Sukses

6 Cara Cerdas Siapkan Dana Pernikahan

Liputan6.com, Jakarta - Menikah tentunya sebuah pilihan hidup bagi setiap orang. Pernikahan dapat menjadi bukti cinta dua orang yang sudah menjalin kasih.

Bagi yang memutuskan untuk menikah, tentu penting untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar semua berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan. Salah satu yang harus benar-benar dipersiapkan adalah perihal dana.

Masalah keuangan memang sangat sensitif dalam hal apapun. Oleh karena itu, saat Anda merencanakan pernikahan, pastikan bahwa dana yang digunakan adalah memang dikhususkan untuk acara tersebut.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan untuk melangsungkan pernikahan? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut hal-hal yang harus disiapkan jika Anda mau menikah.

1. Buatlah Tabungan Pernikahan Bersama dengan Pasangan

Daripada berjuang sendiri-sendiri, ada baiknya untuk Anda menabung di rekening yang sama dengan pasangan khusus untuk biaya pernikahan. Hal ini tentunya dapat menambah semangat Anda dan pasangan untuk mengumpulkan modal menikah.

Buang jauh-jauh pemikiran modal menikah harus ditanggung oleh pihak laki-laki saja. Sebagai pasangan yang saling mengerti dan memahami, sebaiknya biaya untuk mengadakan pernikahan ditanggung kedua belah pihak agar sama-sama ringan.

Diskusikanlah dengan pasangan Anda mengenai konsep pernikahan seperti apa yang Anda dan dia kehendaki. Dengan begitu, Anda bisa merancangnya jauh-jauh hari dan bisa menghitung berapa biaya yang harus dipersiapkan.

Bertekad kuat dan berjanjilah pada diri masing-masing bahwa Anda harus mengisi tabungan bersama ini secara berkala dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.

Semakin banyak dana yang disisihkan untuk ditabung, maka semakin cepat juga proses mengumpulkan dana pernikahan terselesaikan. Sehingga Anda dan pasangan tidak lagi dipusingkan soal biaya pernikahan. (Baca Juga: Sebelum Menikah, Sudahkah Mendiskusikan Urusan Keuangan Ini dengan Pasangan?)

2 dari 4 halaman

2. Tentukan Anggaran yang Sesuai dengan Tema Pernikahan

Anda harus mengenali kemampuan finansial Anda untuk membiayai keperluan pesta pernikahan yang akan digelar nanti. Dengan begitu, Anda harus menetapkan batasan bujet yang boleh Anda keluarkan untuk mempersiapkan pesta pernikahan.

Jangan sampai ada pengeluaran di luar rencana yang Anda keluarkan dengan percuma. Untuk itu, Anda harus belajar mengefisiensikan pengeluaran untuk pesta pernikahan agar keuangan Anda tidak berantakan setelahnya.

3. Pangkas Pengeluaran yang Tidak Terlalu Diperlukan

Memangkas biaya pengeluaran bukan berarti pelit, akan tetapi bersikap bijak atas perencanaan pernikahan Anda. Pastikan bahwa hal-hal yang Anda beli atau bayar untuk pernikahan Anda adalah hal-hal yang memang penting dan sangat dibutuhkan.

Jangan terlalu mengikuti gengsi sehingga Anda menghambur-hamburkan uang membeli hal-hal yang tidak seharusnya dibeli. Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain yang jauh lebih penting dan memang diperlukan di pesta pernikahan Anda. Sehingga Anda tidak menghambur-hamburkan uang secara cuma-cuma. (Baca Juga: Ini Dia Syarat Mengurus Pernikahan WNI dan WNA)

3 dari 4 halaman

4. Gunakan Anggaran Sesuai dengan Daftar yang Sudah Dibuat

Tanpa ada rincian anggaran yang jelas, tentu akan menyulitkan Anda untuk mengetahui seberapa banyak biaya yang harus disediakan untuk konsep pernikahan yang dipilih. Dengan menetapkan anggaran, Anda bisa melihat kembali daftar-daftar yang sudah Anda susun, lalu menentukan apakah memang hal yang terdaftar adalah penting.

Nah, saat menggunakan atau membelanjakan anggaran pernikahan untuk persiapan yang dibutuhkan, penting diperhatikan bahwa jangan sampai melampaui bujet yang sudah ditetapkan. Untuk itu, berbelanjalah untuk keperluan pernikahan sesuai dengan pos-pos yang sudah ditetapkan sebelumnya.

5. Pastikan Berapa Jumlah Tamu yang Akan Diundang

Saat ingin mengadakan pesta pernikahan, maka tentukanlah siapa saja yang ingin undang. Tentukan jumlahnya agar Anda bisa menyediakan konsumsi dengan jumlah yang tepat.

Anda tentunya tidak ingin makanan catering tersisa banyak karena jumlah yang hadir tidak sebanding dengan harapan. Atau bahkan ada tamu undangan yang tidak kebagian konsumsi, pasti akan membuat mereka kecewa. Oleh sebab itu, hitunglah berapa jumlah tamu yang akan Anda undang di pesta pernikahan Anda.

4 dari 4 halaman

6. Gunakan Paket Pernikahan Sebagai Pilihan

Jika memang Anda memilih mengadakan pesta pernikahan dengan menyewa gedung. Sebaiknya sewa gedung yang menawarkan paket resepsi pernikahan kepada Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan biaya catering maupun menu-menu apa saja yang harus disediakan di resepsi pernikahan Anda.

Pilih penawaran paket pernikahan yang ekonomis. Dengan demikian, Anda akan hemat biaya, tenaga, dan juga waktu. Jika memang gedung tersebut menyediakan paket yang disebut dengan All in One ini, pastikan jika biayanya memang tidak jauh lebih mahal dari yang reguler.

Siapkan Biaya Resepsi Pernikahan Sejak Awal

Sebelum mempertimbangkan hal lainnya, tentukanlah terlebih dahulu biaya yang Anda sanggupi. Tidak ada gunanya konsep yang sempurna tetapi tidak didukung dengan kemampuan keuangan yang memadai. Realistislah dalam merancang resepsi pernikahan Anda dan laksanakan momen berharga dengan penuh persiapan yang matang.

Loading