Sukses

8 Pangkalan Militer AS yang Paling Rahasia Terungkap di Google Maps

Ada delapan pangkalan militer AS paling rahasia di dunia, yang gambarnya terkuak di Google Maps. Berikut ini daftarnya.

Liputan6.com, Jakarta Dari Nevada yang terpencil hingga Kepulauan Marshall, Angkatan Darat AS/Amerika Serikat tersebar di sejumlah dunia dalam pos-pos militer rahasia.

Pada tahun 2013, seniman data Josh Begley mengembangkan sebuah proyek yang berusaha menarik kembali pembahasan tentang seperti apa pangkalan militer AS yang disensor.

Pada tahun-tahun berikutnya, semakin banyak pangkalan militer telah difoto dan diunggah ke internet.

Meskipun mereka tidak selalu mengungkapkan sesuatu yang mencurigakan, agregasi pangkalan menunjukkan luasnya jangkauan militer.

Mengutip laman The Sun, Senin (11/4/2022), Google Maps sendiri telah memindai 10 juta mil lokasi di dunia secara komprehensif, termasuk yang dimiliki oleh militer.

Google secara sukarela memberikan data lokasi di ratusan pangkalan Angkatan Darat di area perbatasan AS dalam upaya untuk transparan.

Tetapi monitor satelit seperti Begley dan lainnya mampu mengumpulkan sejumlah gambar yang tidak dicari oleh masyarakat luas.

Setidaknya ada delapan pangkalan Angkatan Darat AS yang gambarnya terkuak di Google Maps. Berikut ini daftarnya:

1. Lapangan Udara Angkatan Darat Bucholz

Lapangan Terbang Angkatan Darat Bucholz terlihat seperti tempat liburan tropis. Tapi situs itu sebenarnya menjadi tuan rumah dari beberapa uji coba nuklir paling eksplosif dalam sejarah.

67 uji coba bom nuklir di pangkalan militer tersebut telah menyebabkan banyak masalah lingkungan untuk sepetak kecil pulau.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

2. Stasiun Komunikasi Angkatan Laut Holt

Ditemukan di Pantai Barat Australia, gambar ini terlihat seperti pola kaleidoskop ikonik dari kabel yang digantung di menara komunikasi.

Setiap garis yang memanjang ke dan dari suatu titik adalah garis kabel transmisi, membuat pola jaring laba-laba jika dilihat dari atas.

3. Mount Weather

Mount Weather adalah gateway pemerintah di Virginia. Situs ini dirancang untuk menampung hanya 2.000 personel Angkatan Darat, dengan tempat tidur pribadi yang diperuntukkan bagi presiden, kabinet presiden, dan Mahkamah Agung.

4. Lapangan Terbang Danau Yucca

Minimnya bangunan dan akomodasi tidak membuat situs Nevada ini kurang mematikan.

Dilansir dari FlightGlobal, Lapangan Terbang Danau Yucca adalah rumah untuk pengujian kendaraan udara tak berawak. Drone seperti Pilatus PC-12 diduga dianalisis di landasan terbang terpencil ini.

5. Depot Tentara Hawthorne

Di hamparan pasir kering Nevada, personel Militer AS berlatih untuk pertempuran gurun.

Depot Tentara Hawthorne adalah tempat rahasia yang digunakan untuk menyimpan amunisi yang akan dikerahkan 30 hari setelah perang dimulai.

 

3 dari 4 halaman

Berikutnya

6. Pangkalan Udara Volkel

Pangkalan Udara Volkel di Belanda pernah dikuasai rezim Nazi bernama Luftwaffe. Saat ini pangkalan militer tersebut digunakan untuk menempatkan pasukan Belanda dan AS.

7. Abu Ghraib

Penjara di Irak ini adalah tempat penyiksaan mengerikan terhadap tersangka teroris oleh penjaga Militer AS.

Foto-foto dari dalam penjara menceritakan kisah nyata Abu Ghraib, sementara di luar menunjukkan betapa kuatnya tembok itu.

8. Kompleks Gunung Batu Raven

Wakil Presiden Dick Cheney dibawa ke Raven Rock di Pennsylvania selama kekacauan 9/11 untuk memisahkannya dari Presiden George W Bush saat itu.

Situs ini ditampilkan sebagai markas darurat pemerintah baru dalam seri video game Fallout, yang dijuluki "Pentagon kecil".

4 dari 4 halaman

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.