Sukses

Cara Download Video YouTube Music untuk Dengar Lagu Secara Offline

Berikut cara mendengarkan dan men-download video YouTube untuk mendengarkan lagu secara legal di aplikasi YouTube Music

Liputan6.com, Jakarta - Memutar sebuah video di YouTube tentunya membutuhkan data internet. Seringkali, bagi para pengguna kuota data, aktivitas ini bakal menghabiskan kuota yang dimiliki.

Apalagi seringkali, beberapa pengguna YouTube hanya memutar video untuk sekadar mendengarkan lagu. Mengunduh musik dari video YouTube-pun banyak dilakukan oleh para pengguna yang ingin menghemat kuota.

Memang, saat ini ada banyak situs yang memungkinkan pengguna untuk mengubah suatu video menjadi format MP3, atau agar dapat diunduh dan disimpan ke perangkat pengguna.

Sayangnya, perlu diingat tindakan ini berarti kita mendengarkan musik secara bajakan.

Meski begitu, kamu sebenarnya dapat mengunduh atau men-download video YouTube atau sebuah musik ke perangkatmu, untuk bisa diputar secara offline, melalui aplikasi YouTube Music.

Jika ingin mendownload musik untuk didengarkan secara offline melalui aplikasi YouTube Music, pertama yang harus dilakukan adalah menjadi pelanggan YouTube Music Premium.

Selain itu, pengguna harus terhubung kembali ke internet minimal sekali setiap 30 hari untuk tetap mempertahankan hasil unduhan.

Kemudian, saat berada di aplikasi YouTube Music, pilih lagu yang mau diputar secara offline. Berikutnya pilih ikon tiga titik lalu pilih Download. Kamu bisa memilih untuk mengunduh audionya saja atau bersama dengan videonya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengunduh Playlist atau Album

Setelah unduhan selesai, kamu dapat memutarnya kembali tanpa harus menguras kuota internet secara offline, dan tentunya secara legal.

Tak hanya lagu secara satuan, YouTube Music juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh playlist maupun album.

Caranya, masuklah ke sebuah playlist atau album dalam aplikasi YouTube Music, lalu pilih ikon Download yang berupa tanda panah ke bawah dengan garis di bawahnya.

Perlu diingat, jumlah lagu yang diunduh tergantung jumlah ruang kosong yang tersedia di perangkat. Ini juga dipengaruhi oleh durasi dan kualitas file audio atau video yang ingin disimpan.

Tak hanya dapat memutar lagu secara offline, keuntungan lain dengan berlangganan YouTube Music Premium adalah bisa memutar konten saat keluar dari aplikasi, serta bebas dari iklan.

3 dari 3 halaman

YouTube Luncurkan Laman untuk Podcast

YouTube diketahui tengah memperkuat posisinya sebagai platform penyedia konten podcast. Hal ini diketahui dari laman khusus yang didedikasikan untuk konten podcast di platform tersebut.

Dikutip dari The Verge, Selasa (23/8/2022), laman khusus podcast ini memang baru bisa diakses untuk pengguna di Amerika Serikat. Namun berdasarkan laporan 9to5Google, laman ini sudah muncul sejak Juli 2022 dan digulirkan secara bertahap.

Laman khusus podcast ini bisa diakses langsung melalui YouTube.com/podcasts atau lewat laman Explore. Meski belum bisa diakses seluruh pengguna, laman ini menampilkan sejumlah acara atau kanal berisi podcast yang memiliki jutaan pelanggan.

Secara tampilan, laman ini tidak juga jauh berbeda dari informasi konten lain yang ada di YouTube. Namun, dengan laman khusus ini, pengguna diarahkan untuk lebih mudah mengakses konten podcast.

Terlebih, konten podcast di aplikasi YouTube ternyata memiliki banyak peminat. Kendati demikian, belum dapat dipastikan kapan laman khusus ini akan menyambangi pengguna global.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.