Sukses

Merasa Tampilan Aplikasi WhatsApp di Android dan iOS Berubah? Ini Penjelasannya

WhatsApp resmi meluncurkan desain aplikasi baru yang lebih segar dan modern untuk pengguna Android maupun iOS.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp resmi mengumumkan perubahan desain pada aplikasinya untuk platform Android dan iOS. Bagi sejumlah pengguna, perubahan ini telah dirasakan dalam beberapa minggu terakhir.

Menurut WhatsApp, perubahan desain ini dilakukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, terutama dalam hal navigasi. Namun tidak hanya itu, perubahan ini juga membuat tampilan aplikasi chatting tersebut terlihat lebih segar dari sebelumnya.

"Filosofi desain kami selaras dengan prinsip inti produk kami: WhatsApp harus sederhana, andal, dan menjunjung tinggi privasi," tulis VP Head of WhatsApp Design Idit Yaniv seperti dikutip dari blog perusahaan, Jumat (10/5/2024).

Oleh sebab itu, menurut Idit, perubahan yang dihadirkan kali ini benar-benar memerhatikan cara pengguna ketika memakai ponsel tersebut, sekaligus tetap memastikan aplikasi WhatsApp tetap mudah dinavigasi dan intuitif.

Salah satu perubahan yang terlihat adalah warna aplikasi WhatsApp sekarang terlihat lebih muda dari sebelumnya. Disebutkan, warna hijau yang digunakan kini memang lebih fresh dan sesuai dengan identitas mereka.

<p>Perubahan tampilan aplikasi WhatsApp di platform Android dan iOS. (Dok: WhatsApp)</p>

Selain itu, pengguna juga akan lebih banyak melihat warna netral di aplikasi tersebut, sehingga tampilannya terasa lebih bersih. WhatsApp memang menyebut kini mereka lebih selektif dalam peletakan dan penggunaan warna hijau yang memang identik dengan aplikasi tersebut.

Update WhatsApp lainnya juga dihadirkan untuk ikon yang ditampilkan di aplikasi. Kini, ikon dalam aplikasi terlihat lebih membulat, dengan adanya beberapa ilustrasi serta animasi tambahan.

"Kami juga menyegarkan latar belakang orisinal bawaan di kolom chat. Kami mengetahui banyak pengguna memakai doodle (latar belakang bawaan), tapi ada kesempatan untuk membuatnya lebih unik dan lebih terkait dengan percakapan sehari-hari," tulis Idit menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perubahan Navigasi WhatsApp di Android dan iOS

Untuk pengguna Android, tombol navigasi kini juga makin mudah diakses, karena diletakkan di bagian bawah layar. Perubahan ini disebut menawarkan navigasi lebih alami yang sejalan dengan pengalaman di perangkat Android secara keseluruhan.

Sementara untuk pengguna iOS, WhatsApp menghadirkan tampilan opsi lampiran baru. Jadi, menu lampiran kini tidak mengambil keseluruhan layar, sehingga memungkinkan pengguna melihat keseluruhan fitur dengan lebih jelas ketika mengirimkan media atau dokumen, serta hal lainnya.

Penyempurnaan juga dilakukan pada mode gelap di WhatsApp. Menurut aplikasi chatting milik Meta tersebut, mode gelap kini menampilkan latar belakang yang lebih gelap, sehingga meningkatkan keterbacaan teks.

Perlu diingat, perubahan ini hadir secara bertahap dan akan diterima oleh semua pengguna WhatsApp. Meski mungkin belum semua pengguna bisa melihatnya, ada baiknya untuk memastikan kalau aplikasi telah mendapatkan update ke versi terkini.

3 dari 4 halaman

Akhirnya! Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Telepon Tanpa Simpan Kontak

Beberapa waktu lalu, lewat pembaruan terkini, WhatsApp juga meluncurkan fitur baru. Adapun fitur baru WhatsApp ini memungkinkan pengguna untuk menelepon nomor yang tidak tersimpan di daftar kontak.

Fitur baru WhatsApp ini hadir untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam berkominikasi, sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot menyimpan nomor kontak seseorang hanya untuk melakukan panggilan telepon.

Bagaimana caranya? Dilansir WABetaInfo, Minggu (27/4/2024), Meta akan menambahkan fitur dial (dialer) ke dalam aplikasi WhatsApp. Perubahan ini terlihat di aplikasi WhatsApp versi beta terbaru (v2.24.9.28).

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan oleh WABetaInfo, fitur dial di WhatsApp ini terlihat sederhana dengan keypad T9 di bagian bawah layar dan tombol panggil berwarna hijau di bawah keypad.

Saat ini, pengguna WhatsApp yang ingin melakukan nelepon harus sudah menyimpan nomor pengguna lain di daftar kontak. Dengan fitur WhatsApp ini, nomor yang tidak tersimpan di daftar kontak tetap dapat dihubungi.

Sebelumnya, WhatsApp sempat melakukan perubahan serupa dengan memungkinkan penggunanya mengirim pesan ke nomor yang tidak disimpan dalam daftar kontak.

Tampaknya, perubahan tersebut mendapatkan feedback positif sehingga perusahaan akhirnya memutuskan fitur tersebut saat pengguna ingin melakukan panggilan telepon. 

4 dari 4 halaman

WhatsApp untuk iOS Gulirkan Login Tanpa Password

Aplikasi WhatsApp bergabung dengan deretan aplikasi lain yang bisa login tanpa kata sandi. Kok bisa? Mengutip The Verge, Kamis (25/4/2024), WhatsApp menyebut, kini aplikasi versi iOS-nya mendukung Passkey.

Ketika fitur ini diaktifkan, pengguna WhatsApp bisa menggunakan biometrik iPhone untuk login, baik itu melalui FaceID atau Touch ID, atau kode sandi telepon mereka.

WhatsApp telah mendukung pembukaan kunci aplikasinya di iOS dengan salah satu opsi ini, namun pengaktifan Passkey membawa kemudahan keamanan ke tingkat lanjut.

Dukungan passkey ini hadir ke aplikasi WhatsApp versi iPhone beberapa bulan setelah Meta menggulirkan kemampuan serupa ke WhatsApp Android, Oktober lalu.

Juru bicara WhatsApp Zade Alsawah mengatakan, "Pengguna WhatsApp iOS akan melihat opsi keamanan dengan fitur Passkey pada aplikasi dalam beberapa minggu mendatang. Jika Anda belum melihatnya sekarang, teruslah memeriksanya."

Passkey sendiri ditujukan untuk menjadi fitur keamanan yang lebih aman di masa depan. Passkey ini merupakan otentikasi keamanan yang menghilangkan kata sandi dan 2 Factor Authentication berbasis SMS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.