Sukses

Facebook dan Telegram Ikutan Bikin Layanan Mirip Clubhouse

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi audio chat Clubhouse kini tengah naik daun di kalangan pengguna iPhone dalam beberapa bulan terakhir. Tidak heran, banyak perusahaan teknologi mulai menggarap produk serupa.

Twitter misalnya, sudah memperkenalkan fitur bernama Spaces. Seperti Clubhouse, fitur ini memungkinkan pengguna membuat ruang obrolan suara, mengajak orang lain jadi pembicara, dan pengguna-pengguna lainnya bisa ikut mendengarkan diskusi.

Facebook juga kabarnya mengembangkan layanan mirip Clubhouse. Instagram juga dikabarkan akan merilis fitur baru yakni live audio rooms. Begitu juga dengan ByteDance, induk Xiaomi, yang kabarnya meracik layanan serupa.

Aplikasi chatting Telegram menghadirkan update beta, membawa fitur yang menawarkan kemampuan seperti Clubhouse.

Dikutip dari XDA Developer, Rabu (17/3/2021), peneliti aplikasi Alessandro Paluzzi yang belum lama ini membagikan fitur mirip Clubhouse di Instagram, kini mengkonfirmasi isu Facebook juga mengembangkan layanan mirip Clubhouse.

Hasil tangkapan layar ini memperlihatkan bocoran fitur baru Facebook yang sekarang tengah dalam pengembangan tahap awal.

2 dari 3 halaman

Antarmuka Fitur Mirip Clubhouse di Facebook

"Facebook tengah mengembangkan audio rooms. Fitur ini tampaknya masih dalam tahap awal pengembangan, antarmuka ini masih dalam bentuk contoh," cuit Paluzzi di akun Twitter @alex193a.

Contoh antarmuka fitur Facebook mirip Clubhouse tersebut memperlihatkan fitur yang akan datang memungkinkan pengguna membuat ruang audio bersama pengguna Facebook lainnya.

Seperti Clubhouse, fitur Facebook ini juga akan memungkinkan pengguna mengundang pendengar dengan membagikan tautan rooms, mengirim Messenger, menulis unggahan tentang Facebook, atau membagikannya ke grup.

3 dari 3 halaman

Telegram Bakal Rilis Layanan Audio Chat untuk Grup

Telegram juga mengerjakan alternatif Clubhouse lainnya yang telah diluncurkan ke pengguna dalam pembaruan beta terbaru.

TestingCatalog baru-baru ini melihat fitur tersebut dan membagikan tangkapan layar.

Dalam tangkapan layar tersebut, terlihat fitur mirip Clubhouse bernama Voice Chat. Fitur ini bisa ditemukan di halaman grup dengan menekan titik tiga dan memilih Start Voice Chat.

Di sini, pengguna bisa memulai Voice Chat sebagai profil personal atau pun sebagai profil channel.

Segera setelah membuat ruang obrolan, tampilan ruang obrolan akan terlihat melayang transparan di atas chat.

Fitur ini juga mengizinkan pengguna merekam suara dan membagikannya ke channel sebagai file audio.

Fitur mirip Clubhouse di Telegram (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Disebutkan, fitur ini telah tersedia di Telegram beta versi 7.6. Namun, Tekno Liputan6.com sudah bisa menjajal fitur ini untuk percakapan audio grup. Perlu dicatat, dalam percobaan kami, ruang obrolan Telegram hanya bisa dibuat oleh admin atau pemilik grup.

(Tin/Ysl)