Sukses

El-Nino dan Kenaikan Tarif Listrik Pengaruhi Inflasi Jatim

TPID Jatim memperkirakan kenaikan inflasi dampak El-Nino sangat rendah.

Liputan6.com, Surabaya - Perkiraan musim kemarau yang lebih panjang dari biasanya (El Nino) diprediksi melanda Jawa Timur pada kuartal III-IV tahun ini.

Namun, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jatim mengatakan hal itu tidak akan mempengaruhi kelancaran produksi khususnya tanaman pertanian padi.

Rendahnya dampak El Nino tersebut karena manajemen pengelolaan air yang sudah relatif baik di Jatim. TPID Jatim memperkirakan kenaikan inflasi dampak El-Nino sangat rendah.

"Hanya berkisar antara 0,03% hingga 0,06%," tutur Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV, Dwi Pranoto, Selasa (29/04/2014).

Dampak kenaikan Tarif Tenaga Listrik (TTL) industri diperkirakan juga tidak berpengaruh signifikan menekan inflasi Jatim hanya 0,08% sampai 0,14%.

Kondisi ini tercermin dari klasifikasi Industri Menengah khususnya pada Perusahaan Terbuka berkapasitas lebih dari 200 kVA dan Industri Besar berkapasitas lebih dari 30.000 kVA yang hanya mencapai sekitar 14,33% dari total penggunaan tenaga listrik di Jatim.

"Sementara juga ada tantangan yang patut diwaspadai dalam dua hingga tiga bulan ke depan adanya potensi kenaikan inflasi faktor musiman yaitu Bulan Ramadhan dan Lebaran," ujarnya.

TPID Jatim menghimbau para pelaku usaha agar mengantisipasi peningkatan permintaan dengan menyediakan pasokan yang cukup. Apabila kondisi ini dapat dicapai, target inflasi sekitar 5% pada tahun 2014 ini dapat dicapai.

Dwi menuturkan, Rapat Koordinasi Wilayah TPID juga melakukan evaluasi terhadap perkembangan inflasi di Jatim sampai dengan Maret 2014, yang secara tahunan mencapai 6,59%, lebih rendah dibandingkan nasional 7,32%.

Tekanan inflasi di Jatim lebih didorong kenaikan harga beberapa komoditas pangan seperti cabai rawit, beras dan bawang putih serta kenaikan transportasi angkutan udara.

Namun kenaikan tersebut dapat ditahan dengan menurunnya harga komoditas volatile foods lainnya seperti telur, daging ayam ras, cabai merah dan tomat sayur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini