Sukses

Petugas Damkar Berhasil Evakuasi Buaya Muara yang Resahkan Warga Ketapang

Buaya muara sepanjang 1,5 meter yang meresahkan warga berhasil dievakuasi. Petugas Damkarmat Lampung Selatan butuh waktu satu jam untuk mengevakuasi hewan buas tersebut.

Liputan6.com, Lampung - Warga Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan berhasil mengevakuasi buaya muara sepanjang 1,5 meter yang telah meresahkan karena sering muncul ke permukaan sungai, pada Senin (6/5/2024). Kepada wartawan, Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat, Rully Fikriansyah mengkonfirmasi bahwa warga dibantu pihaknya berhasil mengamankan seekor buaya muara. 

"Iya benar, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan bersama warga, telah mengamankan seekor buaya sepanjang 1,5 meter di Kecamatan Ketapang yang meresahkan warga setempat," kata Rully, Selasa (7/5/2024). 

Dia menjelaskan, berdasarkan informasi dari warga setempat, buaya tersebut memang sering muncul ke permukaan sungai hingga menyebabkan kekhawatiran bisa memakan korban jiwa. "Awalnya kami mendapatkan informasi bahwa warga di Kecamatan Ketapang sedang berupaya menangkap buaya muara yang kerap meresahkan. Menanggapi informasi itu petugas Damkar Lampung Selatan langsung menuju lokasi," tuturnya. 

Kemudian, kata dia, dengan dibekali peralatan yang lengkap petugas Damkar langsung melakukan evakuasi buaya muara tersebut. "Evakuasi buaya ini tidak memakan waktu yang lama. Petugas berhasil mengevakuasi sekitar satu jam, setelah itu buaya tersebut dibawa ke posko dan akan dilepaskan di BKSDA Lampung," ungkap dia. 

Dia menyampaikan, dalam proses evakuasi tersebut petugas Damkarmat Lampung Selatan menerjunkan tujuh personel. "Tim Damkarmat menerjunkan sebanyak tujuh personel dengan peralatan lengkap untuk menangkap buaya," pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.