Sukses

Jadi Penyandang Tunanetra di The Gift, Reza Rahadian Tak Mau Terjebak Stereotip

Reza Rahadian melakukan riset tentang para penyandang tunanetra untuk film The Gift.

Liputan6.com, Jakarta Reza Rahadian mendapat satu tantangan baru saat bermain dalam film The Gift. Di sini, ia memerankan karakter Harun, seorang penyandang tunanetra.

Saat bertandang ke kantor Liputan6.com di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/5/2018), Reza Rahadian mengatakan sebenarnya peran seperti ini sudah banyak dimainkan aktor lainnya. Hanya saja, ia tak mau menonton terlalu banyak film yang mengangkat sebuah tokoh penyandang tunanetra sebagai referensi.

"Saya menolak untuk menonton terlalu banyak film referensi yang aktornya memerankan penyandang tunanetra, karena saya merasa ada yang terlalu stereotype. Pendekatannya hampir sama," tutur Reza Rahadian.

Karena itu, kata Reza, ia kemudian melakukan riset tentang para penyandang tunanetra, demi bisa menemukan pendekatan baru untuk memainkan karakter ini. Salah satu cara yang dilakukan Reza Rahadian, adalah dengan bertemu langsung dengan sejumlah penyandang tunanetra.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belajar dengan Teliti

Ia mengatakan bahwa dari pertemuan tersebut, ia mempelajari secara teliti gestur dari sang penyandang tunanetra. "Saya ingin mencari gimmick atau gerak tubuh kecil yang spesifik, berbeda dari yang mungkin pernah ada [di film]," kata dia.

 

3 dari 4 halaman

Gestur Kecil

Akhirnya saat bertemu dengan salah seorang penyandang tunanetra di kantor Dapur Film, studio yang membuat The Gift, Reza akhirnya menemukan gestur kecil tersebut.

"Saya perhatiin dari mulai dia masuk, cara tangannya bergerak, sorot mata dan gerakan bola matanya. Dan mereka kan juga sangat sensitif ya pendengarannya, jadi mereka bergerak dengan insting pendengaran yang sangat kuat," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Tayang 24 Mei

Film The Gift sendiri, mengisahkan tentang Tiana (Ayushita), seorang novelis muda yang berkenalan dengan Harun (Reza Rahadian), seorang tetangga kontrakannya. Harun, adalah seorang tunanetra yang menutup diri dari dunia luar dan memilih tenggelam dalam kesendiriannya.

Perkenalan awal yang semula kurang menyenangkan, berbuah kedekatan yang dalam. Namun tiba-tiba datang Arie (Dion Wiyoko), sahabat lama Tiana, yang memberikan satu kabar mengejutkan. Tak hanya itu, Arie juga datang untuk melamar Tiana.

The Gift, akan mulai ditayangkan di bioskop Tanah Air pada 24 Mei mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini