Sukses

6 Cerita Kebaikan Hati IU, Rutin Donasi Miliaran Rupiah hingga Santai Walau Dianggap Mirip Pelawak

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang bisa meremehkan sepak terjang IU di dunia hiburan Korea Selatan?

Sebagai penyanyi, ia telah menelurkan banyak karya yang meroket, mulai dari "Blueming", "Bbibbi", "Celebrity", "eight," dan masih banyak lagi. Wanita bernama asli Lee Ji Eun ini bahkan dijuluki sebagai salah satu "digital monster," karena nyaris setiap lagu yang ia rilis selalu meledak di platform streaming Korea.

Di bidang seni peran ia juga memiliki daftar proyek yang sukses bukan main. Ada Hotel Del Luna, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, Dream High, dan banyak lagi.

Tapi IU dikenal bukan hanya karena pencapaiannya di bidang hiburan. Namun juga karena kebaikan hatinya. Apa saja?

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Rajin Donasi

Setiap tahun, ada saja berita tentang donasi yang diberikan IU untuk masyarakat kurang mampu. Pada Desember 2021, misalnya. Ia menyumbang 200 juta won, atau sekitar Rp 2,4 miliar. Diwartakan Soompi, setengah donasi ini diberikan kepada penderita kanker, dan sisanya untuk anak-anak dari keluarga berpendapatan rendah.

Pada tahun yang sama, ia juga sudah merogoh kocek 500 juta won saat ultah pada bulan Mei untuk amal. Bulan September 2021, ia juga bekerja sama dengan sejumlah brand, dan berhasil mengumpulkan 850 juta won untuk kegiatan filantropi. 

3 dari 7 halaman

2. Cincin Kembar dengan Fans

Dalam peringatan debutnya yang ke-10 pada 2018 lalu, IU memberi hadiah cincin untuk para penggemarnya, Uaena. Cincin ini spesial, karena memiliki desain ukiran pola gelombang suara yang menandakan kalimat "Violets, aku selalu di sisimu." Dilansir dari Koreaboo, Violets adalah julukan yang diberikan IU untuk penggemarnya.

Eits, ceritanya belum selesai sampai di sini. Sejak saat itu, IU sering terlihat mengenakan cincin ini. Mulai dari di konser, bandara, pemotretan sampul album, acara resmi, dan lainnya.

 

4 dari 7 halaman

3. Syarat Perpanjangan Kontrak

Sudah jadi rahasia umum, bahwa IU sangat dekat dengan para stafnya. Bahkan salah satu kabar yang beredar, saat ia melakukan perpanjangan kontrak dengan Kakao M pada 2018, yang ia nomorsatukan adalah para stafnya.

Bukannya meminta hak yang lebih besar untuk dirinya sendiri, sebagai syarat perpanjangan kontrak ia meminta agar gaji stafnya dinaikkan.

5 dari 7 halaman

4. Nyanyi di Pernikahan Penari Latar

Bukti lain bahwa IU begitu dekat dengan para stafnya, adalah ia kerap hadir dalam momen istimewa mereka, termasuk pernikahan. Tak cuma hadir sebagai tamu, ia ikut bernyanyi sebagai ucapan selamat untuk sang mempelai.

Salah satu video bahkan sempat viral, saat dua penari latar IU menikah. Ketika lagu "Good Day" didendangkan IU, kedua mempelai sontak ikut menarikan koreografi lagu ini.

6 dari 7 halaman

5. Dukung Sesama Musisi

Iklim industri hiburan Korea Selatan terkenal begitu kompetitif. Namun IU tetap mendukung musisi lain, bahkan ada kalanya ia membela mereka dari haters. Salah satunya terjadi saat seorang hater menyerang Yebin DIA, yang mengunggah video cover lagu "Between the Lips" milik IU di Instagram.

Seorang warganet melempar kata-kata jahat, bahwa Yebin tak pantas dapat perhatian IU, karena hal ini hanya diperuntukkan bagi artis terkenal. Yebin membalas komentar ini dengan menulis, "Enggak apa-apa karena aku suka kepadanya~"

Tak lama, IU membalas komentar Yebin dengan memberikan sebuah tanda jempol dan jantung ungu, tanda setuju.

 

7 dari 7 halaman

6. Dianggap Mirip Shin Bong Sun

IU kerap disebut-sebut mirip dengan komedian wanita Shin Bong Sun. Meski disandingkan dengan sosok pelawak yang memiliki paras berbeda dengan "pakem" kecantikan konvensional di negaranya, IU ternyata sama sekali tak marah.

Hal ini membuat Shin Bong Sun kagum kepadanya.

"IU sama sekali tak pernah menunjukkan bahwa dia terganggu atau tersinggung karena ini. Dia bahkan bilang, 'Unnie, fansku ingin memanggilki Bong Seonnie!" kata dia dalam sebuah acara radio, diwartakan SBS News.

IU juga memuji sang komedian yang membawakan lagunya di sebuah acara TV. "Tentu saja IU sangat berbakat di bidang musik, tapi dia juga punya kepribadian yang hebat," kata Shin Bong Sun.