Sukses

Simak, Keuntungan Memakai Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta Hingga saat ini, masih banyak yang masih belum memahami keuntungan dari penggunaan kartu kredit. Kebanyakan orang beranggapan bahwa kartu kredit merupakan salah satu bentuk sarana untuk memenuhi gaya hidup yang ‘berlebihan’.

Selain itu, tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa mereka belum membutuhkannya dan merasa penggunaan kartu kredit akan mengganggu perencanaan anggaran bulanan.

Terdapat beberapa alasan kenapa penggunaan kartu kredit menguntungkan. Kartu kredit akan memberikan banyak manfaat jika sebagai pengguna, bila menggunakannya untuk hal-hal yang tepat.

Benarkah menguntungkan? Coba simak dulu ulasannya di bawah ini, seperti dikutip dari TunaiKita, Rabu (21/11/2018):

1. Meningkatkan BI Checking

Untuk yang belum tahu, BI Checking merupakan laporan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia yang berisi riwayat kredit atau pinjaman seorang nasabah kepada bank, atau lembaga keuangan non-bank.

Melalui BI Checking, segala bentuk cicilan dan pinjaman akan ditentukan oleh seberapa baik laporan riwayat kreditmu. Jika memiliki riwayat kredit atau pinjaman yang baik, maka akan lebih mudah untuk mengajukan pinjaman kepada pihak bank atau lembaga keuangan lainnya.

Jadi, jika suatu saat nanti membutuhkan pinjaman uang di bank, rekam jejak sebagai pengguna kartu kredit aktif akan berguna. Tapi ingat, jadilah pengguna yang bertanggung jawab, ya!

2 dari 4 halaman

2. Transaksi yang Praktis

Berbeda dengan uang tunai, dengan menggunakan kartu kredit tentu akan lebih dimudahkan saat melakukan transaksi pembayaran.

Kartu kredit akan menjadi solusi paling praktis untuk segala jenis transaksi. Mulai dari berbelanja di mal, makanan, kebutuhan rumah tangga, dan lain sebagainya.

Selain itu, jangan lupa untuk memanfaatkan fasilitas cicilan 0 persen untuk membeli gadget atau peralatan elektronik secara online atau offline.

3. Pengeluaran Tercatat dengan Jelas

Jika menggunakan kartu kredit untuk berbelanja atau transaksi lainnya, nasabah bisa dengan mudah melacak pengeluaran karena seluruhnya sudah tercatat di dalam sebuah laporan sehingga tidak sulit untuk memeriksanya.

Jadi, tidak perlu lagi membuat laporan pengeluaran terpisah karena otomatis tersimpan di dalam database kartu kredit. Dengan adanya laporan pengeluaran ini, tentunya akan lebih mudah melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan setiap bulannya.

3 dari 4 halaman

4. Membayar Tagihan Secara Rutin

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, mungkin Anda menjadi salah satunya yang pernah lupa membayar tagihan bukan? Mulai dari tagihan listrik, air, telepon, dan lain sebagainya.

Keuntungan lain menggunakan kartu kredit adalah, bisa membantu pembayaran seluruh tagihan secara rutin. Hanya perlu mendaftarkan dan memasukkan informasi tagihan bulanan lalu secara otomatis semuanya akan dibayarkan oleh kartu kredit. Mudah bukan?

5. Suka Bepergian ke Luar Negeri?

Sering bepergian ke luar negeri? Misalnya karena tuntutan pekerjaan ataupun liburan, keuntungan lain memiliki kartu kredit adalah bisa digunakan sebagai alat pembayaran di hampir semua tempat seluruh dunia. Jadi, tidak perlu repot-repot membawa banyak uang tunai yang tentunya lebih berisiko.

4 dari 4 halaman

6. Memudahkan Transaksi Online

Aktivitas berbelanja di dunia maya juga menjadi salah satu alasan kenapa wajib memiliki kartu kredit, terutama apabila sering membeli produk di situs atau toko online yang berbasis di luar negeri karena biasanya situs asing tidak menerima pembayaran melalui transfer atau kartu debit.

Selain berbelanja di situs asing, saat ini hampir semua situs belanja online menempatkan pembayaran melalui kartu kredit sebagai prioritas, di antaranya dengan menawarkan bunga rendah atau cicilan nol persen jika kamu membayar dengan kartu kredit tertentu.

Sekarang sudah tahu kan alasan-alasan kenapa menggunakan kartu kredit sangat menguntungkan? Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, tidak ada salahnya untuk memaksimalkan manfaat dari kartu kredit asalkan sudah memastikan bahwa menggunakannya untuk hal yang tepat dan mampu menjadi pengguna yang bertanggung jawab.

 

Artikel Selanjutnya
Meski Penting, 3 Benda Ini Sebaiknya Tak Disimpan di Dalam Dompet
Artikel Selanjutnya
Kartu ATM dan 4 Benda Lain yang Sebaiknya Tak Ditaruh di Dompet