Sukses

Euro 2024: Ambisius dan Penuh Kekeluargaan, Kunci Spanyol Gasak Kroasia 3-0

Timnas Spanyol memetik tiga poin penting usai kalahkan Kroasia tiga gol tanpa balas. La Roja memimpin klasemen grup B Euro 2024 berkat kemenangan ini.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Spanyol berhasil mengalahkan Kroasia 3-0 pada laga pertama grup B Euro 2024 yang berlangsung di Olympia Stadion, Berlin, Sabtu (15/6/2024). Tiga gol La Roja, julukan Spanyol dicetak oleh Alvaro Morata, Fabian Ruiz dan Dani Carvajal.

Kemenangan ini mengantarkan Spanyol ke puncak klasemen grup B Euro 2024. Spanyol juga menjaga tradisi selalu unggul dari Kroasia dalam beberapa pertemuan terakhir.

Berbeda dengan Kroasia, Spanyol banyak melakukan perubahan sejak Piala Dunia 2022 lalu. Salah satu yang paling kentara yaitu pergantian pelatih dari Luis Enrique ke Luis de la Fuente.

Perubahan ini tak menganggu kesolidan Spanyol. Malah, La Roja jadi tambah gacor seperti yang diperlihatkan lawan Kroasia, negara yang meraih peringkat ketiga di Piala Dunia 2022.

"Saya sangat senang karena semua pemain bekerja keras hingga bisa sampai seperti sekarang. Tim ini ambisius dan seperti keluarga besar, jadi saya ucapkan selamat untuk semua pemain," kata Luis de la Fuente seperti dikutip UEFA.com.

"Namun kami harus tetap membumi. Kami memulai turnamen dengan bagus, ini memberi kami harapan, tapi sekarang kami harus memikirkan Italia."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fabian Ruiz Gak Peduli Torehan Pribadi

Gelandang Spanyol Fabian Ruiz pantas dinobatkan menjadi man of the match. Dia sukses mengemas satu gol dan assist di pertandingan berat melawan Kroasia.

Toh, torehan pribadi ini tak membuat Ruiz jemawa. Dia malah tak begitu mempedulikannya.

"Yang paling penting itu kami menang. Assist itu penting, tapi juga gol. Tim sudah bermain sangat baik," ujarnya.

"Kami tampil sesuai yang kami inginkan. Kami sudah bekerja keras untuk ini. Kami meraih semuanya sebagai tim, itu paling penting.

 

3 dari 4 halaman

Komentar Pelatih Kroasia Zlatco Dalic

 

Sementara itu, pelatih Kroasia Zlatko Dalic cukup kecewa dengan kekalahan telak lawan Spanyol. Dia pun membeberkan kelemahan timnya.

"Ini bukan start bagus, tapi saya harus ucapkan selamat kepada Spanyol untuk kemenangannya. Kami kurang energi dan agresif dan kebobolan di gol pertama karena sebuah kesalahan," ujarnya.

"Namun masih ada dua laga tersisa. Kami harus segera alihkan focus untuk laga itu dan mengejar kemenangan."

 

4 dari 4 halaman

Komentar Luka Modric soal Kekalahan Telak Lawan Spanyol

 

Luka Modric juga memiliki pendapat yang sama dengan Zlatko Dalic. Dia kecewa, tapi kini alihkan focus ke laga berikutnya.

"Ini bukan hasil yang kami harapkan, tapi ini sudah terjadi. Kami masih punya dua laga lagi untuk memperbaiki hasil," ujarnya.

"Di babak pertama, kami tak seperti diri kami sendiri. Kami tak punya energi dan berdiri terlalu jauh dari pemain mereka. Kami pun menanggung akibatnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.