Sukses

Mitos Pohon Bambu, Sarang Jin yang Mampu Jadi Penyembuh

Tanaman ini sebenarnya memiliki beberapa jenis. Jenis bambu tertentu dianggap memiliki kekuatan tersendiri yang dapat mengusir jin.

Liputan6.com, Yogyakarta - Selain pohon beringin, pohon bambu juga dipercaya sebagai tanaman yang berkaitan erat dengan hal-hal gaib. Sebagian masyarakat Indonesia percaya, tanaman satu ini bahkan memiliki arti spesial.

Tanaman ini sebenarnya memiliki beberapa jenis. Jenis bambu tertentu dianggap memiliki kekuatan tersendiri yang dapat mengusir jin. Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa mitos pohon bambu:

1. Jadi tempat tinggal makhluk gaib

Konon, pohon bambu menjadi sarang tempat tinggal makhluk gaib. Biasanya, makhluk gaib akan tinggal di tanaman pohon bambu petuk.

Bambu petuk memiliki cabang atau ranting yang saling bertemu dan berhadapan satu sama lain. Beberapa orang akan merasakan bulu kuduknya berdiri saat melewati pohon bambu ini di malam hari.

2. Sarang jin

Bambu banyak tumbuh di hutan-hutan belantara. Konon, hutan dengan tanaman bambu merupakan sarang jin.

Beberapa orang pernah mengalami atau mendengar berita bahwa ada orang atau benda hilang yang ditemukan di hutan bambu yang rimbun. Konon, hutan bambu yang sangat lebat dipercaya sebagai tempat tinggal jin dari jenis-jenis tertentu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menculik Anak-Anak

3. Dapat menculik anak-anak

Mitos zaman dulu yang masih dipercaya hingga saat ini adalah mitos tentang melangkahi bambu. Konon, anak-anak yang melangkahi batang bambu melintang di jalan akan diculik oleh makhluk halus. Beberapa orang percaya, bambu adalah sarana makhluk tak kasat mata untuk menculik anak-anak.

4. Memiliki kekuatan supranatural

Hingga kini, banyak masyarakat yang masih percaya bahwa beberapa jenis pohon bambu memiliki kekuatan supranatural. Salah satu jenis tersebut adalah bambu kuning.

Kekuatan supranatural pada bambu kuning dipercaya berkhasiat untuk berbagai tujuan, salah satunya menghindari pencuri masuk rumah, tolak bala, dan jimat. Tak heran jika bambu kuning juga kerap ditanam di depan rumah sebagai hiasan atau pagar.

5. Datangkan kesembuhan

Tak hanya berkaitan dengan hal magis, bambu konon juga berkhasiat sebagai penyembuh. Adalah pohon bambu apus yang tumbuh di Dusun Daje Songai, Sumenep, Madura.

Konon, bambu tersebut dianggap dapat menyembuhkan penyakit. Masyarakat setempat percaya, bibit dari bambu tersebut berasal dari tusuk gigi salah satu keturunan Raja Sumenep yang bernama Kakek Setir.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini