Sukses

Jadwal Festival Lampion Waisak di Candi Borobudur 2024, Cek Cara Daftarnya

Festival Lampion di Candi Borobudur, Magelang, menjadi gelaran yang paling ditunggu-tunggu wisatawan saat Hari Raya Waisak.

Liputan6.com, Yogyakarta - Umat Buddha di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Waisak pada Kamis (23/05/2024) esok. Hari suci ini menandai peristiwa penting dalam kehidupan Buddha.

Di Indonesia, perayaan Hari Raya Waisak 2024 juga akan dimeriahkan dengan Festival Lampion Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Seperti tahun sebelumnya, Festival Lampion Waisak Nasional 2586 BE/2024 M akan kembali menyinari langit Candi Borobudur dengan ribuan lampion sebagai simbol pencerahan dan harapan.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang perayaan spiritual tetapi juga memperkuat pesan perdamaian dan harmoni antar umat beragama. melansir berbagai sumber, ada beberapa rangkaian perayaan hari raya waisak yang akan digelar di Kawasan Candi Borobudur.

Acara dimulai dengan Kirab Waisak dari Candi Mendut ke Candi Borobudur, Detik-Detik Waisak pada pukul 20.52.42 WIB, Pradaksina mengelilingi Candi Borobudur dan pelepasan Lampion Waisak. Nantinya, Festival Lampion Waisak akan dilaksanakan di Lapangan Marga Utama Borobudur.

Masyarakat umum dapat mengikuti Festival Lampion Waisak di Candi Borobudur. Berikut jadwal Festival Lampion Waisak di Candi Borobudur dan cara mendaftanya.

Untuk berpartisipasi dalam kegiatan pelepasan lampion Waisak ini pengunjung dapat melakukan pendaftaran melalui bit.ly/FestivalLampion24. Para peserta akan mendapat Gelang Festival Lampion yang wajib dikenakan.

Sementara untuk mengikuti rangkaian lainnya wajib menghubungi majelis atau DPD WALUBI terdekat. Peserta pelepasan lampion Waisak di candi Borobudur akan mendapatkan ID Card Umat Peserta untuk mengikuti rangkaian kegiatan Waisak 2568 BE/2024.

Selama acara berlangsung, panitia tidak lagi menyediakan tiket on the spot. Untuk kategori tiket, tiket acara Festival Lampion Waisak di Borobudur 2024 dibagi menjadi kategori Reguler dan VIP.

Pengunjung dengan tiket reguler, posisinya di belakang dialasi plastik. Sementara pengunjung dengan tiket VIP, berada lebih depan dekat candi dan duduk di kursi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Tiket

Harga tiket Festival Lampion Waisak di Borobudur 2024 dibanderol Rp 300.000/orang untuk regular. Sedangkan, Rp 500.000/orang untuk peserta VIP.

Perlu diingat, harga tiket belum termasuk tiket masuk ke dalam Candi Borobudur. Tiket bisa ditukarkan di gate 1 depan Candi Borobudur mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB.

Harga termasuk tiket masuk ke area pelepasan lampion, pelita (api dari mrapen), sumbu, dan juga wishing sticker. Panitia juga masih menyediakan tenda besar dan layar LED di Taman Lumbini Zona 2 Candi Borobudur bagi yang tidak punya ID Card Umat Peserta ataupun Gelang Festival Lampion.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini