BBM Naik, Alasan Jebolnya APBN Tak Rasional

  • Ekonomi & Bisnis
  • 0
  • 09 Mar 2012 15:08

110117bpertamax.jpg
Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah berencana menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada 01 April 2012. Salah satu alasannya karena melonjaknya harga minyak dunia dan jebolnya APBN akibat meningkatnya subsidi. Namun, alasan tersebut dinilai tak rasional.

"Klaim pemerintah bahwa kenaikan BBM ini disebabkan oleh jebolnya APBN dan melonjaknya harga minyak dunia tidaklah rasional. Karena kalau kita telaah secara dalam bahwa jebolnya APBN disebabkan karena biaya birokrasi pemerintahan yang mencapai 55 persen dan untuk subsidi hanya 8,7 persen," kata Koordinator BEM Batavia Raya, Rahmat Soleh kepada liputan6.com saat dihubungi di Jakarta, Jumat (9/3).

Dan apa lagi, lanjut Rahmat, Indonesia adalah negara yang kaya raya akan Sumber Daya Alamnya (SDA). Namun faktanya SDA Indonesia di bidang Migas hampir 80 persen di kuasai oleh asing. Sedangkan sisanya 20 persen dikuasai oleh Negara.

"Seharusnya pemerintah dan DPR membuat kebijakan migas yang lebih pro terhadap rakyat jangan kepada kapitalis asing yang menyedot dan mengeruk SDA Indonesia sehingga selalu tidak berasalan bahwa APBN jebol karna disebabkan subsidi terhadap rakyat," paparnya.

Oleh karena itu dirinya menilai bahwa masih ada waktu bagi pemerintah dan DPR untuk mengevaluasi kebijakan yang dinilai salah dan tidak terarah tersebut untuk menata kembali ketahanan Migas nasional dengan cara pemutusan Kontrak Kerja Sama (KKS) dan menasionalisasi perusahaan Migas asing.(MEL)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler