Sukses

Langkah Gojek Lindungi Mitra di Tengah Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Gojek terus melakukan berbagai inisiatif guna melindungi para mitranya di tengah pandemi Covid-19.

Hans Patuwo selaku Chief Operations Officer Gojek menyebut mitra Gojek berperan penting di tengah pandemi ini untuk memastikan masyarakat dapat menjalani aktivtas sehari-sehari seperti biasanya. 

"Dengan tetap mengedepankan aspek keamanan, mitra driver Gojek menjadi garda terdepan untuk menghadirkan layanan pengiriman makanan, transportasi dan layanan lainnya bagi masyarakat Indonesia," ujar Hans dalam keterangannya kepada Tekno Liputan6.com. 

Berikut ini rangkuman langkah-langkah yang Gojek tempuh guna melindungi mitra mereka.

1. Berbagai inisiatif komprehensif untuk menjaga kesehatan mitra driver

Gojek menyadari mitra driver menjadi andalan saat masyarakat dihimbau untuk tetap berada #dirumahaja guna mencegah memutus penularan COVID-19. Untuk itu Gojek melakukan berbagai macam upaya untuk menjaga kesehatan mitranya seperti:

  • Penyediaan Masker, Hand Sanitizer, Vitamin dan Desinfektan untuk mitra
  • Kartu Penanda Suhu Tubuh di Merchant GoFood untuk membantu driver mengetahui suhu tubuh dari waktu ke waktu
  • Fitur Contactless Delivery untuk Perlindungan Mitra Driver untuk mengurangi kontak fisik langsung pada layanan Gofood dan Gosend
2 dari 3 halaman

2. Sosialisasi materi edukasi pedoman kesehatan secara intensif kepada mitra driver untuk melindungi resiko penularan virus

Adapun sosialisasi ini meliputi:

  • Edukasi Pedoman Menjaga Kesehatan bagi mitra driver
  • SOP (Standard Operating Procedure) untuk Kesehatan Driver dan Konsumen 

Gojek memberlakukan beberapa prosedur baru bagi konsumen selama mereka bepergian dengan GoRide dan GoCar untuk melindungi mitra driver. Ini termasuk:

  1.  Imbauan untuk konsumen membawa helm sendiri jika memungkinkan, jika tidak bisa, konsumen menggunakan hand sanitizer sebelum dan setelah menyentuh helm dari mitra driver
  2.  Konsumen menggunakan hand sanitizer sebelum dan setelah menyentuh pintu mobil
  3.  Konsumen wajib menggunakan masker jika konsumen sedang tidak enak badan
  4.  Konsumen dilarang membuang tisu atau masker di dalam mobil GoCar
  5.  Konsumen diimbau membayar secara non-tunai untuk mengurangi kontak fisik

 

3 dari 3 halaman

3. Langkah Gojek untuk mendukung stabilitas finansial mitra dalam melewati masa pandemik ini

Selain itu, dalam satu pekan terakhir atau setelah pemerintah mengumumkan COVID-19 sebagai Bencana Nasional Non-Alam pada pertengahan bulan ini, Gojek juga melakukan berbagai upaya untuk memberikan dukungan kepada mitranya untuk menjaga stabilitas finansial mereka di masa sulit ini seperti berikut ini:

  • Bantuan Pendapatan untuk Driver

Gojek meluncurkan skema Program Bantuan Pendapatan kepada mitra driver roda dua dan roda empat yang tidak dapat bekerja karena harus mendapatkan perawatan akibat positif terpapar COVID-19. 

  • Ajakan kepada Konsumen untuk Berikan Tip Lebih untuk Mitra Driver 

Melalui kampanye #KasihLebihan, Gojek memberikan keleluasaan lebih kepada pengguna layanan kami untuk memberikan tip kepada para mitra driver dengan nominal hingga seratus ribu rupiah.

  • Berbagai inisiatif lain akan diluncurkan dalam waktu dekat

Di luar langkah-langkah tersebut di atas, saat ini Gojek sedang berupaya merancang beberapa inisiatif lainnya untuk dapat terus membantu mitra driver menjaga stabilitas finansial mereka. 

"Lewat dukungan berbagai pihak, kami percaya #PastiAdaJalan untuk kita melewati masa penuh tantangan ini dengan baik," tutup Hans. 

 

Galaxy A51, Si Smartphone Kamera 48MP Harga di Bawah 4,5 Jutaan
Loading
Artikel Selanjutnya
Google Rilis Situs Web Khusus Covid-19
Artikel Selanjutnya
Bocoran Huawei P40 Kembali Beredar