Sukses

Tips Maksimalkan Smartphone untuk Dongkrak Produktivitas saat WFH

Liputan6.com, Jakarta - Menggabungkan sejumlah teknologi ke dalam satu perangkat--telepon, perpesanan, navigasi, pemutar musik, jam alarm, dan lainnya--smartphone dapat melakukan hampir semua hal yang kamu butuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, banyak dari kita menghabiskan waktu di smartphone tidak untuk menyelesaikan pekerjaan. Padahal, smartphone benar-benar dapat membuat kamu lebih produktif.

Bahkan saat Work from home (WFH) pun kamu tak harus menggunakan desktop atau laptop. Kamu juga bisa mendongkrak kinerja dan produktivitas kerja hanya dengan menggunakan smartphone.

Untuk meningkatkan produktivitas saat WFH dengan smartphone, berikut beberapa tips jitu dari Hippo.

Cari Segala Hal di Smartphone

Kamu mungkin membuang banyak waktu saat ingin mencoba menemukan berbagai hal di smartphone, mulai dari aplikasi, kontak hingga kalender.

Alat pencarian bawaan (usap layar dari bawah ke atas) untuk menemukan segala macam hal lebih cepat. Hal yang sama berlaku untuk kontak, pesan email, pesan teks, aplikasi, dan situs web.

Jika menggunakan iPhone, fitur pencariannya bahkan lebih canggih ketimbang Android, di mana dapat melakukan penghitungan sederhana tanpa harus membuka kalkulator.

2 dari 4 halaman

Perintahkan Smarphone untuk Membacakan Semua Hal

Kamu bisa meminta smartphone untuk membacakan semua hal untuk kamu.

Fitur yang hampir seluruhnya tidak dikenal di iPhone ini dapat membaca apa pun dengan lantang: email, pesan teks, halaman web, layar aplikasi, dan bahkan Kindle books.

Anda hanya perlu mengaktifkan fitur ini lewat Settings > General> Accessibility > Speech > aktifkan Speak Screen.

Agar smartphone bisa membacakan apa pun dengan lantang, swab ke bawah dengan dua jari dari bagian atas layar.

 

3 dari 4 halaman

Hapus Aplikasi Media Sosial

Mengutip laman Businsess Insider, sebuah survei terbaru menemukan rata-rata pengguna internet menghabiskan dua jam dan 22 menit di media sosial dan platform perpesanan.

Dari riset tersebut bisa dibilang bahwa aplikasi itu akan membuang waktu berharga kamu saat WFH.

Solusinya adalah hapus aplikasi media sosial dari smartphone, sehingga kamu hanya mengandalkan komputer untuk mengaksesnya.

Bayangkan, kamu bisa melakukan hal yang jauh lebih produktif dari dua jam yang terbuang karena media sosial.

4 dari 4 halaman

Selalu Aktifkan Smartphone

Agar terus dapat berkoordinasi dengan tim, sebaiknya selalu aktifkan smartphone. Pasalnya, koordinasi antar tim akan diuji saat WFH.

Jika komunikasi terputus, tentu pekerjaan bisa berantakan. Maka dari itu, powerbank menjadi peran yang sangat penting ketika bekerja dari rumah. Dengan menggunakan powerbank, kamu dapat bekerja di mana saja kamu mau dari setiap sudut rumah.

Hippo sendiri baru saja memperkenalkan powerbank Prime dari HIPPO Elite. Powerbank ini diklaim bisa melakukan pengisian daya smartphone dengan lebih cepat dan efektif karena mendukung Quick Charge 3.0 dan Power Delivery 18W.

Hippo Elite Prime. Dok: hippo.id

Powerbank ini bahkan memiliki desain tipis dan terlihat mewah, namun tetap tidak menghilangkan kesan elegan.