Sukses

Velop, Sistem Jaringan Wi-Fi Berteknologi Tri-Band dari Linksys

Perangkat ini diklaim dapat dipasang di berbagai konfigurasi jaringan untuk menyediakan Wi-Fi cepat dan andal hingga ke ujung jaringan rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Penyedia router kenamaan, Linksys, baru saja memperkenalkan sistem Wi-Fi dengan modular Tri-Band bernama Velop.

Perangkat ini diklaim dapat dipasang di berbagai konfigurasi jaringan untuk menyediakan Wi-Fi cepat dan andal hingga ke ujung jaringan rumah.

Setiap node (perangkat yang terhubung di dalam jaringan) pada Velop adalah perangkat Tri-Band AC2200 yang berfungsi sebagai router, range extender, access point, dan bridge.

Velop menggunakan tiga radio secara dinamis untuk menentukan jalur optimal dari modem dan node "induk" ke setiap node "anak" guna memastikan kecepatan paling tinggi ke semua perangkat pengguna, terlepas dari node mana yang terhubung dengannya.

"Jika kamu membayar 100 Mbps dari penyedia layanan internet, kamu tentunya ingin mendapatkan seluruh kecepatan itu di setiap sudut rumah", kata Justin Doucette, Direktur Senior Manajemen Linksys dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/4/2018) di Jakarta.

Justin memaparkan Velop dapat beroperasi di sejumlah topologi mesh yang berbeda dan memanfaatkan ketiga radio untuk komunikasi antar-node dan pengguna.

"Velop juga dapat menggunakan koneksi Ethernet untuk komunikasi antar-node yang memungkinkan ketiga radio tersebut berkomunikasi dengan pengguna dan mendorong Wi-Fi mencapai lokasi yang jauh, seperti ruang bawah tanah atau garasi," ujarnya menambahkan.

Penyatuan teknologi Tri-Band yang dinamis dan konfigurasi mesh yang benar, lanjut Justin, menjadikan Velop sebagai satu-satunya sistem modular Wi-Fi seluruh rumah untuk memberikan kecepatan 100 persen hingga ke ujung jaringan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Setup Mudah

Di sisi lain, perangkat ini diklaim mudah untuk di-setting. Pengguna bisa men-setup Velop menggunakan aplikasi Linksys Smart Wi-Fi (tersedia untuk iOS dan Android) via koneksi Bluetooth.

Aplikasi tersebut menyajikan visual animasi dan petunjuk yang mudah dipahami sehingga proses setup bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Setelah setup selesai, pengguna akan diarahkan ke dasbor utama aplikasi, di mana mereka dapat mengkonfirmasi koneksi ke internet dan melihat berapa banyak perangkat yang terhubung ke Velop.

Dasbor juga menyediakan akses cepat ke nama dan kata sandi Wi-Fi, akses tamu, parenting control, dan prioritas perangkat yang memungkinkan pengguna memblokir penggunaan X-box--misalnya--atau memprioritaskan Smart TV untuk menonton film.

Kecanggihan teknologi yang dibenamkannya membuat Velop menerima penghargaan CES Innovation Award Honoree 2017, dan salah satu dari sebelas finalis CES Last Gadget Standing 2017.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.