Sukses

Tak Perlu Gonta-Ganti Tiap Tahun, Ini Tips Jaga Kondisi HP Tetap Prima

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui tips-tips agar smartphone milikmu memiliki masa pakai yang panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat modern saat ini tidak dimungkiri kerap mengganti smartphone mereka setiap dua tahun sekali. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor. 

Salah satunya adalah beberapa vendor smartphone hanya memberikan jaminan update software hingga dua tahun saja. 

Untuk itu, apabila ingin merasakan pengalaman memakai smartphone terkini, pengguna mau tidak mau perlu mengganti smartphone lama mereka dengan yang baru tiap dua tahun. 

Kendati demikian, beberapa pabrikan HP kini telah memberikan jaminan update software yang lebih panjang.

Update itu pun akan memberikan pengalaman pengguna yang terus diperbarui, sehingga mereka tidak perlu sering-sering mengganti smartphone.

Hanya tidak dimungkiri, masih ada konsumen yang tetap mengganti HP mereka sekali dalam dua tahun. Padahal, kebiasaan tersebut menyebabkan sampah elektronik kian menumpuk.

Dikutip dari Engadget, Kamis (21/3/2024), menumpuknya sampah elektronik dapat menyebabkan sejumlah kerusakan lingkungan, bahkan menciptakan polusi.

Nah, agar smartphone kamu bisa memiliki masa pakai yang lebih aman, berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan smartphone milikmu. 

Gunakan Casing HP

Berikan proteksi pada smartphone yang kamu pakai. Penggunaan casing di HP dapat memberikan perlindungan terhadap sejumlah benturan.

Selain memberikan perlindungan terhadap benturan, casing smartphone juga melindungi HP dari sejumlah goresan. 

Dengan menjaga kondisi fisik smartphone, kamu tidak perlu mengganti HP karena kondisi HP masih terlihat mulus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menjaga Kesehatan Baterai Smartphone

Karena masa pakai baterai ponsel akan berkurang seiring berjalannya waktu, ada baiknya kamu mengikuti rekomendasi ini untuk memperpanjang masa pakai baterai HP.

Baterai lithium-ion cenderung sensitif terhadap suhu. Maka dari itu, jaga smartphone kamu dari suhu panas berlebih.

Selain menjaga smartphone dari suhu panas, pengguna juga diwajibkan menjaga HP dari suhu dingin yang ekstrem.

Suhu dingin yang tidak wajar dapat mempengaruhi performa baterai smartphone. Untuk menjaga kesehatan baterai HP, pakai smartphone di suhu ruang yang wajar.

Jika kamu ingin menyimpan HP kamu dalam jangka waktu lama, pastikan baterai dalam kondisi setengah terisi.

3 dari 3 halaman

Hapus File yang Menumpuk di Smartphone

Salah satu cara agar HP kamu tetap kencang adalah menghapus file yang tidak dibutuhkan.

Perlu diketahui, memiliki ruang penyimpanan yang lapang akan menjadikan performa smartphone lebih cepat. Jadi, kamu tidak perlu mengganti HP kamu saat ini.

Beberapa vendor smartphone memberikan saran menghapus file-file yang telah lama tidak digunakan, seperti aplikasi yang lama tidak dipakai atau menghapus chat lama.

Selain itu, hapus foto dan video yang tersimpan di smartphone kamu. Jika tidak ingin menghapusnya, kamu bisa memakai penyimpanan cloud.

Penyimpanan cloud akan menyimpan file secara online. Karenanya, kamu perlu terkoneksi dengan internet untuk mengakses file tersebut.

Jika tidak ingin menyimpan file secara cloud, kamu bisa menyimpan file yang menumpuk di penyimpanan eksternal, seperti microSD atau tipe penyimpanan lainnya.

Setelah menghapus dan memindahkan file yang menumpuk, restart HP untuk menghapus memori sementara yang masih tersimpan di smartphone.

Untuk informasi, limbah elektronik kian bertambah sepanjang tahun, dan hal tersebut dapat menyebabkan sejumlah kerusakan lingkungan.

Dengan menjaga kondisi HP dan tidak menggantinya setiap tahun, kamu telah berperan mengurangi limbah elektronik dan menjaga Bumi dari sampah yang terus menumpuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini