Sukses

Rekomendasi Eco Resort Berkonsep Ramah Lingkungan Selain 'Bawah Reserve'

Berikut rekomendasi eco resort di Indonesia yang mengusung konsep ramah lingkungan

Liputan6.com, Yogyakarta - Baru-baru ini, Bawah Reserve yang berada di Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, masuk dalam daftar Best Destinations for Sustainable Travel versi majalah Vogue. Bawah Reserve menjadi salah satu resort di Indonesia yang mengusung konsep eco resort.

Resort ini tak hanya menonjolkan keindahan alam, tapi juga mengusung konsep penginapan ramah lingkungan yang berfokus pada pariwisata berkelanjutan. Selain Bawah Resort, di Indonesia juga ada beberapa eco resort lainnya yang mengusung konsep ramah lingkungan dan cocok dijadikan destinasi wisata Indonesia.

Berikut rekomendasi eco resort di Indonesia yang mengusung konsep ramah lingkungan seperti dikutip dari kemenparekraf.go.id:

1. Amanwana, Pulau Moyo

Amanwana yang berada di Pulau Moyo berkomitmen menghilangkan kebiasaan penggunaan sekali pakai. Salah satu penginapan mewah di Indonesia ini juga memiliki pusat penyelaman dan cagar laut yang indah. 

Menariknya, pihak pengelola menanam lebih banyak terumbu karang dan mengedukasi penduduk sekitar untuk lebih bijak saat menangkap ikan. Eco resort Amanwana juga berkomitmen mendukung pelestarian makhluk laut yang terancam punah, salah satunya dengan menjaga sarang penyu sebagai program konservasi.

2. Bambu Indah, Ubud, Bali

Bambu Indah berada di kawasan Ubud, Bali. Eco resort ini menawarkan pengalaman menginap di tengah hutan terbuka.

Pengunjung akan merasakan ketenangan batin saat berada di sini. Pasalnya, suasana kamar seakan menyatu dengan alam sekitar. Bambu Resort menyediakan perlengkapan mandi yang 100 persen organik, lingkungan bebas asap rokok, melakukan proses penyaringan air melalui sistem reverse osmosis, serta menjalankan praktik daur ulang limbah dari sisa makanan dan plastik.  

3. Misool Eco Resort, Raja Ampat

Misool Eco Resort di Raja Ampat menawarkan pemandangan indah berupa terumbu karang. Eco resort ini juga melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan konsep penginapan ramah lingkungan dan pariwisata berkelanjutan.

Beberapa upaya tersebut adalah mengolah air limbah, mendaur ulang limbah, menyediakan peralatan mandi yang bisa terurai secara hayati, menyediakan botol air minum yang bisa digunakan kembali, hingga menggunakan tenaga surya sebagai energi listrik. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pulau Macan Eco Lodge, Kepulauan Seribu

4. Pulau Macan Eco Lodge, Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu juga memiliki eco resort yang bisa dijadikan pilihan. Adalah Pulau Macan Eco Lodge yang mengusung konsep penginapan ramah lingkungan.

Pulau Macan Eco Lodge berupaya mengurangi jejak karbon dengan cara memasang panel surya di seluruh area. Panel surya ini dimanfaatkan sebagai pembangkit energi listrik yang ramah lingkungan. 

Eco resort ini juga terus mencari solusi hemat energi sebagai komitmen menerapkan pariwisata berkelanjutan. Beberapa upaya yang sudah dilakukan adalah tidak menyediakan fasilitas AC, membuat penampungan air hujan, mengolah makanan organik, hingga mengurangi penggunaan sampah plastik.

5. Telunas Resort, Batam

Telunas Resort yang berada di Batam merupakan salah satu eco resort yang cukup mewah. Tak hanya menawarkan pemandangan laut berwarna biru jernih, eco resort ini juga menawarkan konsep bangunan yang didominasi kayu.

Mengusung konsep ramah lingkungan, beberapa upaya telah dilakukan Telunas Resort, seperti berusaha meminimalkan penggunaan sampah plastik sekali pakai, pengolahan sampah organik menggunakan teknik pengomposan yang canggih, hingga memiliki hutan bakau seluas 70.000 meter persegi.

Eco resort ini juga memiliki tempat khusus untuk melindungi telur penyu yang terancam punah akibat serangan predator. Tercatat, sudah ada lebih dari 100 telur penyu yang berhasil ditetaskan dan dilepaskan ke lautan.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini