Sukses

Libur Panjang Idul Adha 2024, Begini Kesiapan BBM dan LPG Pertamina di Jawa Barat

Pertamina Patra Niaga juga menyiagakan SPBU prioritas seperti di Rest Area, Pelabuhan dan jalur strategis lainnya

Liputan6.com, Cirebon Pertamina terus mengantisipasi adanya peningkatan kebutuhan BBM dan LPG menyambut libur panjang Idul Adha 2024. 

Pjs Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Muslim Dharmawan menyampaikan pasokan BBM dan LPG menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H di dalam kondisi aman.

Muslim mengatakan, Pertamina juga melakukan antisipasi kenaikan konsumsi BBM dan LPG imbas meningkatnya mobilitas masyarakat dan kebutuhan memasak selama libur panjang Hari Raya Idul Adha 2024

“Untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM selama periode sebelum hingga libur Idul Adha, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat melakukan _build-up stock_ di SPBU masing-masing wilayah Sales Area Retail sesuai dengan kebutuhan dan tren konsumsi dalam beberapa hari ke depan,” ungkap Muslim, Sabtu (15/6/2024).

Ia mencontohkan, untuk biosolar pasokan meningkat sekitar 2.000 Kiloliter (KL) per hari jelang Idul Adha. Sementara untuk produk lain disesuaikan dengan kebutuhan. 

Pertamina Patra Niaga juga menyiagakan SPBU prioritas seperti di Rest Area, Pelabuhan dan jalur strategis lainnya untuk mengantisipasi adanya antrian. 

Pertamina mengimbau agar masyarakat tidak melakukan panic buying. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasokan LPG

Selain memastikan stok di SPBU, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Barat juga melakukan penambahan stok tabung LPG 3 kg sebesar 1,35 juta tabung yang disiapkan secara fakultatif di Hari Raya Idul Adha 1445 H.

“Dengan adanya penambahan ini, kami berharap agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi serta merasa tenang selama libur dan cuti bersama Idul Adha tahun 2024 ini,” ungkap Muslim.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk membeli produk LPG khususnya produk Elpiji 3 kg di lembaga penyalur atau pangkalan LPG resmi Pertamina. 

Imbauan tersebut untuk menjamin harga beli tabung LPG 3 kg sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Pemerintah Daerah masing-masing wilayah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.