Sukses

Wakil Presiden Ma’ruf Amin Akan Jadi Khatib Akad Nikah Kaesang Pangarep, 2 Menteri Sebagai Saksi

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan terkini dari pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menyebut, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, dipercaya menjadi khatib atau pemberi khotbah akad nikah di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Sementara itu, dua menteri dimintai bantuan sebagai saksi nikah. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, jadi saksi mewakili pihak keluarga Presiden Jokowi.

Menteri Sekretaris Negara RI, Pratikno bakal menjadi saksi dari pihak keluarga Erina Gudono. Kabar ini dikonfirmasi Kaesang Pangarep kepada para jurnalis pekan ini disela persiapan akad nikah.

“Khatib (pembaca khotbah nikah)-nya Pak Wapres,” kata Kaesang Pangarep, seperti dikabarkan Lifestyle Liputan6.com, Rabu (7/12/2022). Setelahnya, ia menjelaskan sejumlah prosesi sebelum akad.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bleketepe

Bintang film Cek Toko Sebelah membocorkan pada Kamis (8/12/2022) akan ada semaan kitab suci Al-Qur’an dan pemasangan bleketepe berikut tuwuhan. Keesokan harinya, Erina Gudono menjalani prosesi Midodareni.

Berkaca pada tradisi masyarakat Jawa, bleketepe dipasang di halaman depan rumah sebagai simbol doa sekaligus harapan dari yang punya hajat. Bleketepe dan tuwuhan menandai awal dari seluruh prosesi pernikahan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tuwuhan

Sejumlah tanaman dan buah yang dipasang sebagai tuwuhan di depan rumah keluarga mempelai antara lain tebu wulung, padi, daun beringin, kepala cengkir, dan pisang raja. Masing-masing punya makna mendalam.

Daun beringin misalnya, simbol keagungan, pengayoman, dan keteduhan. Wulung adalah jenis tebu termanis di kelasnya. Diharapkan, kedua mempelai dalam hal ini Kaesang pangarep dan Erina Gudono memiliki rumah tangga yang manis.

 

4 dari 4 halaman

Pendopo Puro Mangkunegaran

Diberitakan sebelumnya, Kaesang Pangarep mengunggah sejumlah foto bersama calon istri di lokasi syukuran pernikahan, di Puro Mangkunegaran Solo, yang didominasi warna kuning muda dan hijau.

Warna kuning dan hijau yang mendominasi pendopo adalah warna pari anom yang merupakan warna khas keluarga Mangkunegaran. Di bagian langit-langit pendopo terbentang Batik Kumudowati,” beri tahunya, Rabu (7/12/2022).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS