Sukses

5 Manfaat dan Keuntungan dari Investasi Unit Link

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, kesadaran masyarakat Indonesia untuk memiliki asuransi masih rendah. Terbukti, baru 10 persen orang Indonesia yang punya asuransi individu.

Hal ini bisa disebabkan adanya pemahaman tentang premi yang akan hangus dan hilang tanpa manfaat. Sebaliknya, orang Indonesia lebih mudah menerima tawaran investasi karena akan mendapatkan keuntungan yang secara kasat mata dapat diambil.

Bagi perusahaan asuransi, akan lebih mudah jika menjual produk asuransi yang dilengkapi dengan investasi (unit link). Unit link sering disebut juga dengan asuransi dua kantong.

Pertama, untuk proteksi dan kedua investasi. Jadi, uang premi yang dibayarkan nasabah sebagian digunakan untuk membayar proteksi, sebagiannya lagi dimasukkan reksa dana dalam bentuk unit link dan dikelola oleh ahli investasi.

Seperti dikutip dari Swara Tunaiku, berikut manfaat dan keuntungan investasi unit link.

1. Kemudahan Berinvestasi

Banyak yang takut berinvestasi karena risiko dan kegagalan investasi di masa lalu. Di unit link, kamu tidak perlu khawatir, sebab dana kita akan dikelola oleh profesional dalam bidang ini. Namun, yang namanya investasi memang memiliki risiko. Tidak ada yang bisa aman 100 persen.

2 dari 3 halaman

2. Dua Manfaat Sekaligus

Investasi unit link memberikan dua manfaat, perlindungan dan investasi. Cukup simpel saja, ketika membayar sejumlah premi, kamu sudah mendapatkan manfaat perlindungan dan investasi. Kamu bahkan tidak perlu bingung dalam mengurus dana investasi karena perusahaan investasilah yang bertindak sebagai manajer investasi. Ya, hampir seperti investasi reksa dana, ya.

Nantinya kamu disuruh memilih, di mana dana investasimu akan diletakkan. Bisa di reksa dana campuran, reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, bahkan pasar uang. Tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuanmu, ya.

Selain mendapatkan perlindungan diri terhadap berbagai risiko, kamu juga mendapatkan keuntungan berupa uang tunai. Benar-benar investasi yang menjanjikan!

3. Periode Proteksi yang Lebih Panjang

Salah satu kelebihan yang dimiliki asuransi unit link adalah masa pertanggungan yang lebih panjang melampaui masa pertanggungan yang ditetapkan di dalam asuransi jiwa murni. Tahukah kamu kalau masa pertanggungannya bisa mencapai 75 tahun, 80 tahun, bahkan satu abad? Namun, kamu perlu memahami kebijakannya secara detail, ya!

3 dari 3 halaman

4. Ada Manfaat Asuransi Tambahan

Ada manfaat tambahan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Di sini kamu tidak hanya mendapatkan asuransi jiwa saja, tapi juga cacat total, keadaan kritis, cacat tetap, perlindungan kecelakaan, sakit akibat penyakit, serta biaya rawat inap, dan masih banyak lagi.

5. Nilai Tunai Tidak Akan Hangus

Mungkin kamu pernah mendengar kalau asuransi jiwa murni bisa saja hangus jika risiko yang ditanggung tidak pernah terjadi pada masa yang sudah disepakati. Hal ini tidak berlaku di investasi unit link. Kamu bahkan bisa mencairkannya pada waktu tertentu. Jadi, manfaatnya tidak hilang begitu saja. Investasi unit link memang memiliki banyak kelebihan. Namun, kamu juga harus memperhitungkan besaran premi akibat penambahan jumlah manfaat tambahan. Prinsipnya kembali pada hal yang kamu butuhkan, ya!

Artikel Selanjutnya
Intip Tips Jitu 5 Penulis Sukses Indonesia
Artikel Selanjutnya
7 Cara Memulai Bisnis Properti dengan Modal Sedikit