Sukses

Kim Dong Hee Minta Maaf soal Skandal Perundungan yang Membelitnya

Kim Dong Hee menjelaskan insiden yang terjadi, saat ia duduk di bangku SD.

Liputan6.com, Jakarta Tahun lalu, ada banyak seleb Korea Selatan yang terbelit skandal perundungan alias bullying, salah satunya adalah aktor Kim Dong Hee. Februari 2021, seorang warganet menulis tuduhan di internet yang bertajuk "Aktor Kim Dong Hee yang lahir tahun 1999 adalah pelaku kekerasan di sekolah."

"Aku benci sekali melihatnya bangga dengan kariernya sebagai selebritas dan menerima cinta dari orang-orang, sementara dalam kesehariannya terlibat saat memukul dan merisak orang," kata sang penuduh, diwartakan Soompi, Kamis (13/1/2022).

Warganet lain mengatakan Kim Dong Hee merokok di kelas, hingga menampar wajah siswa disabilitas saat melakukan permainan yang membuat temannya ini kalah.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Saat SD

Kini, akhirnya bintang Extracurricular dan Itaewon Class tersebut angkat suara atas skandal perisakan yang membelitnya.

"Aku ingin menyampaikan posisiku terkait laporan ini kemarin. Saat aku duduk di bangku lima sekolah dasar, aku terlibat pertengkaran dengan teman sekelasku di kelas, dan akhirnya menjadi perkelahian. Setelahnya, aku dihukum guru," tuturnya.

 

3 dari 5 halaman

Dikira Sudah Dimaafkan

Ia melanjutkan, bahwa ibunya marah besar setelah mendengar kabar ini dan membawa Kim Dong Hee ke rumah temannya ini untuk minta maaf.

"Setelahnya, kami tak hanya les sama-sama, tapi juga makan malam bersama dengan dia dan keluarganya. Kami menghabiskan waktu bersama tanpa masalah, jadi kukira dia sudah memaafkanku," kata Kim Dong Hae.

Ia meneruskan, "Aku enggak tahu bahwa ternyata hanya aku yang berpikir seperti ini. Aku tak sadar mereka masih merasa terluka."

4 dari 5 halaman

Kenapa Lama?

Saat skandal ini merebak, Kim Dong Hee menyebut sebenarnya ingin meminta maaf kepada temannya ini, tapi tak kunjung dilakukan.

Ia beralasan, "...Aku enggak mengumpulkan keberanian, karena aku takut bahwa semua yang tidak kulakukan akan diterima sebagai kebenaran dan menimbulkan ksalahpahaman baru. Aku ingin meluruskan yang tak benar, tapi sudah lewat satu tahun."

Kim Dong Hee menutup pernyataannya dengan minta maaf atas perbuatannya di masa kecil dulu. "Secara tulus aku minta maaf atas luka yang kutimbulkan, dan aku ingin kita bisa menyelesaikannya. Aku juga ingin minta maaf kepada mereka yang terluka karena sikap dan kata-kataku yang tak dewasa saat masih muda."

5 dari 5 halaman

Pernyataan Kuasa Hukum

Di sisi lain, pada akhir Desember lalu pengacara Kim Dong Hee menyatakan bahwa dari hasil investigasi, sang aktor tak bersalah dalam tuduhan ini.

Mereka juga menyatakan tuduhan perisakan terhadap siswa disabilitas tak benar.

"Ada masa di mana Kim Dong Hee bersikap memberontak karena lingkungan keluarganya yang kekurangan, tapi ia tak pernah melakukan sesuatu yang bisa dianggap kontroversial secara sosial," kata pengacaranya kala itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.