Sukses

4 Cara agar Tak Ribut soal Uang dengan Pasangan

Liputan6.com, Jakarta - Uang selalu menjadi topik yang membuat panas-dingin. Ribut soal uang juga sangat tidak nyaman, apalagi jika dengan pasangan sendiri.

Membicarakan uang, meskipun sulit, tapi tetap dibutuhkan. Topik tersebut krusial untuk dibahas terutama bagi pasangan yang serius berkomitmen menuju jenjang selanjutnya.

"Kamu ingin bisa melihat bahwa kamu bisa melewati konflik sebelum menikah. Ini seperti latihan," ucap Carin Catalano, ahli terapi pernikahan dan keluarga dengan spesialisasi di terapi finansial.

Catalano menyebut berbicara mengenai uang dengan pasangan akan menghasilkan perasaan saling dihormati dan dipahami , dan jelas ia jauh lebih baik ketimbang pasangan yang malah tidak berbicara tentang uang.

Berikut empat tips yang bisa diikuti seputar uang dalam hidup berpasangan, seperti dilansir CBS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mulai Biasakan Bicara tentang Uang

Bila sudah komitmen dengan pasangan, saatnya membiasakan bicara tentang uang. Keterbukaan seperti ini membutuhkan kepercayaan. Tentunya, hal itu sudah didapat bila sudah serius dalam berhubungan.

Mulai dengan mengungkapkan keadaan finansial, seperti mengenai hutang, skor kredit, keadaan bisnis, gaji, dan tabungan. Lewat hal ini, pasangan bisa saling memahami kebiasaan baik dan buruk seputar keuangan.

3 dari 5 halaman

2. Jangan Langsung Menyalahkan

Bila sudah mencapai kesepakatan mengenai pengeluaran dan tabungan, tetapi pasangan malah melanggarnya dengan belanja diam-diam, maka jangan langsung menyalahkan.

Cobalah berbicara dengan tenang mengenai saat kamu menemukan bukti pengeluaran pasangan yang tidak sesuai kesepakatan belanja. Setelahnya, ingatkan pasangan mengenai perjanjian yang dibuat bersama-sama.

4 dari 5 halaman

3. Hindari Meluapkan Amarah

Bila benar-benar sudah marah terhadap kelakuan finansial pasangan, coba tenangkan diri dulu selama beberapa jam atau satu hari. Tunggu sampai diri merasa tenang dan rasional sebelum mulai berbicara.

"Saat kita marah, kita tak lagi memakai bagian di otak kita yang menjadi berfungsi sebagai pusat nalar dan penilaian," ucap Catalano.

5 dari 5 halaman

4. Prioritaskan Masa Depan Bersama

Ingatlah bahwa masa depan bersama adalah impian dalam kehidupan berpasangan, tak terkecuali dalam hal keuangan. Bila rencana keuangan tampak tidak pas, lebih baik diubah agar bisa ditaati dengan baik di masa mendatang.

Perkuat kekompakan sebagai pasangan. Tunjukkan bahwa kesalahan finansial tidak akan menjadi akhir bagi hubungan yang telah dibangun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Uang adalah alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya.

    Uang

  • Tips keuangan adalah beberapa petunjuk praktis untuk mengatur atau mengelola keuangan.

    Tips Keuangan

Video Terkini