Sukses

Cara Hemat Anggaran Pernikahan Tapi Tetap Istimewa

Mengadakan acara resepsi pernikahan yang berkesan tentu menjadi impian setiap orang.

Liputan6.com, Jakarta - Mengadakan acara resepsi pernikahan yang berkesan tentu menjadi impian setiap orang. Selain nilai sakral yang ada dalam setiap pernikahan, tentu berbagai atribut dalam resepsi seperti tempat acara, gaun, hingga isi acara juga berpengaruh dalam kesuksesan suatu pesta pernikahan.

Namun keinginan untuk mewujudkan pernikahan istimewa ini seringkali terbentur pada masalah dana. Maklum saja, untuk menggelar pernikahan memang memerlukan biaya yang tidak sedikit, belum lagi biaya untuk menjalani kehidupan setelah pernikahan.

Berikut ini tips agar Anda dapat berhemat, namun tetap dapat mewujudkan pernikahan yang istimewa seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Pilih prioritas

Anda dan pasangan dapat menentukan beberapa elemen terpenting dari pesta pernikahan, misalnya tiga elemen yaitu tempat acara, makanan, dan gaun. Dengan menentukan prioritas, maka Anda dapat mengalokasikan lebih banyak dana untuk ketiga elemen penting tersebut dan melakukan penghematan di pos lainnya.

Pilihlah elemen yang penting dan menjadi pusat perhatian undangan agar pernikahan Anda memiliki kesan yang istimewa. Mungkin muncul keinginan untuk membuat semuanya istimewa karena merupakan acara yang spesial dalam hidup, namun Anda perlu menyesuaikan dengan anggaran yang ada pula secara realistis.

2. Pastikan jumlah tamu

Setelah Anda dan keluarga menentukan jumlah tamu yang ingin diundang, sebisa mungkin pastikan pula berapa jumlah tamu yang kira-kira dapat hadir. Dengan demikian Anda dapat memperkirakan dengan lebih tepat berapa jumlah makanan yang harus disediakan.

Hindari pula godaan untuk menambah undangan karena akan menambah biaya undangan, souvenir, hingga kebutuhan konsumsi. Bila berencana untuk memberikan akomodasi bagi keluarga dari luar kota, pastikan pula berapa orang yang hadir agar dapat melakukan booking kamar dengan tepat.

Tak perlu mahal

3. Tak perlu detail mahal

Anda mungkin mudah tergoda untuk menambah sentuhan-sentuhan mewah atau unik dengan tujuan membuat pernikahan menjadi berbeda dari yang lain. Pertimbangkan dahulu apakah hal tersebut memang Anda butuhkan dan apakah hal tersebut juga memberikan kesan yang jauh berbeda di mata para undangan.

Misalnya bila Anda menggunakan dekorasi dengan penuh bunga segar, padahal ada bagian-bagian tertentu yang mungkin cukup menggunakan bunga plastik karena bukan menjadi fokus dari mata para tamu undangan. Jangan juga mudah tergoda oleh rayuan vendor, sesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas yang ada.

4. Mengutamakan kebutuhan di atas gengsi

Dalam menentukan berbagai hal, utamakan sisi fungsional atau kebutuhan di atas sisi presitse atau gengsi. Misalnya Anda tidak perlu harus melakukan foto prewedding di luar negeri, cukup dengan memilih tempat di dalam negeri pun Anda bisa mendapatkan foto yang menakjubkan.

Begitu pula dalam mencetak undangan, mungkin Anda ingin membuat undangan yang spesial dan menarik perhatian, namun sebenarnya undangan tidak begitu dipentingkan oleh para tamu karena pada akhirnya juga tidak akan digunakan setelah resepsi selesai.

Vendor lokal

5. Utamakan vendor lokal

Menggunakan vendor di kota tempat berlangsungnya acara akan memberikan penghematan yang cukup banyak. Misalnya, Anda dapat menggunakan band atau fotografer lokal sehingga dapat menghemat biaya transportasi dan akomodasi bagi para kru yang mengisi acara.

Selan itu, menggunakan vendor lokal juga memudahkan dalam koordinasi, sehingga dapat menghemat juga biaya untuk terbang ke kota tempat vendor tersebut berada.

Untuk kebutuhan seperti undangan dan souvenir, Anda dapat menghemat ongkos kirim bila menggunakan vendor lokal. Selain itu, kerusakan souvenir pun dapat diminimalisir karena tidak perlu menempuh perjalanan jauh.

6. Sajian sederhana

Hidangan merupakan hal yang penting dalam suatu acara. Anda harus dapat menjamin ketersediaan hidangan cukup untuk para tamu bila acara diadakan secara prasmanan. Namun demikian, Anda tidak perlu menyediakan makanan yang terlalu mewah.

Terkadang malah makanan yang terlalu mewah atau mahal malah tidak sesuai dengan selera kebanyakan tamu. Cukup menyediakan makanan yang berkualitas pun dapat memuaskan para tamu asal bisa sesuai dengan selera mereka.

Tidak sulit bukan untuk melakukan penghematan dalam menyiapkan acara pernikahan? Bijaklah dalam menentukan kebutuhan dan fokuslah pada prioritas yang Anda buat sehingga anggaran pun dapat terjaga dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini