Sukses

Inikah Tampilan Layanan Audio Chat Milik Facebook yang Mirip Clubhouse

Seorang peneliti aplikasi mengungkapkan bocoran tampilan layanan audio chat mirip Clubhouse milik Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini platform media sosial berlomba-lomba menambahkan beragam fitur baru ke layanannya. Salah satu fitur yang kini jadi sasaran untuk dihadirkan dalam platform media sosial atau aplikasi pesan adalah layanan audio chat mirip Clubhouse.

Ya, sejumlah perusahaan seperti Twitter, Telegram, TikTok, Instagram dan lain-lain telah mengembangkan fitur mirip Clubhouse.

Telegram sudah menghadirkan Voice Chat 2.0, sementara Twitter belum lama ini memperkenalkan Spaces beta untuk pengguna Android.

Terbaru, Facebook mengembangkan layanan serupa Clubhouse untuk dihadirkan di platformnya.

Mengutip laman Gizchina, Rabu (24/3/2021), menurut laporan seorang pengembang Alessandro Paluzzi melalui akun Twitternya, Facebook tengah aktif mengembangkan fitur mirip Clubhouse ini.

Tidak hanya itu, sebelumnya pula terungkap Facebook mengembangkan fitur audio chat ini untuk Instagram.

Bagi Facebook, layanan mirip Clubhouse ini tidak hanya berbentuk ruang audio tetapi Facebook juga akan menambah ruang video untuk fitur tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bocoran Layanan Audio Video Rooms Facebook

Dalam screenshot halaman Home Facebook yang dibagikan oleh Alessandro Paluzzi melalui Twitter, fitur tersebut ada di bawah bilah status dengan nama Video and Audio Rooms.

"Facebook tengah mengembangkan dukungan untuk ruang video dan audio. Artinya pengguna tidak perlu berpindah ke Messenger untuk bisa bergabung dalam ruang obrolan ini," tulis Alessandro Paluzzi dengan akun @alex193a.

Di bawahnya akan ada tulisan Create Video lengkap dengan tombol + di dalam logo video.

Kendati demikian, ruang audio Facebook tampaknya tidak hanya bersifat privat seperti Clubhouse. Facebook akan menyuguhkan opsi ruang audio publik. Ketika memakai fitur ini, pengguna lain tidak perlu mendapatkan undangan untuk bisa bergabung.

Ruang audio publik akan tersedia untuk seluruh pengguna Facebook. Sementara untuk mode privat, artinya ruang audio ini hanya akan tersedia pada teman-teman Facebook si pengguna.

 

3 dari 3 halaman

Tak Ada Mode Publik di Video Audio Rooms

Kendati demikian, ruang video audio tidak akan memiliki mode publik. Ruang audio video ini hanya tersedia dalam mode privat alias hanya teman yang bisa mengikuti.

Sejuh ini tidak ada informasi mengenai kapan fitur video dan audio rooms Facebook ini bakal hadir.

Sebelumnya, peneliti aplikasi Alessandro Paluzzi membagikan fitur mirip Clubhouse di Instagram, kini ia mengkonfirmasi isu Facebook juga mengembangkan layanan mirip Clubhouse.

Hasil tangkapan layar ini memperlihatkan bocoran fitur baru Facebook yang sekarang tengah dalam pengembangan tahap awal.

"Facebook tengah mengembangkan audio rooms. Fitur ini tampaknya masih dalam tahap awal pengembangan, antarmuka ini masih dalam bentuk contoh," cuit Paluzzi di akun Twitter @alex193a.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini