Sukses

Miss Universe Malaysia 2017 Samantha Katie Jones Dikecam soal Nasihat untuk Masyarakat Kulit Hitam

Samantha Katie Jones mengimbau masyarakat kulit hitam untuk relaks.

Liputan6.com, Kuala Lumput - Miss Universe Malaysia 2017, Samantha Katie James, rupanya ingin ikut bersuara mengenai gerakan Black Lives Matter yang kembali menggelora di AS setelah terbunuhnya George Floyd. Hanya saja, komentar wanita 25 tahun tersebut malah menuai kecaman.

Hal ini berawal saat Samantha Kathie James membagikan pikirannya di Instagram Stories, Senin (1/6/2020).

Awalnya, Samantha Kathie James diduga mengomentari insiden huru-hara yang terjadi di beberapa tempat di AS.

"Aku tidak tinggal di Amerika, aku tak ada urusannya dengan ini, tapi untukku "orang kulit putih" menang". Karena kamu merespons dengan kemarahan dan penuh penderitaan. Artinya mereka memiliki kuasa atas kalian. MEREKA MEMILIKI KUASA ATAS KALIAN," tulisnya di awal unggahannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Disuruh Sabar

Di unggahan yang berbeda, Samantha "menasihati" masyarakat kulit hitam untuk bersabar.

"Untuk masyarakat kulit hitam, relaks, anggap ini tantangan yang membuatmu kuat. Kamu memilih lahir sebagai orang kulit 'berwarna' di Amerika karena sebuah alasan. Untuk mendapat pelajaran tertentu," tulisnya.

3 dari 5 halaman

Tanggung Jawabmu

"Terima apa adanya, sampai sekarang kelaparan dan kemiskinan masih ada. Begitulah adanya. Tak bisa dihindari," tuturnya.

"Hal terbaik yang bisa kau lakukan adalah tetap tenang, jangan biarkan itu hancur. Ini adalah tanggung jawabmu," kata dia lagi.

 

4 dari 5 halaman

Memancing Kemarahan

Unggahan Samantha lantas menuai kecaman di media sosial, termasuk di kolom komentar Instagram miliknya.

"Bayangkan menyuruh orang kulit hitam 'untuk relaks' kayak hal ini bukan sesuatu yang mereka alami selama BERTAHUN-TAHUN," tulis @_mavvvvv di unggahan terbaru Samantha.

Pemilik akun @anaskem menambahkan, "Tak ada orang yang MEMILIH untuk lahir dengan warna kulir tertentu. Masyarakat kulit hitam telah melancarkan PROTES selama bertahun-tahun tapi tetap saja dinilai atas ras mereka dan terbunuh karena privilese kulit putih membiarkannya. Mungkin sebaiknya kamu jangan berkomentar atas sesuatu yang kamu tak tahu."

 

5 dari 5 halaman

Kehilangan Endorsement

Terakhir, Samantha juga kehilangan job karena ucapannya ini. Dilansir dari Malay Mail, brand lipstik Velvet Vanity yang sebelumnya meng-endorse Samantha akhirnya memutuskan hubungan mereka.

"Sebagai sebuah merek, sejak awal perjalanan kami, kami sangat berdedikasi untuk melayani semua kalangan apa pun warna kulitnya, jadi bila kami mendukung kesalahannya (Samantha Kathie James), ini kontradiktif dengan brand kami," begitu pengumuman merek make up ini di Instagram resmi mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini