Sukses

Apa Kata Elon Musk hingga Bill Ackman Terkait Kejatuhan Bank di Amerika Serikat?

Selain CEO Tesla Elon Musk, miliarder dan CEO Pershing Sqauare Bill Ackman juga menanggapi mengenai krisis perbankan di Amerika Serikat termasuk Silicon Valley Bank.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Tesla, Elon Musk ikut buka suara terkait kejatuhan bank-bank besar AS beberapa waktu terakhir. Elon Musk ingin bank sentral AS, Federal Reserve (The Fed) mengatasi krisis perbankan regional AS, atau ekonomi terbesar dunia itu bisa mengalami guncangan terburuk dalam beberapa dekade.

Musk mengomentari unggahan Zero Hedge tentang peran penting yang dimainkan oleh bank kecil hingga menengah dalam sistem keuangan AS. Hal itu memang menjadi topik hangat setelah keruntuhan mendadak yang melanda Silicon Valley Bank (SVB).

Zero Hedge menilai, jika Fed tidak menahan keruntuhan bank regional, akan ada depresi besar lainnya. Penilaian itu merujuk pada krisis ekonomi yang berlangsung pada 1929–1939.

"Ini adalah risiko yang serius," jawab Elon Musk kepada Zero Hedge.

Ini bukan pertama kalinya Musk berbicara di platform media sosialnya sendiri tentang keruntuhan SVB. Pekan lalu, dia membandingkan kegagalan bank dengan kehancuran Wall Street tahun 1920-an, yang mendahului Depresi Hebat.

Komentar Bill Ackman

Selain Musk, miliarder lainnya yang sekaligus merupakan investor dan CEO Pershing Square, Bill Ackman memperingatkan dalam unggahannya lewat twitter, bahwa arus keluar deposito bank dapat dipercepat setelah Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan FDIC tidak mempertimbangkan untuk memperluas jaminan deposito bank melebihi batas saat ini sebesar USD 250.000.

Komentar Yellen sendiri menyebabkan penurunan saham bank regional di AS.

“Saya akan terkejut jika aliran keluar simpanan tidak segera efektif,” tulis Ackman dalam tweetnya.

Dalam tweet terpisah, Bill Ackman mengatakan bahwa dia khawatir pasar menuju kehancuran yang lain. Hal itu sekaligus mengukuhkan harapannya terhadap regulator agar menempuh kebijakan yang tepat.

“Semakin lama krisis perbankan ini dibiarkan berlanjut, semakin besar kerusakan bank-bank kecil dan kemampuan mereka untuk mengakses modal berbiaya rendah,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar dari Miliarder Lainnya

Ackman dengan lantang menyerukan tindakan pemerintah yang lebih kuat dan lebih ekspansif sejak kekhawatiran tentang bank dimulai awal bulan ini. Pendiri hedge fund itu menyerukan bailout pemerintah dari Silicon Valley Bank ketika depositonya mengalami penurunan pada awal Maret.

Pada 12 Maret, regulator AS mengumumkan bahwa mereka akan melindungi deposan di Silicon Valley Bank dan Signature Bank of New York, yang gagal beberapa hari setelah SVB secara penuh.

Tanggapan Mark Mobius

Sementara itu, investor sekaligus miliarder Mark Mobius menilai, gejolak perbankan yang diperburuk oleh kenaikan suku bunga dan mendevaluasi obligasi jangka panjang, menciptakan ketidakpastian luar biasa yang tidak akan hilang dengan cepat.

Dengan meningkatnya kekhawatiran tentang entitas tradisional seperti Swiss, pusat keuangan global lainnya seperti bank-bank Timur Tengah yang kaya dengan petrodolar dapat muncul sebagai tujuan baru untuk keamanan. Tetapi berinvestasi di bank adalah masalah yang berbeda.

"Saya sangat, sangat skeptis terhadap bank pada umumnya, bahkan petrobank, karena mereka sangat buram. Anda benar-benar tidak tahu apa yang terjadi di balik layar, seperti yang telah kita pelajari sekarang dengan situasi di AS. Jadi saya menjauh dari bank secara umum. Dalam hal menyimpan uang saya, ya. Tapi berinvestasi, tidak,” kata dia.

 

3 dari 4 halaman

Mobius Menilai Masih Aman Simpan di Bank

Pernyataan tersebut muncul setelah kegagalan Silicon Valley Bank dan Signature Bank memicu kekhawatiran tentang pemberi pinjaman regional lainnya, memacu penarikan dana dan seruan untuk perluasan asuransi simpanan federal.

Terlepas dari kekhawatirannya untuk membeli saham bank, Mobius masih merasa aman menyimpan uangnya di bank. Dia diketahui memiliki rekening di Dubai.

"Kurasa mereka cukup aman,” ujar Mobius.

Namun, dia masih mendesak beberapa kehati-hatian, mengatakan deposan harus didiversifikasi. "Kamu tidak bisa menaruh semua telurmu dalam satu keranjang," imbuh dia.

Mobius juga mencatat bahwa investor telah mulai mencari tempat berlindung alternatif yang aman, seperti emas dan bitcoin, sambil memperingatkan bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut di AS akan memperburuk kesehatan keuangan seluruh dunia.

"Jika Fed terus menaikkan suku bunga, Anda akan membuat banyak bank bermasalah," kata Mobius.

 

4 dari 4 halaman

Penyelamatan First Republic Bank

Silicon Valley Bank runtuh pada bulan ini setelah pelanggan bergegas untuk menarik simpanan setelah kerugian USD 1,8 miliar bank atas penjualan portofolio obligasi. Nilai portofolio sangat terpukul oleh kenaikan suku bunga yang diberlakukan oleh Federal Reserve saat mencoba menarik inflasi turun ke target 2 persen.

First Republic Bank telah muncul sebagai hot spot profil tinggi dalam krisis perbankan regional yang sedang berlangsung. Saham jatuh lagi pada hari Senin setelah S&P Global menurunkan peringkat kreditnya lebih jauh ke status sampah.

The Wall Street Journal juga melaporkan bahwa CEO JPMorgan Chase Jamie Dimon memimpin pembicaraan di antara bank-bank besar untuk memberikan lebih banyak bantuan untuk menstabilkan First Republic.

Pekan lalu, rencana penyelamatan senilai USD 30 miliar dibuat untuk pemberi pinjaman yang berbasis di San Francisco oleh bank saingan. Fitch Ratings pekan lalu mengatakan risiko untuk First Republic adalah fokus terkonsentrasi pada pelanggan kaya di pasar pesisir perkotaan. Fitch juga menurunkan peringkat kredit First Republic menjadi apa yang disebut status sampah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.