Sukses

7 Tips Aman Solo Travelling agar Makin Seru dan Asyik

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki jiwa petualang yang suka menjelajahi tempat-tempat baru seorang diri memang menyenangkan. Berada di daerah yang baru pertama kali dikunjungi mampu memberikan pengalaman luar biasa menakjubkan dan tak terlupakan.

Boleh-boleh saja travelling sendirian. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai mengemas koper atau ransel Anda.

Agar perjalanan Anda semakin menyenangkan, simak tips aman solo travelling agar semakin seru dan asyik, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Abadikan Dokumen Penting dalam Soft Copy

Sebelum mulai berangkat travelling, bukan hanya baju apa yang harus disiapkan, tapi jangan lupa untuk mengamankan dokumen pribadi Anda, seperti KTP, paspor, SIM, ATM, juga dokumen penting lainnya.

Abadikan dokumen-dokumen penting tersebut dalam bentuk soft copy, dengan cara memfoto atau memindai (scan) dan menyimpannya dalam e-mail.

Jangan lupa membagikannya kepada keluarga atau kerabat terdekat guna mengantisipasi jikalau mengalami hal yang tak diinginkan seperti kehilangan dokumen-dokumen tersebut. (Baca Juga: Liburan ke Singapura Jadi Liburan Hemat dan Murah dengan Tips Berikut)

2 dari 4 halaman

2. Selalu Keep in Touch dengan Keluarga atau Sahabat

Meskipun Anda pergi travelling sendirian bukan berarti lupa dengan keluarga atau sahabat yang ada di rumah. Tetaplah selalu jaga komunikasi dengan memberitahu ke mana Anda akan pergi travelling. Termasuk tempat menginap dan juga destinasi yang akan Anda tuju selama travelling.

Ini penting supaya bisa saling berhubungan dan tidak terjadi lost contact dan memberikan rasa aman. Karenanya, meskipun terpisah jarak yang jauh, selalulah jalin komunikasi dengan baik melalui Skype, Whatsapp, maupun telepon, dan lainnya.

3. Cari Informasi Tentang Destinasi

Cari tahu kebiasaan daerah setempat yang akan dikunjungi agar bisa melakukan penyesuaian diri dengan baik, seperti kebiasaan berpakaian misalnya.

Selain itu, cari tahu juga kondisi cuacanya agar tidak salah kostum, usahakan juga kenakan pakaian biasa yang penting nyaman. Hindari berpenampilan mencolok, supaya tak mengundang niat jahat di sekitar.

Jangan lupa juga untuk mengetahui berita terbaru tentang destinasi yang ingin Anda kunjungi tersebut, agar tak terjebak konflik internal di daerah tersebut yang bisa membahayakan diri. Karenanya, selalu update berita-berita terbaru ini sangat penting.

3 dari 4 halaman

4. Minta Rekomendasi Orang Lokal

Ketika sudah sampai ke tempat atau destinasi yang dituju, misalnya hotel. Jangan lupa untuk berbincang-bincang dengan resepsionis hotel dan mintalah rekomendasi tempat makan atau destinasi menarik di sekitar hotel.

Bila perlu, mintalah peta kota untuk mengetahui tempat-tempat yang sebaiknya tidak dikunjungi, guna menghindari hal-hal mungkin bisa membahayakan.

Tanyakan juga transportasi apa saja yang bisa Anda gunakan dengan aman untuk berkeliling ke destinasi travelling Anda, seperti taksi atau bus.

5. Jangan Lupa Ingat Nama Hotel Tempat Menginap

Biasanya di sebuah destinasi wisata yang ramai, ada banyak hotel atau tempat menginap yang memiliki nama yang sama. Tentu ini kadang kala bisa membuat pusing, terlebih jika Anda baru sekali datang ke tempat tersebut dan buta arah.

Untuk menghindari salah masuk hotel, coba minta business card hotel tempat Anda menginap agar bisa lebih mudah menemukannya jika tiba-tiba lupa. Bila perlu, berfotolah di depan hotel agar semakin ingat dan tidak mudah lupa.

4 dari 4 halaman

6. Yakin dan Percaya Diri

Saat travelling jangan ada rasa takut atau bingung, melangkahlah dengan yakin dan penuh percaya diri sebagaimana Anda yakin memutuskan untuk solo travelling. Untuk itu jangan sampai lupa cek peta, jadwal perjalanan bus dan juga jalur yang dilaluinya agar tak tersesat ketika sedang asyik menikmati travelling.

Ketika tersesat dan lupa arah, jangan memperlihatkannya terlalu jelas, karena bisa mengundang niat jahat di sekitar Anda. Masuk saja ke sebuah restoran atau toko, sembari membeli makanan ringan atau minuman, bertanyalah tentang arah yang benar.

7. Hati-Hati di Jalan

Saat di jalan dan ingin menaiki kendaraan umum, perhatikan barang bawaan Anda. Letakan tas di depan badan Anda, tutup resletingnya rapat-rapat. Saat naik bus, Anda bisa menjalin komunikasi dengan sopir bus dan kenalkan diri supaya saat sudah sampai tujuan, sopir tersebut bisa memberitahu Anda.

Saat naik bus, jangan lengah dan selalu waspadalah dengan keadaan di sekitar. Ada baiknya tidak terlalu akrab dengan orang yang baru kenal di jalan, sebab Anda tak tahu dan belum mengenalnya, bukan? Beramah-tamah dengan orang baru seperlunya saja, cukup senyum dan jangan berlebihan.

Hindari pula bercerita tentang diri Anda apalagi kalau saat ini Anda sedang travelling sendirian. Coba untuk hindari pemakaian earphone, sebab alat ini bisa membuat Anda jadi kurang peka terhadap keadaan di sekitar.

Tingkatkan kewaspadaan dan jangan sepelekan insting, ketika merasa ada yang tak beres saat ada yang mendekati, maka segeralah menjauh dan cari tempat yang ramai.

Berhati-hati dan Waspada Penting tapi Jangan Lupa Bersenang-senang

Solo travelling memang sangat menantang, bertemu dan menjelajahi destinasi baru membuat Anda bisa memiliki pengalaman yang seru. Memang, selalu waspada dan hati-hati itu penting karena memang Anda seorang diri, akan tetapi jangan lupakan sensasi travelling dan bersenang-senanglah.

Pengemudi Ojek Online Tuntut Perbaikan Tarif
Loading
Artikel Selanjutnya
8 Jurus Hemat Uang Bulanan untuk Pengantin Baru
Artikel Selanjutnya
Mau Bisnis Cepat Untung? Ini Cara Atur Uangnya