Sukses

Hasil Euro 2024 Spanyol vs Kroasia: Fabian Ruiz Fantastis, La Roja Gasak Luka Modric Cs 3-0

Fabian Ruiz mencetak satu gol dan assist saat Spanyol menggasak Kroasia 3-0 di laga pertama grup B Euro 2024 di Stadion Olympia.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Spanyol berhasil memetik tiga poin pertama usai mengalahkan Kroasia 3-0 pada laga pertama grup B Euro 2024 yang berlangsung di Olympia Stadion, Berlin, Sabtu (15/8/2024). Tiga gol Spanyol dicetak oleh Alvaro Morata, Fabian Ruiz dan Dani Carvajal.

Hasil ini membuat Spanyol memimpin di grup B yang merupakan grup neraka di Euro 2024 kali ini. Selain Spanyol dan Kroasia, ada juga Italia dan Albania yang akan segera bertanding.

Jalannya Pertandingan

Spanyol membuka peluang pertama lewat Alvaro Morata di menit ke-7. Namun tendangannya hasil umpan Lamine Yamal masih terlalu lemah sehingga bisa diantisipasi dengan mudah oleh Livakovic.

Ini menjadi pertemuan keempat secara beruntun antara Spanyol dan Kroasia. Kedua negara selalu bertemu sejak 2012 lalu dimana rekor dipegang Spanyol dengan dua kemenangan dan satu kali kalah.

Di 15 menit awal, Kroasia tampak lebih banyak ditekan Spanyol termasuk tendangan Lamine Yamal yang masih menyamping. Kroasia baru bisa keluar dari tekanan saat memasuki menit ke-16.

Josko Gvardiol juga membuka peluang di menit ke-41. Namun umpan tariknya tak ada yang menyambut, bola pun keluar lapangan.

Kroasia membuka peluang lewat Budimir di menit ke-23. Namun sundulannya hasil umpan Stanisic mengarah ke atas sehingga tak membahayakan apapun untuk Spanyol.

Alvaro Morata akhirnya memecahkan kebuntuan Spanyol usai mencetak gol di menit ke-29. Dia membuat skor 1-0 untuk Spanyol usai manfaatkan umpan terobosan Fabian Ruiz. Semenit kemudian Kovacic mencoba tendangan di kotak penalty, tapi masih terlalu lemah.

Spanyol memanas karena Kembali mencetak gol di menit ke-32 lewat Fabian Ruiz. Berhasil gocek pemain Kroasia, dia melepas tendangan dari sudut sempit yang membuat skor jadi 2-0.

Kroasia juga bereaksi lewat peluang yang dibuat Brozovic di menit ke-34. Tembakannya ditepis Unai Simon, sayang bola rebound yang dimanfaatkan Majer masih menyamping di gawang Spanyol.

Spanyol membuat Kroasia meringis saat Dani Carvajal mencetak gol di injury time babak pertama. Manfaatkan umpan Lamine Yamal, bek Real Madrid ini dengan mudah membuat skor jadi 3-0.

Hingga babak pertama berakhir, Spanyol unggul 3-0 atas Kroasia. Apakah ada perubahan dari Kroasia di babak dua?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Dua Spanyol vs Kroasia di Euro 2024

Pertandingan babak kedua berjalan cukup cepat. Kroasia mengambil inisiatif untuk enyernag tapi hingga menit ke-50, belum ada gol balasan dari Kroasia.

Justru Spanyol yang punya peluang emas lewat Lamine Yamal di menit ke-52. Tembakan Yamal hasil umpan Pedri masih bisa ditepis Livakovic.

Kroasia membuang peluang emas hasil serangan bertubi-tubi ke gawang Spanyol di menit ke-55. Tembakan Kramaric awalnya ditepis, sedangkan sundulan Kovacic masih membentur pertahanan Spanyol.

Pertandingan bertambah alot. Kedua tim sama sama kesulitan untuk menciptakan peluang bagus hingga menit ke-70.

Spanyol lengah di menit ke-78. Bruno Petkovic berdiri bebas dan sudah one on one tapi diganjal Rodrigo sehingga menghasilkan penalti. Tendangan penalti Petkovic di menit ke-80 berhasil ditepis.

Namun bola rebound sampai ke kaki Ivan Perisic yang Kembali memberi umpan kepada Petkovic dan gol. VAR menganulir gol karena Perisic sudah offside.

Spanyol membuka peluang lewat Ferran Torres di menit ke-89. Penjagaan yang ketat membuat tembakannya hanya mengenai kaki bek Kroasia.

Hingga pertandingan berakhir dengan perpanjangan Waktu 5 menit, skor 3-0 untuk Spanyol masih bertahan. Kroasia bisa memperbaiki hasil di dua laga berikutnya melawan Italia dan Albania.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Spanyol vs Kroasia

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Dani Carvajal, Nacho, Robin Le Normand, Marc Cucurella; Pedri, Rodri, Fabian Ruiz; Lamine Yamal, Alvaro Morata, Nico Williams

Kroasia (4-3-3): Livakovic; Stanisic, Sutalo, Pongracic, Gvardiol; Luka Modric, Brozovic, Kovacic; Majer, Budimir, Kramaric

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.