Sukses

Harga Lebih Murah, Benchmark Oppo A83 Lampaui F5 Youth

Liputan6.com, Jakarta - Hasil benchmark Oppo A83 dan F5 Youth cukup menarik. Pasalnya, F5 Youth memiliki spesifikasi lebih tinggi daripada A83, begitu pula dengan harga jualnya.

Berdasarkan hasil uji benchmark yang dilakukan PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, A83 mendapatkan skor 80.205, sedangkan F5 Youth mencetak 66.991. Ia melakukan pengujian dengan menggunakan aplikasi benchmark, AnTuTu.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, memperlihatkan hasil benchmark A83 (kanan) dan F5 Youth (kiri).

Menurut Aryo, kemungkinan skor A83 lebih tinggi karena faktor resolusi layar.

"Perbedaan ini wajar, sebab ukuran dan resolusi layar A83 lebih rendah ketimbang F5 Youth, jadi hasilnya lebih tinggi," kata Aryo dalam sesi Media Experience Oppo A83 di kawasan Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Oppo membekali A83 dengan layar berukuran 5,7 inci dan resolusi 720 x 1.440 piksel. Oppo F5 Youth sendiri memiliki layar 6 inci dengan resolusi 1.080 x 2.160 piksel.

Dari segi spesifikasi lain, keduanya memiliki sejumlah persamaan yaitu prosesor octa-core 2,5GHz Helio P23, RAM 3GB dan memori internal 32GB.

Spesifikasi kamera depannya pun sama yaitu 13MP dengan aperture f/2,2. Namun, keduanya memiliki sejumlah perbedaan di luar layar, termasuk kamera belakang dan baterai.

Harga jualnya sendiri cukup jauh berbeda. Oppo A83 dibanderol Rp 2.999.000, sedangkan F5 Youth Rp 3.599.000.

1 dari 2 halaman

Oppo A83 Tak Akan Matikan Pasar F5 Youth

Hasil benchmark A83 boleh jadi lebih tinggi daripada F5 Youth, tapi Aryo optimistis keduanya tidak akan saling merugikan target pasar masing-masing. Oppo A83 sendiri menargetkan konsumen lebih muda yaitu dari rentang usia 17-25 tahun.

"Ini (Oppo A83) tidak gerus pasar F5 Youth karena beberapa orang yang mau harga lebih terjangkau dengan fitur kurang lebih sama tanpa layar lebar, mereka bisa mempertimbangkan ini (A83). Namun, yang ingin layar lebih besar bisa pilih F5 Youth," ungkap Aryo.

Selain itu, kata Aryo, seri A dan F memiliki perbedaan segmen. Seri A berada di segmen menengah, sedangkan F untuk menengah ke atas. Oleh karena itu, spesifikasi smartphone Oppo seri F juga jauh lebih unggul.

Perbedaan utama kedua seri ini biasanya terlihat dari spesifikasi kamera.

"F series lebih kuat di kamera depan, A series mungkin sama, tapi tidak selalu seperti F series. F series biasanya pakai sensor kamera yang lebih bagus dan pengembangannya lebih mature, jadi bisa dikatakan sensor F series lebih oke dan megapikselnya lebih tinggi," jelas Aryo.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Oppo Bakal Bikin Kualitas Kamera Selfie Makin Kece
Artikel Selanjutnya
Oppo: Banting Harga Bikin Konsumen Pertanyakan Kualitas