Sukses

7 Tips Aman Jalan-Jalan Sendirian

Liputan6.com, Jakarta - Liburan bersama teman-teman menyenangkan. Tapi tidak sedikit yang lebih memilih melakukan perjalanan liburan sendirian saja (solo travelling) dengan berbagai faktor.

Tentu saja, dengan berlibur sendirian, maka berbagai risiko juga dihadapi sendiri saja, mulai dari biaya yang seharusnya bisa ditekan karena bisa dibagi bila bersama teman-teman, hingga berbagai risiko keamanan atau hal-hal yang tidak menyenangkan lainnya.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut tujuh tips aman solo travelling yang bisa Anda lakukan dan menikmati liburan yang menyenangkan.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 dari 4 halaman

Pelajari Budaya Lokal

1. Pelajari Budaya Lokal

Setiap daerah atau negara mempunyai budaya berbeda-beda. Ketika Anda berkunjung ke suatu tempat, pelajari budaya yang mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Anda juga dapat mempelajari bahasa mereka agar tidak salah bicara saat berpapasan dengan orang lokal. Misalnya sapaan selamat pagi, selamat malam, terima kasih, dan sebagainya.

2. Reservasi secara Online

Memesan hotel setibanya di tempat tujuan sangat tidak efektif, terutama jika Anda travelling sendirian karena hotel-hotel tersebut sudah dipesan lebih dulu oleh para pelancong lain. Sebaiknya lakukan pemesanan hotel secara daring (online) karena lebih mudah dan praktis.

Cukup ambil gadget atau laptop yang telah terhubung ke internet, lalu lakukan pencarian. Ada banyak situs pesan hotel yang dapat dijadikan pilihan untuk membandingkan harga. Pilih satu situs yang memiliki jejak rekam baik dengan jaminan pelayanan yang baik. (Baca Juga: 'Traveller' Wajib Punya Kartu Kredit ini, Kenapa?)

3 dari 4 halaman

3. Duplikasi Dokumen Penting

Berbagai risiko bisa saja terjadi di mana pun dan kapan pun termasuk kehilangan barang bawaan, terlebih lagi ketika melakukan perjalanan sendirian. Sebaiknya duplikasi beberapa dokumen penting, seperti KTP, paspor, VISA, tiket pesawat maupun hotel.

Jika hal buruk terjadi, setidaknya Anda sudah memiliki duplikasi dari dokumen penting tersebut sehingga dengan mudah dapat meneruskan perjalanan seperti biasa.

4. Berhati-hati Kenalan dengan Orang Baru

Agar suasana travelling tidak terasa sepi, Anda dapat menjalin komunikasi dengan orang-orang baru yang ada di sekitar tujuan wisata. Lemparkan senyum jika ada orang yang menoleh ke arah Anda dan ucapkan sepatah dua patah kata ketika mereka mengajak mengobrol.

Anda juga tidak perlu malu jika ingin memulai obrolan dengan orang-orang di sekitar dan menambah kenalan baru. Tapi, Anda tetap harus berhati-hati saat kenalan dengan orang baru. Jangan mudah dan langsung percaya dengan orang yang baru dikenal demi kesalaman perjalanan Anda.

5. Berpakaian Apa Adanya

“Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”, pepatah ini harus Anda ingat di mana pun berada, termasuk dalam hal berpakaian. Lalu, namanya juga sedang liburan, maka gunakan pakaian yang biasa saja, bukan baju pesta.

Intinya, berpakaian apa adanya. Jangan melenceng dari budaya di tempat tujuan dan jangan terlalu berlebihan. Hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan agar Anda tidak menjadi pusat perhatian oleh orang-orang di sekitar. (Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Naik, Begini Cara Menyiasatinya)

4 dari 4 halaman

6. Jangan Terlalu Sering Berpindah dalam Waktu Singkat

Jika destinasi wisata yang dituju sangat jauh, misalnya beda benua, sebaiknya jangan terlalu sering berpindah-pindah dari satu negara ke negara lain. Apalagi jika mengunjungi lima tempat wisata sekaligus dalam satu hari, misalnya.

Hal ini sama saja dengan buang-buang uang dan tenaga karena Anda sama sekali tidak menikmati apa yang ada di sekitar. Sebaiknya luangkan waktu untuk menikmati sekitar dalam satu waktu.

Tidak hanya tempat wisata, tapi juga kuliner dan budaya lokal. Dengan demikian, perjalanan Anda akan terasa lebih bermakna walaupun sedang solo travelling.

 

7. Hindari Penggunaan Earphone

Alat pendengar (earphone) memang teman terbaik di kala sendirian saat naik bus, kereta, atau pesawat, atau tengah bersantai. Tapi penggunaan earphone yang terlalu sering dapat menyebabkan tingkat komunikasi Anda dengan orang lain berkurang.

Akibatnya, Anda tidak mendapat teman baru untuk mengobrol saat solo travelling. Jadi, sebaiknya tidak menggunakan earphone saat travelling sendirian agar lebih peka dan memudahkan komunikasi dengan orang sekitar di tempat baru

 

Aman, Murah, dan Seru saat Solo Travelling

Tentu saja, dengan tips-tips di atas solo travelling bukan lagi hal yang mengkhawatirkan. Bahkan akan menjadi lebih menyenangkan dan mendapatkan sebuah pengalaman dan sensasi travelling yang luar biasa. Jadi, nikmati solo travelling Anda dengan aman, murah, dan seru, bebas rasa was-was. (Felicia Margaretha)

Live Streaming Emtek Goes To Campus 2018 di Yogyakarta

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ini Keuntungan Gunakan Traveloka PayLater Bagi Kaum Milenial
Artikel Selanjutnya
Tips Bebas Halangan Jalan-Jalan Walau Sedang Hamil