Sukses

Pelemahan Rupiah Belum Berpengaruh ke Dunia Bisnis

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka di angka 13.436 per dolar AS pada perdagangan hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melihat pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih dalam hitungan bisnis. Sebagaimana diketahui, di awal tahun rupiah sempat menguat ke kisaran Rp 13.000. Namun menuju akhir tahun ini kembali melemah di kisaran Rp 13.300 per dolar AS.

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani mengatakan, nilai tukar saat ini tidak terlalu mempengaruhi bisnis pengusaha. Pasalnya, pengusaha telah memproyeksi nilai tukar rupiah di kisaran Rp 13.300 sampai Rp 13.700 per dolar AS.

"Sampai level sekarang sih masih belum, pengusaha udah asumsi garis besar level sekarang 13.300 per dolar AS hingga 13.700 per dolar AS yang para pengusaha tahu. Untuk business plan ke depan. Dan memang sepertinya masuk dalam range itu," kata dia dalam Rakornas Kadin di Hotel Sari Pan Pasific Jakarta, Senin (21/11/2016).

Pelemahan rupiah saat ini menguntungkan pengusaha yang bergelut di bidang ekspor. Lantaran, mereka akan mendapat keuntungan dari selisih kurs.

"Kalau untuk ekspor tentunya senang terutama perusahaan komoditas pertambangan yang ekspor mereka senang. Tapi satu pihak banyak juga ekspor tapi raw material bahan impor mengalami kendala," kata Rosan.

Menurut Rosan, pelemahan rupiah bukan kendala utama pengusaha. Dia menuturkan, yang paling dikhawatirkan pengusaha justru stabilitas pergerakan nilai tukarnya.

"Tapi bagi kami kembali lagi, kami bukan masalah rate-nya tapi masalah fluktuasi. Fluktuasi tinggi menjadi masalah ke kita. Memprediksi untuk kepentingan usaha bisnis agak susah," tutup dia.

Untuk diketahui, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka di angka 13.436 per dolar AS pada perdagangan hari ini, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.428 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah berada di kisaran 13.404 per dolar AS hingga 13.461 per dolar AS. Jika dihitung sejak awal tahun, rupiah masih mampu menguat 2,57 persen. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.