Sukses

Ajang Asian Para Games Diharapkan Mampu Menghibur Korban Bencana di Indonesia

 

Liputan6.com, Jakarta - Inapgoc atau panitia penyelengara lokal  Asian Para Games 2018 coba mencocokkan tema ajang pesta olahraga bagi penyandang disabilitas ini dengan kondisi Indonesia saat ini. Ajang ini sendiri akan digelar 6-13 Oktober 2018.

Ketua Umum Inapgoc, Raja Sapta Oktohari berharap agar event ini dapat menjadi hiburan bagi koban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat serta Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

"Sesuai dengan instruksi dari Presiden RI Joko Widodo bahwa penyelenggaraan Asian Para Games 2018 harus bisa menjadi hiburan bagi saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah," kata Raja Sapta Oktohari dikutip dari Antara, Rabu (3/10/2018).

Raja Sapta Oktohari menambahkan saat ini Indonesia tengah berduka akibat bencana yang menimpa sejumlah wilayah. Karena itu, pihaknya harus merancang narasi yang menggambarkan suasana dan kondisi Tanah Air saat ini.

"Narasinya harus tepat karena Indonesia sedang berduka. Jangan sampai menimbulkan kesalahpahaman," ujarnya.

Meskipun demikian, Okto mengungkapkan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 harus tetap meriah. Dengan begitu, semangat untuk terus berusaha dan pantang menyerah yang disampaikan para atlet dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat, termasuk warga yang menjadi korban bencana.

"Penyelenggaraan Asian Para Games 2018 harus tetap akbar, dan lebih baik dibandingkan dengan penyelenggaraan di Guangzhou, China dan Incheon, Korea Selatan. Kami berharap Asian Para Games dapat menjadi obat penghibur bagi warga korban bencana," katanya.

 

2 dari 2 halaman

41 Negara Peserta

Asian Para Games akan diselenggarakan mulai 6 hingga 13 Oktober 2018 dan diikuti oleh 41 negara peserta National Para Olympic dengan total 2.800 atlet, 1.800 ofisial serta 500 media, baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Sebanyak 18 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam ajang tersebut, antara lain bola basket, bola voli, anggar, tenis meja, renang, menembak, judo, bersepeda, catur, angkat beban, boling, bola gawang, bulu tangkis, lari, panahan, boccia, bola tangan dan tenis.

(David Permana)

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukalapak Siapkan Banyak Kejutan di Asian Para Games 2018
Artikel Selanjutnya
Live Streaming Asian Para Games 2018 di Vidio.com dan Kapanlagi Youniverse (KLY)