Sukses

Hari Softball Sedunia, Simak 11 Film Softball Terbaik Sepanjang Masa

Selain melalui pesan, tak ada salahnya pula merayakan Hari Softball Sedunia dengan menonton film.

Liputan6.com, Yogyakarta - Setiap 13 Juni, diperingati sebagai Hari Softball Sedunia atau World Softball Day. Banyak cara bisa dilakukan untuk merayakan momen ini, salah satunya menonton film-film softball terbaik sepanjang masa.

Pada 2005, presiden Federasi Softball Internasional (ISF), Don Porter, mendeklarasikan bahwa 13 Juni akan menjadi Hari Softball Sedunia. Biasanya, para penggemar softball merayakannya dengan cara membagikan pesan atau foto di media sosial dengan menyertakan tagar #WorldSoftballDay.

Selain melalui pesan, tak ada salahnya pula merayakan merayakan Hari Softball Sedunia dengan menonton film. Mengutip dari Softball Triple, berikut film softball terbaik sepanjang masa:

1. A League of Their Own (1992)

A League of Their Own merupakan film drama olahraga yang disutradarai oleh Penny Marshall. Film yang dibintangi Tom Hanks, Geena Davis, dan Madonna ini sangat cocok ditonton untuk para penggemar maupun pemain bisbol dan softball.

Film ini bercerita tentang All-American Girls Professional Baseball League selama Perang Dunia II. Meski lebih menceritakan bisbol, tetapi film ini menggambarkan gairah dan semangat yang sama yang hadir dalam softball. Melalui film ini, digambarkan bagaimana wanita bisa unggul dalam olahraga.

2. The Broken Hearts Club (2000)

Film komedi, drama, dan romantis berjudul The Broken Hearts Club ini mengisahkan sekelompok teman di Hollywood Barat. Meski tak berhubungan langsung dengan softball, tetapi film ini menampilkan subplot yang melibatkan salah satu karakternya yang bermain di tim softball, Jack.

Film karya sutradara Greg Berlanti ini dibintangi oleh Timothy Olyphant, Dean Cain, Zach Braff, dan Justin Theroux. Film ini mengeksplorasi tema persahabatan, cinta, dan penemuan diri.

3. Hardball (2001)

Film olahraga yang dibalut drama, Hardball, mengisahkan tentang penjudi yang melatih tim bisbol Little League di daerah berpenghasilan rendah di Chicago. Sutradrara Brian Robbins mencoba menyoroti pentingnya pendampingan dan bagaimana olahraga dapat menjadi cara untuk memberikan bimbingan dan struktur untuk anak-anak.

Film ini cenderung mengharukan dan menyentuh hati. Dengan dibintangi Keanu Reeves, Diane Lane, dan John Hawkes, film ini menampilkan kekuatan olahraga dalam mengubah hidup.

4. Bad News Bears (2005)

Film komedi olahraga Bad News Bears menyoroti nilai sportivitas, kerja tim, dan ketahanan. Film karya sutradara Michael Ritchie ini menawarkan kisah yang menghangatkan hati tentang pentingnya percaya pada diri sendiri dan satu sama lain. Kisah menarik dalam film ini diperankan dengan apik oleh Walter Matthau, Tatum O'Neal, dan Chris Barnes.

5. Grounders (2009)

Film dokumenter tentang softball, Grounders, menjadi koleksi berharga dari rekaman langka permainan softball. Disutradarai oleh Matt Gifford, film ini mengeksplorasi dunia softball pemuda yang berdedikasi dan bekerja keras untuk menjadi tim yang sukses.

Film ini mengikuti perjalanan Virginia State Champions 2008, saat mereka bekerja untuk mempertahankan gelar mereka. Film dokumenter ini memberikan pandangan mendalam tentang kehidupan para gadis, keluarga mereka, dan staf pelatih. Itu juga menyoroti tantangan yang mereka hadapi di dalam dan di luar lapangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

The Perfect Game (2009)

6. The Perfect Game (2009)

Berdasarkan kisah nyata, The Perfect Game menggambarkan betapa olahraga mampu menyatukan beragam komunitas dan menanamkan pelajaran hidup yang berharga. Film ini menggambarkan kerja keras, tekad, dan keberanian.

Disutradarai oleh William Dear, film ini mengajak Clifton Collins Jr., Cheech Marin, dan Moises Arias sebagai pemain utama. Mereka bermain apik dengan menampilkan kisah inspiratif tentang anak laki-laki muda dari Meksiko yang menjadi tim non-Amerika pertama yang memenangkan Little League World Series.

7. How Do You Know (2010)

How Do You Know merupakan film olahraga yang dibumbui komedi romantis. Film karya sutradara James L. Brooks ini dibintangi oleh Reese Witherspoon, Paul Rudd, Owen Wilson, dan Jack Nicholson.

How Do You Know mengikuti kisah mantan pemain softball nasional bernama Lisa. Ia berjuang untuk menemukan arah dalam hidupnya setelah di-cut dari tim nasional. Film ini juga menampilkan beberapa adegan yang berlatar di lapangan softball, dengan beberapa penggambaran permainan.

8. Beer League (2012)

Film komedi olahraga berjudul Beer League juga bisa menjadi tontonan tepat di momen Hari Softball Sedunia. Film karya sutradara Frank Sebastiano ini dibintangi oleh Artie Lange, Ralph Macchio, dan Anthony De Sando.

Beer League berkisah tentang sekelompok teman yang membentuk tim softball untuk bersaing di liga lokal. Permainan dan latihan digambarkan dengan baik. Mereka juga menambahkan pemain softball sebenarnya ke dalam tim.

 

3 dari 3 halaman

All Stars (2014)

9. All Stars (2014)

Film All Stars disutradarai oleh Lance Kinsey dan dibintangi oleh John Goodman, Fred Willard, Illeana Douglas, Richard Kind, dan Mary Lynn Rajskub. Film ini mengisahkan sekelompok anak-anak yang membentuk tim softball untuk bersaing di turnamen lokal.

Film ini lebih berfokus pada anak-anak dan perjalanan softball mereka. Tak heran jika film ini lebih banyak mengeksplorasi tentang persahabatan, keluarga, dan mengatasi rintangan.

10. Fastpitch (2016)

Fastpitch disutradarai oleh Jeremy Spear. Film yang termasuk dalam kategori film dokumenter olahraga ini mengeksplorasi dunia softball fastpitch wanita dan tantangan yang dihadapi atlet wanita dalam mengejar impian mereka.

Film ini menyoroti semangat dan dedikasi para atlet serta bagaimana mereka memecahkan hambatan dalam industri yang didominasi oleh pria. Film ini menggambarkan pentingnya kesetaraan dalam olahraga.

11. Burn the Ships (2017)

Burn the Ships merupakan film dokumenter olahraga karya Danielle Miller dan Julia Thorndike. Dibintangi oleh Brooke Turner, Kelly Stickel, dan Andrew Albers, film ini mengikuti kisah tim softball Concordia College yang berusaha menjadi yang terbaik di negara asalnya.

Penonton akan dibuat takjub dengan perjuangan tim yang melalui banyak pasang surut, termasuk musim yang melelahkan, cedera, kerugian, dan kemunduran pribadi. Para pelatih dan pemain berbagi wawasan mereka tentang budaya tim, etos kerja, dan ketahanan. Film rekomendasi untuk Hari Softball Sedunia ini juga mengeksplorasi tema kepemimpinan, kerja tim, dan pentingnya ketangguhan mental dalam olahraga.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini