Sukses

Meski Libur, BKN Bandung Tetap Gelar Simulasi Tes CPNS 2018

Penerimaan CPNS 2018 mulai dapat diakses pada 19 September mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Nasional (BKN) terus mempersiapkan diri jelang pendaftaran CPNS 2018. Salah satunya yang dilakukan oleh Kantor BKN Regional III, Bandung.

Kantor BKN Bandung, hari ini menggelar simulasi CAT di Stasion CAT Kanreg III BKN, Jl. Surapati No. 10, Bandung.

"Simulasi yang digelar selama 5 sesi ini diadakan dalam rangka memberikan pemahaman terhadap masyarakat yang ingin mengikuti seleksi CPNS mengenai tata cara penggunaan CAT BKN," kata Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kanreg III BKN Budi Haryono kepada wartawan, Selasa (11/9/2018).

Simulasi tes CPNS 2018 ini disambut oleh masyarakat dengan antusiasme yang tinggi sehingga kuota peserta sebanyak 500 orang langsung terisi hanya dalam 12 jam sejak diumumkan.

Budi menambahkan, simulasi ini sejatinya merupakan latihan berkompetisi sehingga para peserta semakin terpacu untuk terus berusaha agar berhasil dalam tes yang sebenarnya.

"Sebagai penghargaan, peserta setiap sesi yang mendapatkan nilai paling tinggi diberikan kenang-kenangan dari Kanreg III BKN Bandung," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seleksi CPNS 2018 Mulai Dibuka 19 September

Sebelumnya, pemerintah siap menggelar proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 dengan total formasi yang dibuka sebanyak 238.015. Adapun rinciannya, 51.271 formasi untuk pemerintah pusat (Kementerian/Lembaga) dan 186.744 formasi untuk pemerintah daerah (525 Pemerintah Daerah).

Dalam laman Instagram milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), penerimaan CPNS 2018 mulai dapat diakses pada 19 September mendatang. Portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) yang beralamatkan sscn.bkn.go.id pada saat itu juga akan siap diakses oleh para calon pelamar.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menyatakan, membenarkan bahwa proses awal penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) terbaru ini memang akan dibuka dalam waktu dekat. 

"Kami memang akan membukanya dalam waktu dekat ini, kalau dari jadwal 19 September nanti. Karena secara jadwal proses awal memang direncanakan dimulai pada September ini," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Namun, ia menggarisbawahi bahwa saat ini belum seluruh instansi telah memasukan formasinya ke dalam sistem SSCN. "(Pemerintah) pusat sudah input semua formasinya ke SSCN, tapi untuk yang daerah belum semua," sambungnya.

Dia juga mengatakan, BKN telah menyiapkan jadwal proses penerimaan CPNS hingga akhir yang targetnya bakal selesai tahun ini. Namun begitu, ia menyebut bahwa jadwal tersebut masih bersifat tentatif.

3 dari 3 halaman

Jadwal Lengkap

Adapun secara jadwal, tahap pengumuman, pendaftaran dan verifikasi CPNS 2018 akan berlangsung antara September hingga tenggat waktu pekan kedua Oktober 2018.

Setelah itu, proses bakal berlanjut pada tahap pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang direncanakan berlangsung pada pekan ketiga Oktober sampai November 2018.

Pasca-menjalani serangkaian tes, para CPNS yang lolos proses seleksi akan diumumkan kelulusannya pada pekan keempat November.

Proses panjang rekrutmen CPNS 2018 pun akan berakhir penghujung tahun, ditutup dengan tahap pemberkasan yang direncanakan berlangsung pada Desember 2018. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.