaiknya periksa aturan yang ditetapkan oleh perusahaan. Satu yang tak boleh ketinggalan yaitu memeriksa limit kartu kredit dan batas maksimum penarikan uang cash selama travelling.

Apabila destinasi liburan di luar negeri, sebaiknya cari tahu bank yang bekerja sama dengan penerbit kartu kredit Anda. Misalnya kartu kredit berlogo VISA atau MasterCard bekerja sama dengan bank apa, dan lain sebagainya.

5 dari 5 halaman

3. Membawa Kartu Kredit Cadangan saat Liburan

Kasus pencurian uang dari kartu kredit sering menimpa traveller yang berlibur ke luar negeri. Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, sebaiknya bawa kartu kredit cadangan saat travelling.

Pastikan kartu kredit tersebut diterbitkan oleh perusahaan yang berbeda. Apabila kartu kredit yang satu tidak bisa, setidaknya masih ada kartu kredit lain yang bisa diandalkan selama travelling.

4. Menyimpan Seluruh Bukti Transaksi

Simpanlah seluruh bukti transaksi selama travelling, tujuannya untuk menghitung jumlah pengeluaran dalam periode tertentu. Dengan begini, Anda dapat memperkirakan jumlah pengeluaran keseluruhan, sehingga dapat mengantisipasi cicilan kartu kredit setelah liburan nanti.

Selain itu, dengan menyimpan seluruh bukti transaksi kartu kredit, akan memudahkan Anda mencocokkan kembali transaksi yang pernah dilakukan dengan tagihan yang masuk. Sebab bukan tidak mungkin jumlah tagihan berbeda dengan transaksi yang sebelumnya dilakukan karena kesalahan gesek saat transaksi di merchant, dan lainnya.

Apply Kartu Kredit pada Penerbit yang Terpercaya

Selain mempertimbangkan bonus yang diberikan kartu kredit, Anda juga perlu mempertimbangkan kredibilitas perusahaan penerbit kartu kredit. Pilih penerbit yang sudah terpercaya dan secara khusus menawarkan fasilitas kartu kredit untuk travelling, sehingga tagihan yang dibayarkan tidak tercampur dengan tagihan yang lainnya.

Emosi Ditagih Utang, Pria Bunuh Rekan Sendiri

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
5 Cara Efektif Bekerja Sambil Liburan
Artikel Selanjutnya
Mau Sukses Berkarier Jadi Karyawan Teladan? Sontek Cara Ini