Sukses

Adira Finance Catat Pembiayaan Syariah Rp 4,3 Triliun, Tumbuh 42 Persen

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) atau Adira Finance mencatat pertumbuhan pembiayaan yang positif termasuk pembiayaan syariah pada semester I 2023.

Liputan6.com, Jakarta - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) atau Adira Finance mencatat pertumbuhan pembiayaan baru syariah pada semester I 2023.

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) atau Adira Finance membukukan pembiayaan baru syariah naik 42 persen y/y menjadi Rp 4,3 triliun. Pembiayaan itu mewakili 21 persen dari total pembiayaan baru Perusahaan. Demikian mengutip dari keterangan tertulis perseroan, Senin (14/8/2023).

Saat ini, Adira Finance memiliki produk pembiayaan AMANAH atau Adira Multi Dana Syariah yaitu fasilitas pembiayaan multiguna yang berlandaskan prinsip syariah.

Selain itu, bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah Umrah, Adira Finance memiliki produk pembiayaan syariah Umrah yang menggunakan akad murabahah (jual beli) melalui travel umrah lokal dan nasional dari mitra Adira Finance yang terpercaya.

Adapun perseroan mencatatkan pertumbuhan pembiayaan baru menjadi Rp 20,4 triliun pada semester I 2023. Dengan demikian, piutang pembiayaan yang dikelola Perusahaan (termasuk pembiayaan bersama) pada posisi Juni 2023 mencapai Rp 50,9 triliun, meningkat 24 persen y/y.

Presiden Direktur Adira Finance, Dewa Made Susila menuturkan,  pertumbuhan pembiayaan itu seiring dengan meningkatnya penjualan industri otomotif, dan melalui beragam inisiatif yang dilaksanakan oleh Perusahaan, serta kerja sama dan kolaborasi dengan Perusahaan induk Bank Danamon termasuk jaringan Bank MUFG.

Di sisi lain, seiring antusiasme masyarakat terhadap kendaraan listrik yang terus meningkat dan untuk mendukung pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, Adira Finance telah menyediakan pembiayaan kendaraan ramah lingkungan yakni sepeda motor listrik dan mobil listrik dari beberapa produsen beragam merek.

Hingga Juni 2023, pembiayaan kendaraan listrik telah meningkat signifikan dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Adira Finance Cetak Pertumbuhan Laba

Terkait jaringan usaha, per 30 Juni 2023, Adira Finance telah mengoperasikan 464 jaringan usaha di seluruh Indonesia dengan didukung sekitar 17 ribu karyawan, untuk melayani sekitar 1,9 juta konsumen.

Hingga semester I 2023, Adira Finance mencatat pertumbuhan laba bersih 24 persen y/y menjadi Rp 818 miliar. Pertumbuhan laba itu didorong meningkatnya total pendapatan 10 persen y/y menjadi Rp 4,5 triliun seiring dengan tumbuhnya kinerja pembiayaan Perusahaan.

Dengan demikian, Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) Perusahaan masing-masing menjadi 8,1 persen dan 16,6 persen.

Dari sisi pendanaan, Perusahaan terus melakukan diversifikasi sumber pendanaannya melalui dukungan berkelanjutan dari pembiayaan bersama dengan Perusahaan induknya, Bank Danamon, dan memperoleh pinjaman eksternal yang meliputi pinjaman bank dan obligasi.

Per posisi Juni 2023, pembiayaan bersama mewakili 46 persen dari piutang yang dikelola. Sementara itu, total pinjaman Perusahaan pada Juni 2023 tercatat meningkat 34,7 persen y/y menjadi Rp 14,9 triliun, terdiri dari pinjaman bank baik dalam negeri dan luar negeri dan obligasi, serta sukuk masing-masing memberikan kontribusi 70 persen:30 persen.

3 dari 3 halaman

Industri Otomotif

Dengan demikian, gearing ratio stabil yaitu sebesar 1,5 kali. Pada Juli 2023, Perusahaan telah menerbitkan obligsai Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) VI Tahap I dan sukuk mudharabah V tahap I 2023 senilai Rp 2 triliun dengan kelebihan permintaan 2,3 kali.

Sementara itu, industri otomotif sepanjang pertengahan 2023 menunjukkan pemulihan tercermin pada penjualan ritel sepeda motor baru yang tumbuh 25 persen menjadi 3 juta unit, dan penjualan ritel mobil baru meningkat 8 persen menjadi 503 ribu unit.

Meningkatnya penjualan industri otomotif didukung daya beli konsumen yang cukup baik dan tingginya antusiasme masyarakat dalam beragam perhelatan besar pameran otomotif yang digelar oleh pelaku industri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini