Sukses

Mengenal Desa Wisata Nampan Sukomakmur, Menyimpan Pesona Alam Indah di Magelang

Nampan Sukomakmur merupakan salah satu desa wisata di Magelang yang menyimpan pesona alam indah.

Liputan6.com, Bandung - Menikmati waktu berlibur bisa dilakukan dengan berbagai macam cara salah satunya mengunjungi tempat-tempat baru yang bisa memberikan kenangan manis. Berlibur juga bisa jadi cara menarik untuk menenangkan diri lari dari hiruk pikuk perkotaan.

Tempat yang selalu ramai menjadi destinasi berlibur tentunya mengunjungi tempat dengan pemandangan alam yang indah. Di Indonesia sendiri ada banyak wisata alam menarik yang bisa jadi tujuan berlibur.

Kemudian di beberapa daerah tertentu bahkan ada destinasi berlibur ke desa wisata yang menawarkan pengalaman berlibur dengan menikmati alam dan budaya tertentu. Sebagai informasi desa wisata memiliki banyak kegiatan menarik.

Desa wisata tidak hanya memanfaatkan potensi alam tetapi juga budaya dan tradisi lokal tempatnya untuk memberikan pengalaman yang menarik kepada wisatawannya. Tempat wisata ini juga umumnya terletak di daerah yang memiliki pemandangan alam indah dan asri.

Contohnya pemandangan gunung cantik, persawahan, tepi pantai yang pastinya jauh dari kebisingan kota. Desa wisata juga memberikan pengalaman budaya tak terlupakan yang autentik dan menarik.

Para pengunjungnya bisa mengikuti berbagai aktivitas seperti tarian tradisional, upacara adat, hingga mengikuti festival lokal. Berlibur ke tempat wisata ini juga memberikan kenyamanan karena biasanya dikelola dengan melibatkan masyarakat sekitar.

Salah satu tempat desa wisata yang bisa dikunjungi adalah Nampan Sukomakmur yang berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Timur. Tempatnya tidak hanya memberikan pengalaman budaya menarik tetapi juga pemandangan alam yang mempesona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Desa Wisata Nampan Sukomakmur?

Melansir dari beberapa sumber Nampan Sukomakmur awalnya hanya dikenal sebagai lahan pertanian di Kabupaten Malang. Namun sejak 2021 desa ini berubah menjadi tempat wisata dan pertanian yang cantik.

Diketahui Desa Nampan Sukomakmur mengelola lahan pertaniannya dengan cukup bagus. Sehingga para petani dan warga setempat setuju menjadikan desa mereka tidak hanya jadi lahan pertanian tetapi juga wisata alam.

Kini Desa Sukomakmur terkenal dengan panorama alamnya yang indah dan sudah ramai dikunjungi wisatawan terutama di muslim liburan atau akhir pekan. Pesona alam desa ini tidak terlepas dari lokasinya yang ada di lereng Gunung Sumbing.

Sejak dulu desanya sudah dikenal dengan pemandangan lahan pertanian yang indah dan berhadapan langsung dengan Gunung Sumbing. Jika menggunakan drone atau merekam dari ketinggian terlihat bagaimana struktur desanya yang mempesona.

3 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Nampan Sukomakmur

Nampan Sukomakmur berlokasi di Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Desa ini diketahui tidak jauh dari lokasi Nepal Van Java yang berjarak sekitar 3.6 km.

Sementara bagi wisatawan yang ingin mengunjungi desa ini dari pusat kota Magelang bisa menempuh perjalanan sekitar 24,2 km atau menempuh waktu perjalanan sekitar 48 menit jika jalanan dalam kondisi yang tidak macet.

Perlu untuk diketahui ketika hendak mengakses Desa Nampan Sukomakmur para wisatawan harus menempuh perjalanan yang menanjak dan menikung cukup tajam. Meskipun begitu tarif masuk ke desa ini cukup terjangkau sekitar Rp 10.000 (harga tahun 2023).

Wisatawan juga dianjurkan untuk mengunjungi Desa Nampan Sukomakmur menggunakan roda dua. Karena desa wisatanya hanya bisa dilalui kendaraan roda dua namun untuk yang membawa kendaraan bisa memanfaatkan fasilitas parkir dan melanjutkan perjalanan berjalan kaki atau menaiki ojek ke desa tersebut.

4 dari 4 halaman

Daya Tarik Desa Nampan Sukomakmur

Desa Nampan Sukomakmur menjadi destinasi wisata alam menarik yang wajib untuk dikunjungi ketika berlibur di Magelang. Pasalnya desa ini berlokasi di lereng Gunung Sumbing dan terkenal dengan lahan pertaniannya yang cantik dan tertata rapi.

Para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan sambil menghirup udara segar disekitarnya karena desa ini masih asri dari ramainya kendaraan. Kemudian di desa ini juga terdapat spot-spot foto menarik.

Pengunjung juga disarankan untuk datang pada waktu pagi untuk melihat pemandangan cantiknya. Disarankan datang pada pukul 06.00 hingga 08.00 karena di waktu sore hari pemandangan biasanya tertutup oleh kabut.

Nampan Sukomakmur juga menyediakan beberapa fasilitas yang lengkap mulai dari musala, toilet umum, hingga warung makan untuk memanjakan perut. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan panorama alam sambil menikmati minuman hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini